Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Gulai Udang Petai Penggugah Selera Makan Banyak Orang

Resep Gulai Udang Petai Penggugah Selera Makan Banyak Orang

Gulai Udang Petai (1)

Resep gulai udang petai

Resep gulai udang petai menggabungkan dua protein yang berbeda jenis. Udang untuk protein hewaninya, sementara petai menjadi protein nabati. Tentu saja kedua bahan tersebut yang menarik perhatian, selain bumbu gulainya yang pastinya autentik. Dengan begitu, masakanny dijamin mantul. Bukan hanya dari aromanya saja, tetapi juga rasanya.

Penggunaan petai yang identik dengan bau menyengat menjadi ciri khas tersendiri bagi masakan Nusantara. Bau khasnya itulah yang menjadikan banyak orang tergila-gila untuk menyantapnya. Sementara itu, udang yang identik dengan seafood atau makanan laut memang cocok dimasak dengan bumbu apapun itu. Tidak terkecuali, bumbu gulai yang dipakai dalam masakan ini.

Lalu, bagaimana resep gulai udang petai selengkapnya? Berikut uraiannya yang bisa langsung Anda praktikkan di rumah.

Bahan-bahan

  1. 500 gram udang segar ukuran sedang atau besar
  2. 1 papan petai diupas dan dipotong menjadi dua bagian masing-masing petainya
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. ½ sendok teh garam
  5. 2 lembar daun salam
  6. 2 cm jahe digeprek
  7. 3 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  8. 1 batang serai digeprek
  9. 1 buah cabai merah besar dibuang bijinya lalu diiris serong
  10. 1 buah cabai hijau besar dibung bijinya lalu diiris serong
  11. 2 buah tomat merah dipotong-potong
  12. 2 sendok teh garam
  13. ½ sendok makan gula Jawa
  14. 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  15. Kaldu bubuk secukupnya
  16. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Kue Cubit Lumer dan Simpel

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri disangrai
  • 1 sendok teh ketumbar
  • ¼ sendok teh merica butiran
  • 2 cm kunyit dibakar
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 cm lengkuas
  • 2 buah kapulaga
  • ¼ sendok teh jintan

Cara memasak gulai udang petai

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep gulai udang petai dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang bagian kepala, cangkang, serta kotoran di tubuhnya.
  2. Setelah itu, masukkan semua udang ke dalam wadah baskom bersih, lalu beri perasan jeruk nipis dan ½ sendok teh garam. Aduk sebentar dengan tangan, lalu diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  3. Sambil menunggu udang dimarinasi, Anda bisa memasak bumbunya dulu. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis.
  4. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, jahe, daun jeruk, dan batang serai. Tumis lagi hingga layu.
  5. Setelah itu, masukkan potongan cabai merah, cabai hijau, tomat, dan petai. Aduk merata. Lalu, tuangkan santan ke dalam wajan. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah.
  6. Selanjutnya, masukkan udang yang sudah dimarinasi dan masak hingga berubah warna. Bumbui dengan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata lagi dan masak hingga mendidih.
  7. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika kuah santannya sudah agak mengental dan menyusut, matikan kompor. Diamkan beberapa saat sebelum diplating.
  8. Siapkan sebuah mangkuk besar untuk plating, lalu pindahkan masakan gulai udang petai yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Ayam Nanking Saus ala Chinese yang Cita Rasanya Lezat

Resep gulai udang petai diatas bisa dijadikan lauk makan siang untuk seluruh keluarga. Lebih lengkap lagi menyantapnya dengan kerupuk udang atau sejenisnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan