Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Udang Bakar Bumbu Petis, Sajian Menggugah Selera untuk Lauk Makan Sekeluarga

Resep Udang Bakar Bumbu Petis, Sajian Menggugah Selera untuk Lauk Makan Sekeluarga

Udang Bakar Bumbu Petis

Resep udang bakar bumbu petis

Resep udang bakar bumbu petis menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda sekalian. Khususnya para pecinta makanan laut (seafood), terlebih udang berukuran besar. Daging udang yang masih fresh memang sangat cocok dimasak dengan berbagai bumbu khas Nusantara. Salah satunya adalah bumbu petis yang biasanya lebih populer memakainya saat membuat rujak petis khas Jawa Timur.

Sementara untuk cara mengolahnya, dipilih dengan dibakar agar citarasa daging udangnya yang sudah dimarinasi bumbu petis semakin keluar. Dengan begitu, kulinernya semakin menggugah selera setiap orang yang mencium aromanya. Anda yang tertarik dan penasaran dengan rasa masakannya silahkan mencoba sendiri resep udang bakar bumbu petis berikut.

Bahan-bahan

  • 500 gram udang segar ukuran besar
  • 1 buah jeruk nipis
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 cm jahe digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok makan larutan asam Jawa
  • ½ sendok teh gula Jawa
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 sendok makan petis ikan
Baca Juga :  Membuat Nasi Goreng Sederhana, Hidangan Sederhana Menu Hemat

Cara membuat udang bakar bumbu petis

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep udang bakar bumbu petis dengan cara membuatnya sebagai berikut.

1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Ambil bagian kepala dan cangkangnya. Jangan lupa buang kotoran di dalam perutnya.

2. Masukkan semua udang ke dalam wadah baskom bersih, lalu beri perasan jeruk nipis. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, bilas semua udang dengan air bersih. Tiriskan dan sisihkan dulu.

3. Siapkan dan panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu hingga harum.

4. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan jahe. Tumis lagi hingga layu. Setelah itu, masukkan semua udang ke dalam wajan.

5. Aduk merata dan masak hingga udang berubah warna. Lalu, bumbui dengan garam, gula Jawa, dan larutan asam Jawa.

Baca Juga :  Memasak Resep Tetelan Bumbu Kecap yang Mudah dan Rasanya Mantap serta Sedap

6. Tuangkan air secukupnya, lalu aduk merata lagi. Masak hingga airnya menyusut dan bumbunya benar-benar meresap ke dalam udang. Setelah itu, matikan kompor.

7. Selanjutnya, siapkan tempat pembakaran yang bisa menggunakan tungku arang atau wajan datar teflon bergelombang. Jika menggunakan teflon, jangan lupa mengolesi permukaannya dulu dengan minyak goreng secukupnya agar saat dibakar udang tidak hangus.

8. Silahkan membakar udang yang sudah berbumbu petis hingga ada bagian tubuhnya kecoklatan. Jangan lupa membolak-balik udang sambil mengolesinya dengan sisa bumbu petis. Setelah matang, angkat udang dan sisihkan dulu.

9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan semua udang bakar bumbu petis yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.

Setelah membaca resep udang bakar bumbu petis selengkapnya diatas, Anda bisa segera mempraktikkannya di rumah. Dijamin rasanya lezat dan cocok untuk lauk makan sekeluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info