Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Wedang Uwuh, Minuman hangat dan menenangkan

Resep Wedang Uwuh, Minuman hangat dan menenangkan

Resep Minuman Wedang Uwuh (2)

Resep Minuman Wedang Uwuh

Langkah-langkah menyiapkan Wedang Uwuh

Untuk menyiapkan Wedang Uwuh diperlukan bahan-bahan sebagai berikut[1]: 

  • 700 ml air 
  • 40 gram serutan kayu secang kering 
  • 50 gram gula batu 
  • 6 cm jahe, sangrai dan memarkan 
  • 2 lembar daun kayu manis 

Bahan-bahan tersebut banyak tersedia di pasaran Indonesia dan mudah diperoleh untuk membuat minuman tradisional ini.

  1. Sebelum membuat teh, bumbu atau rempah-rempahnya harus disiapkan [2] [3] [4]. 
  2. Jahe harus dipanggang dan dimemarkan, dan serutan kayu secang harus kering. 
  3. Bumbunya bisa berbeda-beda tergantung resepnya, tapi serai, kayu manis, kapulaga, dan daun jeruk biasanya digunakan[5][6][7]. Rempah-rempah ini dapat ditemukan di pasar lokal dan toko kelontong.
  4. Untuk membuat teh, bahan atau bumbu dan bumbu atau rempah-rempah direbus bersama-sama. 
  5. Air dipanaskan dalam panci besar hingga mendidih, lalu ditambahkan gula merah serut ke dalam panci. 
  6. Setelah itu bumbu dimasukkan dan direbus bersama air dan gula. Teh direbus selama beberapa menit hingga rasa rempah meresap ke dalam air. 
  7. Tehnya kemudian bisa disaring dan disajikan panas[9]. 
  8. Teh tradisional Indonesia ini adalah minuman hangat dan menenangkan yang cocok untuk malam dingin atau sebagai minuman penyegar di siang hari.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Bahan Berkualitas Tinggi** – Gunakan bahan-bahan segar dan organik untuk memastikan rasa dan kualitas terbaik untuk minuman Wedang Uwuh Anda. Misalnya, pilih cengkeh, kayu manis, dan serai berkualitas tinggi untuk minuman yang lebih aromatik dan beraroma.

**Waktu Infus yang Tepat** – Biarkan bahan meresap dalam air panas setidaknya selama 15-20 menit untuk mengekstrak rasa dan khasiat obat. Waktu infus ini memungkinkan minuman mengembangkan rasa yang kaya dan khasiat yang bermanfaat.

Baca Juga :  Memasak Resep Sup Kembang Tahu yang Mudah, Sederhana, dan Menggugah Selera

**Seimbangkan Manisnya** – Sesuaikan rasa manis sesuai keinginan Anda dengan menambahkan gula atau pemanis secukupnya. Menyeimbangkan rasa manis sangat penting untuk mencapai cita rasa tradisional Wedang Uwuh. Anda juga bisa menggunakan pemanis alami seperti madu atau gula palem untuk pilihan yang lebih sehat.

**Saring Dengan Hati-hati** – Setelah proses infus, saring minuman dengan hati-hati untuk menghilangkan partikel padat dan mendapatkan tekstur yang halus. Menggunakan saringan halus atau kain tipis dapat membantu memastikan minuman jernih dan halus.

**Sajikan Panas dan Nikmati Segar** – Wedang Uwuh secara tradisional disajikan panas dan paling enak dinikmati segar setelah disiapkan. Menyajikannya panas memungkinkan cita rasa terungkap sepenuhnya, memberikan pengalaman yang nyaman dan menenangkan. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut, Anda dapat menciptakan minuman Wedang Uwuh yang nikmat dan autentik yang mencerminkan esensi minuman tradisional Jawa ini.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Wedang Uwuh? A: Untuk membuat Wedang Uwuh, Anda membutuhkan berbagai macam bumbu dan rempah tradisional khas Jawa seperti kayu manis, pala, cengkeh, jahe, dan serai. Selain itu, Anda membutuhkan daun teh, gula palem, dan air.

Q: Bagaimana cara menyiapkan bumbu Wedang Uwuh? A: Bumbu Wedang Uwuh dibuat dengan cara ditumbuk atau digiling untuk mengeluarkan citarasanya. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan lesung dan alu atau penggiling bumbu. Rempah-rempah harus dipecah menjadi potongan-potongan kecil agar rasanya meresap ke dalam minuman.

Baca Juga :  Resep Dendeng Balado, salah satu hidangan khas Indonesia

Q: Bisakah Anda memberikan panduan langkah demi langkah cara membuat Wedang Uwuh? A: Pertama, siapkan bumbu dengan cara dihaluskan atau digiling. Kemudian rebus air dalam panci dan masukkan bumbu yang sudah disiapkan beserta daun tehnya. Biarkan mendidih selama beberapa menit agar bumbu bisa tercampur. Terakhir, pemanis teh dengan gula jawa sesuai selera.

Q: Apa saja manfaat Wedang Uwuh bagi kesehatan? A: Wedang Uwuh dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan karena kandungan alami dari bumbu dan rempah yang digunakan. Sering dikonsumsi untuk meredakan gejala pilek, melancarkan pencernaan, dan memberikan rasa hangat saat cuaca dingin. Selain itu, bahan-bahan dalam Wedang Uwuh terkenal dengan sifat antioksidan dan anti inflamasinya.

Q: Bisakah saya menyesuaikan resep Wedang Uwuh dengan selera saya? A: Ya, resep Wedang Uwuh bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Anda dapat menyesuaikan rasa manisnya dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit gula palem, dan Anda juga dapat bereksperimen dengan perbandingan bumbu yang berbeda untuk mencapai profil rasa yang Anda inginkan.

Referensi : 

1.   Resep Wedang Uwuh Simple, Minuman Hangat untuk ….  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari www.kompas.com 

2.   8 Bahan Lengkap Wedang Uwuh, dari Jahe hingga Secang.  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari www.kompas.com 

3.   5 Resep Wedang Uwuh untuk Turunkan Kolesterol dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari www.fimela.com 

4.   3 Resep Wedang Uwuh, Kaya Rempah dan Berkhasiat ….  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/resep-wedang-uwuh 

Baca Juga :  Resep Tumis Buncis Spesial ala Resto

5.   Resep Wedang Uwuh, Minuman Hangat khas Yogyakarta.  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari www.fimela.com 

6.   5 Resep Minuman Hangat yang Cocok untuk Buka Puasa.  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari www.fimela.com 

7.   Wedang Uwuh, Minuman ‘Sampah’ Kaya Rempah ….  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari www.liputan6.com 

8.   Resep Minuman Wedang Uwuh yang Menyegarkan untuk ….  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari www.fimela.com 

9.   Resep Wedang Uwuh Teh Susu oleh Noof’s Kitchen.  (n.d.)   Diperoleh January 25, 2024, dari cookpad.com/id/resep/11473242-wedang-uwuh-teh-susu 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info