Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Degan untuk Buka Puasa

Membuat Es Degan untuk Buka Puasa

Membuat Es Degan

Membuat Es Degan

Bahan-bahan

  1. kelapa hijau muda 1 butir lengkap dg airnya
  2. potong dadu pepaya
  3. potong kecil nangka
  4. 1 sachet SKM frisian flag
  5. 50 cc sirup cocopandan
  6. 1 gelas air putih

Proses pembuatan es degan

  1. Langkah pertama dalam membuat es degan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat es Degan versi dasar, Anda membutuhkan kelapa muda, es batu, air kelapa, dan gula atau pemanis[1]. Mulailah dengan mengupas kelapa dan membuang air kelapa murni serta daging buahnya [2]. Sisihkan air kelapa dan dagingnya saja, karena akan digunakan dalam adonan. Selanjutnya siapkan air gula dengan menambahkan gula merah dan air ke dalam panci lalu masak hingga gula larut[2]. Setelah bahan-bahannya siap, lanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu pembuatan es degan.
  2. Langkah kedua dalam pembuatan es degan adalah mencampur dan membekukan adonan. Caranya, masukkan daging kelapa yang sudah dikerok ke dalam tempurung kelapa dan tambahkan sedikit air. Kemudian tambahkan air gula, air kelapa, dan es batu ke dalam adonan[1]. Campur semuanya dengan baik dan bekukan campuran hingga menjadi padat[3]. Setelah adonan membeku, keluarkan dari freezer dan gunakan garpu untuk mengikis adonan menjadi potongan-potongan kecil. Lanjutkan mengikis hingga seluruh adonan berubah menjadi serpihan es kecil[2].
  3. Langkah terakhir dalam membuat es Degan adalah menyajikan dan menikmatinya. Untuk penyajiannya, masukkan es serut ke dalam mangkuk atau gelas dan tambahkan lagi air kelapa dan gula atau pemanis sesuai selera[1]. Anda juga bisa menambahkan jeruk nipis atau lemon untuk menambah rasa yang tajam[1]. Untuk lebih kreatif, Anda bisa menambahkan bahan lain seperti sirup melon, nata de coco, atau biji selasih[4]. Es degan merupakan hidangan penutup yang menyegarkan dan lezat yang dapat dinikmati sendiri atau dipadukan dengan hidangan lainnya.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Berkualitas** – Mulailah dengan santan berkualitas tinggi, daun pandan, dan gula palem. Penggunaan bahan-bahan segar dan alami akan meningkatkan rasa dan tekstur es Degan sehingga menghasilkan produk akhir yang lebih autentik dan lezat.

Baca Juga :  Resep Sederhana Dadar Gulung isi Kelapa

**Rendam Daun Pandan** – Untuk mengekstrak rasa yang maksimal, rendam daun pandan dalam santan selama beberapa jam atau semalaman sebelum membuat es Degan. Hal ini memungkinkan sari aromatik daun pandan meresap ke dalam santan, menciptakan bahan dasar yang kaya dan harum untuk hidangan penutup.

**Saring Campuran** – Setelah santan dan daun pandan mendidih, penting untuk menyaring campurannya untuk menghilangkan partikel padat atau kotoran. Langkah ini memastikan tekstur halus dan halus, bebas dari residu yang tidak diinginkan, sehingga menghasilkan es Degan yang lebih halus dan menarik secara visual.

**Dinginkan dengan Benar** – Setelah adonan es Degan siap, biarkan dingin hingga mencapai suhu ruangan sebelum didinginkan di lemari es. Pendinginan yang tepat memastikan makanan penutup mengeras secara merata dan menghasilkan konsistensi yang tepat. Selain itu, mendinginkan es Degan selama beberapa jam atau semalaman akan membuat rasa es Degan menyatu dan semakin kuat.

Baca Juga :  Resep Es Jeruk Selasih Menyegarkan, Cocok untuk Berbuka Puasa

**Sajikan dengan Topping** – Sempurnakan penyajian dan cita rasa es Degan dengan menyajikannya bersama topping tradisional seperti nangka potong dadu, irisan pisang, atau taburan sirup gula aren kental. Topping ini menambah tekstur, rasa manis, dan daya tarik visual pada hidangan penutup, sehingga meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Degan? A: Untuk membuat Es Degan Anda membutuhkan kelapa muda (degan muda), air kelapa, gula pasir, dan es batu.

Q: Bagaimana cara menyiapkan kelapa muda untuk pembuatan Es Degan? A: Untuk menyiapkan kelapa muda, Anda perlu membuka bagian atas kelapa dengan hati-hati agar air dan daging di dalamnya dapat diakses. Anda bisa menggunakan pisau tajam untuk membuat lubang kecil di bagian atas kelapa.

Q: Bagaimana proses pencampuran dan pembekuan campuran Es Degan? A: Setelah menyiapkan kelapa muda, Anda akan mencampurkan air kelapa, daging buah, dan gula pasir ke dalam blender hingga menjadi adonan halus. Kemudian tuang adonan ke dalam cetakan es batu dan bekukan hingga padat.

Q: Bagaimana Es Degan disajikan dan dinikmati? A: Es Degan biasanya disajikan dengan cara memasukkan kubus adonan kelapa beku ke dalam gelas, lalu menuangkan air kelapa ke atas kubus tersebut. Biasanya dinikmati dengan sendok atau sedotan.

Q: Apakah Es Degan bisa dicustom dengan bahan atau rasa tambahan? A: Ya, Es Degan bisa dikustomisasi dengan menambahkan berbagai bahan seperti irisan buah, sirup rasa, atau bahkan sedikit susu kental manis untuk rasa yang lebih kaya.

Baca Juga :  Resep Prol Tape Yang Bisa Anda Nikmati Dengan Keluarga

Referensi : 

1.   Resep Es Kelapa Muda Minuman Segar yang Manis.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com 

2.   Resep Es Kelapa dari Penjual Kelapa, Cuma Butuh 4 ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.kompas.com 

3.   8 Resep Es Kelapa Muda yang Segar dan Enak, Cocok ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.liputan6.com 

4.   20 Kreasi Es Degan yang Mantap Untuk Berbuka Puasa.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.ruparupa.com/blog/es-degan/ 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan