Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Doger untuk menu buka Puasa

Membuat Es Doger untuk menu buka Puasa

Membuat Es Doger (2)

Membuat Es Doger

Bahan-bahan

Bahan cendol

  1. 1 agar2 nutrijell plain
  2. 125 g tepung kanji/tapioka
  3. 680 ml air
  4. 1-2 tetes pewarna merah

Bahan campuran air

  1. 1 buah santan sun kara
  2. 300gr gula pasir
  3. 200 ml air yg dicampur dengan santan
  4. 3 ikat daun pandan
  5. 1/4 sdt vanilli
  6. 2 liter air dingin kalau bisa dicampur dengan es batu
  7. 3-4 sdm essen doger
  8. 1/2 kaleng susu kental manis
  9. Sejumput garam
  10. Potongan agar2 warna pink
  11. Potongan buah nangka (optional)

Langkah-langkah membuat Es Doger

Es Doger adalah makanan penutup tradisional Indonesia yang cocok untuk hari-hari musim panas. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan penutup lezat ini cukup sederhana dan mudah ditemukan[1]. Untuk menyiapkan bahan-bahannya, Anda membutuhkan segelas air, gula pasir, dan sedikit santan[2]. Bahan lainnya antara lain daun pandan, vanila, garam, pewarna makanan, henna cina, tape, tapai ketan hitam, dan susu kental manis[3]. Setelah bahan-bahannya siap, Anda bisa memulai proses pembuatan Es Doger.

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan bahan-bahannya. Dalam panci, campur santan, gula pasir, daun pandan, vanili, garam, dan pewarna makanan. Panaskan adonan hingga agak mendidih sambil terus diaduk[4]. Setelah mendidih, biarkan adonan mendingin beberapa saat[5]. Setelah adonan dingin, Anda bisa menambahkan henna cina, tape, tapai ketan hitam, dan susu kental manis[6]. Campur semua bahan hingga tercampur rata[6].

Langkah terakhir adalah membekukan adonan dan menyajikannya. Tuang adonan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih enam jam[7]. Setelah adonan membeku, keluarkan dari freezer dan gunakan garpu untuk mengikisnya menjadi es serut[1]. Anda kemudian bisa menyajikan Es Doger dalam gelas atau mangkuk dan menikmati rasanya yang menyegarkan[5]. Anda juga bisa menambahkan beberapa topping seperti kelapa parut atau irisan buah-buahan untuk menambah rasa[8]. Es Doger adalah makanan penutup yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga dan teman di hari musim panas.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Bahan yang Tepat** – Gunakan jus atau pure buah segar berkualitas tinggi untuk memastikan es Doger beraroma dan menyegarkan. Hindari penggunaan perasa atau pemanis buatan, karena dapat mengganggu rasa dan kualitas produk akhir.

Baca Juga :  Resep Bakmi Godok Khas Yogayakarta Super Lezat Menggoyang Lidah

**Seimbangkan Manisnya** – Saat menyiapkan campuran es Doger, perhatikan tingkat kemanisannya. Penting untuk menjaga keseimbangan antara rasa manis alami buah dan tambahan gula atau pemanis. Cicipi campurannya saat Anda menambahkan pemanis, pastikan tidak terlalu manis atau hambar.

**Manfaatkan Bahan Tambahan Alami** – Tingkatkan rasa dan tekstur es Doger Anda dengan menambahkan bahan tambahan alami seperti potongan buah, serpihan kelapa, atau daun mint. Penambahan ini tidak hanya menambah daya tarik visual tetapi juga memberikan semburan rasa dan tekstur, sehingga meningkatkan pengalaman keseluruhan.

**Eksperimen dengan Kombinasi Rasa** – Berkreasilah dengan kombinasi rasa untuk memenuhi preferensi yang berbeda. Misalnya, pertimbangkan untuk memadukan mangga dan nanas untuk cita rasa tropis, atau campurkan buah beri untuk membuat es Doger yang segar dan tajam. Bereksperimen dengan beragam rasa dapat menarik khalayak yang lebih luas dan membuat penawaran Anda tetap menarik.

**Konsistensi Tekstur adalah Kuncinya** – Pastikan tekstur es Doger konsisten di seluruh bagiannya. Itu harus halus dan bebas dari kristal es besar. Mencampur bahan-bahan dengan benar dan menggunakan rasio cairan dan padat yang tepat akan membantu menghasilkan tekstur yang lembut dan seragam. Perhatian terhadap detail ini dapat secara signifikan meningkatkan kenikmatan es Doger secara keseluruhan. Kiat-kiat ini ditujukan bagi individu yang tertarik untuk membuat es Doger berkualitas tinggi di rumah atau untuk tujuan komersial. Dengan mengikuti praktik terbaik ini, mereka dapat memastikan bahwa es Doger mereka menonjol karena rasa, tekstur, dan daya tarik visualnya, sehingga pada akhirnya dapat memuaskan pelanggan atau tamu.

Baca Juga :  Enaknya Jus Timun Suri / Blewah, Kaya Manfaat Juga : Resep & Langkah

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Doger? A: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Doger antara lain santan, gula merah, kelapa muda, alpukat, es serut, dan sirup cocopandan.

Q: Bagaimana langkah-langkah memadukan bahan-bahan untuk membuat Es Doger? A: Setelah menyiapkan bahan, langkah pertama adalah mencampurkan santan dengan gula merah hingga merata, kemudian menambahkan kelapa muda dan alpukat yang sudah dipotong-potong ke dalam campuran santan dan gula merah.

Q: Apa yang dimaksud dengan “membekukan campuran” dalam pembuatan Es Doger? A: Setelah bahan-bahan Es Doger tercampur rata, selanjutnya campuran tersebut diletakkan dalam lemari es atau freezer untuk mengeras hingga membentuk adonan es.

Q: Bagaimana cara menyajikan Es Doger setelah proses pembekuan? A: Setelah campuran Es Doger membeku, ambil adonan es tersebut dan letakkan di dalam mangkuk. Kemudian tambahkan es serut dan sirup cocopandan sebagai pelengkap.

Q: Apakah ada variasi atau tambahan bahan lain yang dapat ditambahkan ke dalam Es Doger? A: Selain bahan-bahan utama seperti santan, gula merah, kelapa muda, alpukat, es serut, dan sirup cocopandan, beberapa variasi tambahan seperti cincau, kacang merah, atau nata de coco juga bisa ditambahkan sesuai selera masing-masing.

Referensi : 

1.   Resep Es Doger Bandung – Food Fimela.com.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com/food/read/2426388/resep-es-doger-bandung 

Baca Juga :  Membuat Arem-arem ayam untuk Bekal Anak Sekolah

2.   Cara Membuat Es Doger yang Dijamin Bikin Seger!.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari infokost.id/blog/cara-membuat-es-doger/113211/ 

3.   Resep Es Doger Segar ala Kaki Lima, Bisa untuk Jualan.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.kompas.com 

4.   Es Doger.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari id.tastemade.com/videos/es-doger/ 

5.   3 Resep Es Doger Segar yang Mudah Dibuat di Rumah, ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/resep-es-doger 

6.   Resep Es Doger, Sajian Penutup yang Bikin Seger.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.kompas.com 

7.   Resep Es Doger oleh Damira Djamaluddin.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com/id/resep/12459091-es-doger 

8.   5 Cara Membuat Es Doger Ala Rumahan, Nikmat dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.merdeka.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info