Skip to main content

Cara Membuat Sajian Penutup, Es Doger

Anaya Lariencia

Membuat Penutup Sajian Es Doger


Jika anda sedang santai, sepertinya lebih nikmat sambil ditemani dengan makanan atau minuman yang anda suka. Mau merasakan keduanya dengan bersamaan? Yuk kita bikin es doger. Es Nusantara ini tidak hanya menyegarkan berkat namun rasanya juga nikmat seperti es tong-tong, namun bedanya es ini dapat mengenyangkan dan mengganjal perut yang sedang lapar dengan adanya beragam isiannya.

Resep Es Doger

Bahan yang dibutuhkan adalah:

  1. 110 gr tape singkong
  2. 110 gr tape ketan yang siap digunakan
  3. 76 gr pacar cina
  4. 2 buah kelapa muda ambil dagingnya
  5. 110 gr kolang-kaling
  6. 160 ml sirup susu yang warnanya merah
  7. 260 ml es puter rasa kelapa siap digunakan

Langkah membuat es doger: 

  1. Pertama Siapkan bahan es doger terlebih dahulu. Lalu anda Rebus pacar cina hingga matang. 
  2. Jika sudah Kolang-kaling diiris tipis bentuk memanjang, kemudian rebus. Lalu Angkat dan sisihkan. Jika sudah anda buang serat tape singkong, potong menjadi kotak seperti dadu secara sentimeter.
  3. Untuk susu yang berwarna merah, satukan dengan krim kental manis juga pewarna makanan berwarna merah.
  4. Setelah itu anda persiapkan gelas saji. 1 sendok makan pacar cina dimasukkan. tape singkong  1 sendok makan dimasukkan,  tape ketan satu sendok makan, lalu daging kelapa muda secukupnya.
  5. Tambahkan 1 hingga 2 scoop es puter, kemudian tambah sirup di atasnya. Es doger sudah siap dihidangkan. Jika anda mau menambahkan ketan hitam boleh atau roti tawar. Sesuaikan dengan selera anda. Sebab es doger cocok untuk semua isian termasuk wafer dan lainnya.


Es doger ini paling nikmat dimakan ketika matahari terik atau ketika musim kemarau panjang. Dijamin satu gelas tidak akan cukup. Sebab rasanya yang dapat menyegarkan dan menghilangkan panas. Untuk sirup es doger boleh diganti dengan sirup berwarna coklat atau rasa coklat. Karena rasanya akan tetap sama dan nikmat. Akan tetapi anda juga harus mencicipi dahulu rasanya sebelum membuat variasi rasa pada es doger. Selamat mencoba.

Sumber referensi: kompas.com

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar