Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Es Krim Pisang Karamel, Dessert Ringan dan Manis yang Disukai Banyak Orang

Resep Es Krim Pisang Karamel, Dessert Ringan dan Manis yang Disukai Banyak Orang

Es Krim Pisang Karamel1 (1)

Resep es krim pisang karamel

Resep es krim pisang karamel menjadi sebuah dessert atau makanan penutup yang cocok disantap untuk semua orang tanpa terkecuali.

Mulai dari anak kecil hingga orang tua menyukai rasa manis legit dari es krim tersebut. Apalagi ada potongan buah pisang raja di dalamnya yang menjadikan rasanya semakin mantap.

Ditambah saus karamel yang begitu terasa di lidah. Jadi, Anda memang seharusnya menutup sajian khas lebaran yang serba berat dan bersantan dengan makanan penutup yang ringan serta manis.

Lalu, bagaimana resep es krim pisang karamel yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 250 ml susu cair rendah lemak
  2. 1 sendok teh vanili bubuk
  3. 4 butir kuning telur ayam
  4. 100 gram gula kastor
  5. 250 ml krim kental manis
  6. 200 gram gula pasir
  7. 150 ml air buah jeruk manis
  8. 6 buah pisang raja dikupas lalu diiris tipis
  9. Krim kocok vanila secukupnya
Baca Juga :  Mencoba Buat Resep Sambal Ijo Padang Yang Mengugah Selera

Cara membuat es krim pisang karamel

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep es krim pisang karamel dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan dulu panci ukuran kecil, lalu tuangkan susu cair rendah lemak ke dalamnya. Setelah itu, panaskan diatas api kompor kecil hingga hampir mendidih, lalu tambahkan vanili bubuk. Aduk merata dan matikan kompor. Sisihkan dulu.
  2. Langkah berikutnya siapkan mangkuk ukuran sedang, lalu masukkan kuniing telur dan gula kastor. Kocok secara menual atau dengan mixer hingga merata. Setelah itu, masukkan adonannya ke dalam rebusan susu. Panaskan lagi pancinya sambil diaduk perlahan. Masak hingga mengental, lalu matikan kompor. Sisihkan dulu beberapa saat agar mendingin.
  3. Setelah dingin, tambahkan krim kental manis ke dalam adonan susunya. Aduk merata lagi perlahan.
  4. Selanjutnya, siapkan wadah lalu tuangkan semua adonannya ke dalamnya. Masukkan ke dalam freezer sekitar 3 jam hingga membeku. Setelah membeku, keluarkan dan kocok dengan mixer hingga lembut. Lalu, masukkan lagi ke dalam freezer hingga membeku lagi. Langkah tersebut dilakukan agar tekstur es krim benar-benar lembut.
  5. Sambil menunggu es krimnya membeku, Anda bisa membuat karamel. Caranya, siapkan panci ukuran kecil, lalu masak gula pasir hingga meleleh dan menjadi karamel.
  6. Tambahkan air jeruk dan aduk lagi hingga benar-benar mengental. Setelah itu, masukkan potongan pisan dan aduk sebentar. Matikan kompor.
  7. Waktunya plating. Siapkan mangkuk kecil atau gelas untuk plating. Beri es krim yang sudah jadi. Tambahkan pisang karamelnya. Beri juga toping krim kocok secukupnya. Akhirnya, es krim pisang karamel siap disajikan.
Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Teflon Sudah Pasti Enak Dan Lembut

Uraian resep es krim pisang karamel diatas silahkan Anda baca dan pahami. Setelah itu, praktikkan di rumah seperti langkah-langkah yang sudah diuraikan. Setelah es krimnya jadi, jangan lupa mengajak seluruh keluarga mencicipinya.

Lihat video membuat Es Krim Pisang Karamel

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan