Lompat ke konten
Home » Yummy, Dessert Box Coklat Buatan Sendiri Memang Sangat Lezat

Yummy, Dessert Box Coklat Buatan Sendiri Memang Sangat Lezat

Dessert Box Coklat Buatan Sendiri

Inilah yang ditunggu-tunggu, resep dessert box coklat. Apakah Anda salah satu yang suka dan sering membelinya? Tidak salah kalau menyukainya karena rasanya memang lezat dan legit. Bahkan, bukan hanya orang dewasa saja yang menyukainya, tetapi anak-anak juga. 
Rasa cake coklatnya yang manis sangat cocok dijadikan dessert saat makan siang atau makan malam. Tinggal dibuka kotak plastiknya, lalu di sendok cake-nya yang lembut untuk disantap. Sangat praktis dan enak.
Biasanya, dessert box coklat dijual di toko roti atau restoran berbentuk kotak kecil dengan harga masih terjangkau. Namun, Anda juga bisa membelinya berukuran lebih besar tentu saja dengan harga lebih mahal. 
Tak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menyantap dessert box coklat. Pasalnya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah sekaligus menikmati dessert coklat itu sepuasnya bersama keluarga tercinta.
Lalu, bagaimana cara memasak resep dessert box coklat yang lezat? Silakan baca hingga tuntas informasi berikut.

Baca Juga :  Resep Membuat Stroberi Cheesecake Oreo No Bake

Bahan-bahan

Bahan-bahan membuat dessert box coklat berikut bisa untuk 3 porsi. Perlu Anda ketahui bahwa dessert box coklat ada tiga lapis, yaitu chocolate cake, whip cream, dan ganache. Tiap lapisan dibuat dengan bahan berbeda.

Bahan untuk lapisan basic chocolate cake

  1. 150 gram tepung terigu
  2. 50 gram coklat bubuk
  3. ½ sendok teh vanili
  4. 200 gram gula pasir
  5. 4 butir telur ayam
  6. ½ sendok teh SP, yaitu bahan pelembut atau emulsifier saat membuat cake
  7. 125 gram margarin yang dilelehkan

Bahan untuk lapisan whip cream

  1. 100 gram whip cream bubuk
  2. 80 ml susu kental manis putih
  3. 250 ml susu full cream

Bahan untuk lapisan ganache

  1. 200 gram Dark Cooking Chocolate (DCC)
  2. 200 ml whipcream cair
  3. 1 sendok makan mentega
  4. Chocochip kecil secukupnya

Cara membuat dessert box coklat

Bahan untuk membuat dessert box coklat memang cukup banyak dan beragam. Tak perlu khawatir, Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau minimarket terdekat. Harganya pun cukup terjangkau. Setelah semua bahan diatas siap, silahkan mempraktikkan cara memasak resep dessert box coklat berikut.

  1. Langkah pertama, yaitu membuat basic chocolate cake atau cake coklat di lapisan dasar. Siapkan wadah lalu ayak tepung terigu di dalamnya. Campurkan coklat bubuk dan vanili, sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan loyang ukuran sedang atau besar dan olesi margarin permukaannya. Lalu, taburi tepung terigu secukupnya di atas permukaannya. Setelah itu panaskan kukusan.
  3. Siapkan wadah dan mixer. Campurkan telur ayam dan SP hingga mengental di mixer kecepatan tinggi selama 10 menit.
  4. Setelah itu, masukkan bahan campuran ayakan tadi, lalu mixer dengan kecepatan rendah hingga merata. Tambahkan lelehan margarin dan aduk terus hingga merata.
  5. Masukkan adonan tersebut ke dalam loyang dan ratakan. Kukus adonan selama 30 menit.
  6. Setelah matang, keluarkan cake dari dalam kukusan dan tunggu hingga dingin. Lalu, potong cake kotak-kotak seukuran box plastik yang Anda miliki. Simpan box tersebut di dalam kulkas.
  7. Langkah berikutnya, yaitu membuat lapisan whip cream. Siapkan wadah lalu masukkan bubuk whip cream. Tambahkan susu full cream dan susu kental manis. Campur dengan mixer hingga adonan mengembang.
  8. Setelah itu, siapkan plastik piping bag. Masukkan adonan ke dalamnya dan gunting ujung plastiknya.
  9. Ambil chocolate cake dari dalam kulkas. Tambahkan adonan whip cream di atasnya hingga merata. Lalu, masukkan ke dalam kulkas lagi.
  10. Berikutnya adalah membuat lapisan ganache. Lelehkan terlebih dulu DCC, lalu tambahkan whipcream cair. aduk perlahan hingga merata. Tunggu beberapa saat hingga uap panasnya hilang.
  11. Selanjutnya, keluarkan box dessert dari dalam kulkas. Tambahkan adonan ganache di atasnya. Jangan lupa taburkan choco chip diatasnya.
  12. Simpan lagi di dalam kulkas hingga mendingin. Keluarkan box dan dessert box coklat sudah jadi. Silakan untuk mencicipinya.
Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Dimsum Ayam Udang, Ini Resepnya


Itulah cara membuat resep dessert box coklat yang lezat. Silahkan Anda mencoba sendiri di rumah sekarang juga. Selamat mencoba.


Sponsor topwisata.info