Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Cheese Cake Kukus Buatan Rumah yang Rasanya Jempolan

Resep Cheese Cake Kukus Buatan Rumah yang Rasanya Jempolan

Resep cheese cake kukus (2)

Resep cheese cake kukus

Resep cheese cake kukus sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Banyak orang menyukai rasa cakenya yang lembut apalagi ditambah gurih manis dari kejunya. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya. Oleh karenanya, tidak sedikit yang menjual cheese cake dengan harga bervariasi. Anda bisa menemukan dengan mudah cheese cake di tiap toko roti, makanan kecil, atau backery.

Namun sayangnya, pembuatannya membutuhkan oven atau microwave untuk mematangkan cake tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena membuat cheese cake juga dapat dilakukan dengan mengukus adonannya. Jadi, tidak perlu membutuhkan oven lagi dan dijamin rasanya tetap enak dan legit di lidah. Lalu, bagaimana resep cheese cake kukus yang direkomendasikan? Berikut informasi resepnya yang lengkap.

Bahan A

  • 3 butir telur ayam
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh emulsifier

Bahan B

  1. 80 gram tepung terigu
  2. 20 gram tepung maizna
  3. 30 gram susu bubuk putih
  4. ¼ sendok teh garam

Bahan C

  • 50 ml susu cair putih
  • 180 gram cheese spread
  • 70 gram mentega

Bahan untuk toping

  • 2 sendok makan krim mentega
  • 50 gram kjucheddar diparut untuk taburan
Baca Juga :  Olahan Daging Qurban, Resep Sate Goreng Hidangan Menu Gurih

Bahan pelengkap

  • Kertas roti secukupnya
  • Loyang ukuran sedang
  • Panci kukus ukuran sedang

Cara membuat cheese cake kukus

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep cheese cake kukus dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan semua bahan B satu per satu ke dalamnya. Aduk merata, lalu diayak. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah baskom bersih lainnya, lalu masukkan satu per satu bahan A sambil dikocok. Anda bisa mengocoknya manual atau memakai mixer. Kocok hingga adonan mengembang dan berjejak.
  3. Langkah berikutnya, masukkan bahan B yang sudah diayak ke dalam adonan A. Aduk dan kocok lagu hingga merata.
  4. Silahkan menyiapkan panci kecil bersih untuk mengolah bahan C. Masukkan susu cair ke dalam panci dan panaskan diatas api kompor kecil saja.
  5. Tambahkan cheese spread ke dalamnya dan aduk perlahan hingga tercampur. Setelah mendidih, matikan kompor.
  6. Tambahkan mentega, lalu kocok hingga merata. Sisihkan dulu dan tunggu beberapa saat hingga tidak terlalu panas.
  7. Setelah itu, masukkan olahan bahan C tersebut ke dalam adonan A yang sudah jadi. Aduk merata hingga semua bahan tercampur. Anda bisa mencicipi sedikit adonannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera atau belum.
  8. Selanjutnya, siapkan loyang berukuran sedang, yaitu 18 cm x 18 cm dan tinggi sekitar 5 cm. Lapisi dulu bagian dalam loyang dengan kertas roti, lalu tuangkan adonan cheese cake yang sudah jadi. Ratakan adonannya.
  9. Siapkan panci kukus, lalu masukkan loyang ke dalamnya. Kukus sekitar 20 – 30 menit diatas api kompor sedang saja hingga matang. Jangan lupa mengecek tingkat kematangan cakenya. Jika permukaannya sudah berwarna kecoklatan, berarti sudah matang.
  10. Matikan kompor dan angkat loyang dari dalam panci. Diamkan dulu beberapa saat agar mendingin. Setelah itu, olesi semua sisi cake dengan krim mentega. Jangan lupa taburi permukaannya dengan parutan keju cheddar. Cheese cake siap disajikan.
  11. Siapkan sebuah piring saji untuk plating. Lalu, potong cake menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda. Letakkan diatas piring saji. Lengkapi dengan sendok dan garpu untuk mencicipinya.
Baca Juga :  Resep Banana Taro Bread Rasanya Di Jamin Ketagihan

Bagaimana dengan resep cheese cake kukus diatas? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah? Jika tertarik, segera siapkan semua bahan dan peralatannya. Selamat mencoba dan semoga cakenya sesuai selera Anda.

Lihat video membuat Resep cheese cake kukus

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan