Skip to main content

Rahasia cara membuat Rengginang Mengembang

Tina Farida

Resep Rengginang Enak dan Gurih


Rengginang merupakan salah satu makanan tradisional, dimana makanan ini  berbahan dasar beras ketan yang rasanya enak dan gurih. Akan tetapi, rengginang sebenarnya dari mana si? 

Pernahkah anda mencicipi  rengginang? Rengginang sudah ada sejak zaman dahulu kala, biasanya sebagai camilan atau pun teman makan.  

Semakin berkembangnya zaman, diera modern ini, kami rasa sulit, terutama didaerah perkotaan. Biasanya rengginang bisa ditemukan di pernikahan, hajatan, dan acara lainya. 

Agak berbeda dengan kerupuk jenis lain yang umumnya terbuat dari tepung yang dihaluskan.

Rengginang tidak dihiancurkan, sehingga butiranya masih tampak. Mengingat rengginang sudah terkenal dimana-mana, mungkin terbesit sebuah kata, tentang asal usul rengginang?
Mari kita bahas, berdasarkan informasi dari salah satu akun website, awalnya rengginang dikenal dengan nama "raginang" yang berasal dari kata 'ragi' yaitu bahan yang biasa digunakan untuk membuat tape ketan.

Namun beberapa pendapat mengatakan bahwa pada zaman dahulu ada masyarakat yang sebelumnya berniat untuk membuat tape ketan. Namun karena bahan utama habis, akhirnya membentuk adonan beras yang telah direbus menjadi bulat lalu menjemurnya.  

Berbicara tentang rengginang sebagai sajian idul fitri, tak ada salahnya, jika kita mencoba membuat sendiri. Sebab, jika kita membuat sendiri, tentu lebih bebas dalam memilih rasanya. Nah, untuk membuat rengginang sendiri bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Bagaimana caranya? Simak resepnya disini!

Apa saja bahan untuk membuat rengginang?

  1. Siapkan Beras ketan dan air
  2. Bahan lain yang harus disiapkan yaitu bumbu, 
  3. garam, 
  4. bawang putih,
  5. terasi bakar dan dihaluskan

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Pertama rendam beras ketan dalam waktu kurang lebih 30 menit, jika sudah lalu angkat.
  2. Kemudian kukus beras ketan dalam waktu kurang lebih 20  menit.
  3. Setelah itu, letakkan di tempat rebus yang berbeda, seperti panic. Kemudian rebus bahan tersebut dan campur  dengan air hingga mendidih.
  4. Selanjutnya masukan beras ketan kedalam panic dan rebus sebentar. Jangan lupa sambil diaduk hingga air kering.
  5. Lalu kukus beras ketan yang sudah direbus hingga menjadi empuk. Jika sudah, angkat dan cetak.
  6. Anda bebas mencetak rengginang dalam bentuk apapun
  7. Lalu jemur rengginang dibawah terik matahari hingga kering
  8. Langkah yang terakhir yaitu goreng rengginang hingga warnanya kuning
  9. Rengginang siap disajikan.
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar