Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Tumis buncis udang untuk Menu Hemat dan Sehat

Membuat Tumis buncis udang untuk Menu Hemat dan Sehat

Membuat Tumis buncis udang (2)

Membuat Tumis buncis udang

Bahan-bahan

  1. 3 Ons Buncis, iris serong
  2. 3 Biji Cabai Merah besar (iris,buang bijinya)
  3. 2 ons Udang (kupas,kerat punggung,sisakan ekor)
  4. 4 siung Bawang Merah (iris tipis)
  5. 3 siung Bawang Putih (iris tipis)

Bumbu :

  1. 3 sdm Saus Tiram
  2. 1 sdt Gula Pasir/sesuai selera
  3. 1/4 sdt Kaldu Bubuk/Garam Sesuai selera

Cara membuat tumis kacang udang

  1. Untuk membuat tumis kacang udang, langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan[1]. Siapkan 300 gram kacang panjang segar yang sudah dipotong kecil-kecil, 250 gram udang kupas mentah, 4 bawang merah yang diiris tipis, 3 siung bawang putih yang diiris tipis, dan 3 cabai merah yang sudah dibuang bijinya dan diiris kecil-kecil. Setelah bahan-bahan siap, panaskan minyak dan tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum[2].
  2. Setelah bahan-bahan ditumis, masukkan kacang panjang ke dalam wajan dan aduk hingga kacang panjang tercampur rata dengan bumbu. Tambahkan udang kupas mentah ke dalam wajan dan aduk hingga udang berubah warna dan harum. Tumis kacang dan udang hingga matang dan terlihat menggoda[3].
  3. Setelah tumisan kacang udang matang, tambahkan bumbu seperti saus tiram, sedikit gula, dan sedikit kaldu bubuk. Aduk rata dan tunggu hingga bumbu meresap ke dalam tumisan kacang dan udang. Setelah itu, angkat dan sajikan tumis kacang udang yang gurih dan lezat ini[4]. Dapat disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk pendamping nasi putih.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Bahan Segar** – Gunakan udang yang segar dan keras serta kacang hijau yang segar dan segar untuk hasil terbaik. Bahan-bahan segar tidak hanya meningkatkan cita rasa hidangan tetapi juga berkontribusi pada daya tarik visualnya. Saat memilih udang, carilah udang yang teksturnya keras dan aroma lautnya yang lembut dan segar. Untuk kacang hijau, pilihlah yang berwarna cerah, padat, dan bebas noda.

Baca Juga :  Mencoba Memasak Resep Nasi Krawu Khas Gresik dengan Beragam Pelengkapnya

**Siapkan Bahan Sebelum Memasak** – Pastikan semua bahan sudah dicuci, dipotong, dan siap digunakan sebelum Anda mulai memasak. Ini termasuk mengupas dan mengupas udang, serta memotong ujung kacang hijau. Mempersiapkan bahan terlebih dahulu menghemat waktu dan membantu menjaga kelancaran proses memasak.

**Pertahankan Panas Tinggi untuk Menggoreng** – Menggoreng memerlukan api besar untuk memasak bahan dengan cepat namun tetap mempertahankan tekstur dan warnanya. Gunakan wajan atau wajan besar dan dalam untuk menyediakan permukaan yang luas agar bahan-bahan matang secara merata. Jaga agar api tetap tinggi selama proses memasak dan kerjakan dengan cepat agar bahan-bahan tidak direbus, bukan digoreng.

**Tambahkan Bahan dalam Urutan yang Benar** – Mulailah dengan menggoreng udang hingga berubah warna menjadi merah muda dan buram. Kemudian keluarkan dari wajan dan tumis kacang hijau hingga empuk dan renyah. Terakhir, campurkan udang dan buncis, tambahkan bumbu dan saus, lalu tumis sebentar hingga bumbu menyatu. Menambahkan bahan-bahan dalam urutan yang benar memastikan setiap komponen dimasak dengan sempurna tanpa terlalu matang atau kurang matang.

**Seimbangkan Rasa dan Tekstur** – Perhatikan keseimbangan rasa dan tekstur pada masakan. Perpaduan rasa manis, asin, gurih, dan umami mampu meningkatkan cita rasa secara keseluruhan. Misalnya, Anda bisa menambahkan kombinasi kecap asin, saus tiram, dan sedikit madu untuk mendapatkan saus yang seimbang. Selain itu, pertimbangkan untuk menambahkan tekstur kontras, seperti kacang mete renyah atau biji wijen untuk menambah daya tarik. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut, Anda dapat membuat hidangan tumis udang dan kacang hijau lezat yang kaya rasa dan bahan-bahan yang dimasak dengan sempurna.

Baca Juga :  Resep bumbu ayam bakar kecap untuk acara tahun baru

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis kacang udang? A: Untuk membuat tumis kacang udang, Anda membutuhkan udang segar, buncis, bawang putih, bawang merah, cabai merah (opsional), saus tiram, kecap asin, garam, gula, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara memasak udang dan kacang untuk hidangan ini? A: Mulailah dengan membersihkan dan mengupas udang. Kemudian rebus udang dalam air panas selama beberapa menit hingga berubah warna menjadi merah muda. Selanjutnya panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, lalu masukkan udang dan buncis yang sudah direbus. Tumis hingga udang matang dan kacang empuk-renyah.

Q: Apa bumbu atau rasa utama dari hidangan ini? A: Bumbu utama tumis kacang udang adalah saus tiram, kecap asin, garam, dan sedikit gula. Bahan-bahan tersebut akan menambah rasa gurih, umami, dan sedikit manis pada masakan.

Q: Bisakah saya menyesuaikan tingkat kepedasan masakan ini? A: Ya, Anda bisa mengatur tingkat kepedasan dengan menambahkan atau mengurangi jumlah cabai merah pada masakan. Untuk versi yang lebih ringan, Anda bisa membuang biji cabainya atau mengurangi jumlah yang digunakan. Jika ingin rasa yang lebih pedas, Anda bisa menambah jumlah cabai yang digunakan.

Q: Bagaimana cara menyajikan tumis kacang udang? A: Setelah hidangan matang, Anda bisa memindahkannya ke piring saji dan hiasi dengan daun ketumbar atau daun bawang cincang segar untuk menambah warna dan kesegaran. Biasanya disajikan dengan nasi putih kukus sebagai hidangan utama dalam sebuah hidangan.

Baca Juga :  Resep Kue Oatmeal Pisang Banyak Disukai Dan Populer

Referensi : 

1.   Tumis Buncis Udang – Royco.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.royco.co.id/r/tumis-buncis-udang.html/230939 

2.   Resep Tumis Udang Buncis yang Lezat Ekonomis.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

3.   Tumis Buncis Udang Saos Tiram Kilat.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com 

4.   Resep Tumis Buncis Udang: Kreasi Menu Sayuran Favorit ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.halokreatif.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan