Lompat ke konten
Home » Resep » Inspirasi » Tips Membuat Nastar Sempurna: Dari Pemilihan Bahan Hingga Penyimpanannya

Tips Membuat Nastar Sempurna: Dari Pemilihan Bahan Hingga Penyimpanannya

Tips Membuat Nastar Sempurna (1)

Tips Membuat Nastar Sempurna

Nastar merupakan salah satu kue kering yang sangat populer di Indonesia, terutama saat musim liburan seperti Natal dan Imlek. Kue ini memiliki bentuk bulat kecil dengan isian selai nanas yang manis dan renyah di bagian luar. Namun, tidak semua orang dapat membuat nastar yang sempurna. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhirnya, seperti pemilihan bahan yang tepat, teknik pembuatan yang benar, dan cara penyimpanannya. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips dan trik untuk membuat nastar sempurna yang dapat Anda terapkan di rumah.

Pemilihan Bahan yang Tepat

Langkah pertama dalam membuat nastar yang sempurna adalah memilih bahan-bahan yang berkualitas. Bahan yang berkualitas akan mempengaruhi rasa dan tekstur nastar yang Anda buat. Berikut adalah beberapa bahan yang perlu Anda perhatikan saat membuat nastar:

Tepung Terigu

Tepung terigu adalah bahan utama dalam membuat nastar. Pilihlah tepung terigu yang tinggi protein dengan kualitas yang baik. Tepung terigu yang memiliki kandungan protein tinggi akan membuat nastar Anda lebih kenyal dan renyah. Selain itu, pilih tepung terigu yang sudah diayak agar lebih halus dan tidak menggumpal saat diaduk dengan bahan lainnya.

Margarin

Margarin merupakan bahan yang memberikan lemak pada nastar dan membuatnya lebih renyah. Pilihlah margarin yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, minimal 80%. Jika memungkinkan, gunakan margarin tanpa garam agar nastar tidak terlalu asin.

Gula Halus

Gula halus merupakan bahan yang penting dalam membuat nastar yang manis. Pilihlah gula halus yang berkualitas agar tidak menggumpal saat diaduk dengan adonan. Selain itu, gula halus yang berkualitas juga akan memberikan warna yang lebih putih dan tekstur yang lebih lembut pada nastar.

Baca Juga :  Tips Jitu Membuat Masakan Lebaran Khas Sumatera yang Lezat dan Sehat

Selai Nanas

Selai nanas adalah isi utama dari nastar. Pilihlah selai nanas yang berkualitas tinggi dan bebas pengawet. Anda juga dapat membuat selai nanas sendiri dengan menggunakan buah nanas segar untuk mendapatkan rasa yang lebih segar dan alami.

Teknik Pembuatan yang Benar

Setelah memilih bahan yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengikuti teknik pembuatan yang benar. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat nastar yang sempurna:

Penggunaan Alat Bantu

Anda dapat menggunakan alat bantu seperti mixer atau food processor untuk memudahkan proses pengadukan dan menghasilkan adonan yang lebih homogen. Namun, jika Anda tidak memiliki alat tersebut, Anda juga dapat mengaduk adonan dengan tangan, namun pastikan untuk menguleni adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan.

Penambahan Tepung Terigu Secara Bertahap

Tambahkan tepung terigu secara bertahap ke dalam adonan, jangan langsung menuangkan seluruhnya. Hal ini akan membuat adonan lebih mudah diaduk dan mencegahnya menjadi terlalu kering.

Jangan Terlalu Banyak Menguleni Adonan

Ketika menguleni adonan, jangan terlalu banyak menguleni adonan. Hal ini akan membuat adonan menjadi terlalu lembek dan menyerap banyak tepung, sehingga dapat menghasilkan nastar yang keras dan kurang renyah.

Gunakan Gelas Ukur untuk Mengukur Ukuran yang Sama

Untuk menghasilkan nastar yang berukuran sama, gunakan gelas ukur untuk membagi adonan menjadi bagiannya yang sama. Ini akan membantu Anda menghasilkan nastar yang seragam dan rapi.

Cara Penyimpanan yang Tepat

Setelah nastar selesai dibuat, cara penyimpanannya juga dapat mempengaruhi kualitas dan daya tahan nastar. Berikut adalah tips untuk menyimpan nastar yang baik:

Baca Juga :  Bekal Anak Sekolah yang Mengenyangkan dan Tahan Lama

Menyimpan di Wadah yang Tertutup Rapat

Simpan nastar di wadah yang tertutup rapat setelah dibiarkan dingin selama 30 menit hingga 1 jam. Hal ini akan membuat nastar menjadi lebih renyah dan menghindari terkontaminasi oleh udara luar.

Simpan di Tempat yang Sejuk dan Kering

Simpan nastar di tempat yang sejuk dan kering seperti di dalam lemari es atau lemari kue. Hindari menyimpannya di tempat yang lembap atau terkena sinar matahari langsung, karena dapat membuat nastar menjadi lembek dan bahkan berjamur.

Gunakan Kertas Roti saat Menyimpannya

Sebelum menyimpan nastar di dalam wadah, alasi wadah dengan kertas roti. Hal ini akan membantu menjaga kelembaban nastar dan mencegahnya menempel di wadah.

Simpan dalam Waktu yang Tepat

Nastar paling baik dikonsumsi dalam waktu 1-2 minggu setelah dibuat. Jika Anda ingin menyimpannya lebih lama, Anda dapat membekukannya terlebih dahulu sebelum menyimpannya di dalam lemari es. Tetapi pastikan untuk menghangatkannya sebelum disajikan.

Kesimpulan

Membuat nastar yang sempurna memang membutuhkan sedikit usaha dan ketelitian dalam memilih bahan, mengikuti teknik yang benar, dan cara penyimpanannya yang tepat. Namun, dengan menerapkan tips dan trik yang kami bagikan di atas, Anda dapat membuat nastar yang enak, renyah, dan tahan lama. Selamat mencoba!

FAQ

1. Mengapa nastar saya tidak mengembang saat dipanggang?

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adonan yang terlalu kering atau margarin yang tidak cukup lembut. Pastikan untuk mengukur tepung terigu secara akurat dan membawa margarin ke suhu ruangan sebelum menggunakannya.

2. Mengapa nastar saya terlalu keras?

Terlalu banyak menguleni adonan dan menyimpannya di tempat yang lembap dapat membuat nastar menjadi keras. Selain itu, pastikan untuk menggunakan tepung terigu yang berkualitas dan margarin dengan kandungan lemak yang cukup.

Baca Juga :  Mengintip Kisah di Balik Kue Kering Lebaran yang Selalu Diburu di Pasar Tradisional

3. Mengapa nastar saya berjamur?

Nastar yang disimpan di tempat yang lembap atau terkena sinar matahari langsung dapat berjamur. Jika Anda ingin menyimpannya lebih lama, pastikan untuk membekukannya terlebih dahulu sebelum menyimpannya di dalam lemari es.

4. Apakah selai nanas harus dihangatkan terlebih dahulu sebelum digunakan?

Tidak, selai nanas dapat digunakan dalam keadaan dingin. Namun, pastikan untuk mengaduknya terlebih dahulu sebelum menggunakannya agar teksturnya lebih lembut dan mudah diaplikasikan pada nastar.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan