Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Membuat Chia Seed Pudding, kandungan nutrisi yang tinggi baik untuk kesehatan

Resep Membuat Chia Seed Pudding, kandungan nutrisi yang tinggi baik untuk kesehatan

Resep Membuat Chia Seed Pudding, kandungan nutrisi yang tinggi baik untuk kesehatan

Resep Membuat Chia Seed Pudding, kandungan nutrisi yang tinggi baik untuk kesehatan

Recipe By siti
Course: Chia Seed Pudding Cusine:eropa Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. biji chia

  2. susu

  3. madu

  4. maple syrup

  5. ekstrak vanila

  6. potongan buah-buahan segar

  7. kacang-kacangan

DIRECTION

  1. Langkah Pembuatan Chia Seed Pudding

    Campurkan biji chia dan susu dalam sebuah mangkuk dengan perbandingan 1:4, aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan.<br>

  2. Tambahkan

    Tambahkan pemanis alami seperti madu atau maple syrup sesuai selera, kemudian tambahkan ekstrak vanila.<br>

  3. Tutup mangkuk

    Tutup mangkuk dengan plastik wrap dan simpan dalam lemari es minimal 4 jam atau semalaman hingga tekstur menjadi kental seperti pudding.<br>

  4. Saat akan disajikan

    Saat akan disajikan, tambahkan potongan buah-buahan segar atau kacang-kacangan sebagai topping.

NOTES

    <a href="https://www.topwisata.info/2024/04/resep-membuat-chia-seed-pudding-ini-video-lengkapnya.html">Lihat video membuatnya</a>

Chia Seed Pudding merupakan salah satu makanan yang sedang populer belakangan ini karena kandungan nutrisi yang tinggi serta khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Puding yang terbuat dari biji chia ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta bisa diolah dengan berbagai variasi rasa sesuai selera. Dengan mudahnya cara membuatnya, Chia Seed Pudding bisa menjadi pilihan menu sarapan atau camilan yang sehat dan lezat. Nah, berikut ini adalah resep sederhana untuk membuat Chia Seed Pudding yang enak dan bergizi.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan Chia Seed Pudding, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan utama yang tidak boleh terlewatkan adalah biji chia dan susu (bisa susu almond, susu kedelai, atau susu sapi sesuai selera). Selain itu, Anda juga bisa menambahkan pemanis alami seperti madu atau maple syrup, serta ekstrak vanila untuk memberikan aroma yang sedap. Jangan lupa untuk menyiapkan topping seperti potongan buah-buahan segar atau kacang-kacangan yang akan menambah cita rasa dan tekstur pada Chia Seed Pudding Anda.

Baca Juga :  Resep Yeong Gye Baeksuk (Sup Ayam Jiwa)

Langkah Pembuatan Chia Seed Pudding

  1. Campurkan biji chia dan susu dalam sebuah mangkuk dengan perbandingan 1:4, aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan.
  2. Tambahkan pemanis alami seperti madu atau maple syrup sesuai selera, kemudian tambahkan ekstrak vanila.
  3. Tutup mangkuk dengan plastik wrap dan simpan dalam lemari es minimal 4 jam atau semalaman hingga tekstur menjadi kental seperti pudding.
  4. Saat akan disajikan, tambahkan potongan buah-buahan segar atau kacang-kacangan sebagai topping.

Variasi Rasa Chia Seed Pudding

Salah satu kelebihan dari Chia Seed Pudding adalah kemampuannya untuk divariasikan dalam berbagai rasa sesuai selera Anda. Anda bisa menambahkan bubuk matcha untuk rasa yang segar dan beraroma, atau kakao bubuk untuk rasa cokelat yang lezat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan pasta buah seperti stroberi atau mangga untuk rasa yang lebih alami dan segar. Percobaan dengan berbagai macam bahan dan rasa akan membuat Chia Seed Pudding Anda semakin menarik dan lezat.

Manfaat Kesehatan Chia Seed Pudding

Chia Seed Pudding mengandung banyak serat dan antioksidan yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Biji chia juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan mengurangi risiko peradangan dalam tubuh. Selain itu, Chia Seed Pudding rendah kalori namun tinggi nutrisi, sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet sehat. Dengan mengonsumsi Chia Seed Pudding secara teratur, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa dari makanan ini.

Baca Juga :  Gurih Berempah, Resep Mudah Lele Bumbu Kuning

Tips Penyajian Chia Seed Pudding

Untuk hasil terbaik, Anda bisa menyajikan Chia Seed Pudding dalam porsi kecil sebagai camilan sehat di tengah hari atau sebagai menu penutup setelah makan malam. Anda juga bisa menambahkan granola atau biji-bijian panggang sebagai topping untuk memberikan tekstur renyah pada puding. Jangan lupa untuk selalu menyajikan Chia Seed Pudding dalam keadaan dingin agar lebih segar dan nikmat. Dengan sedikit kreativitas dalam penyajian, Chia Seed Pudding bisa menjadi hidangan favorit bagi keluarga Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Chia Seed Pudding aman dikonsumsi setiap hari?

Ya, Chia Seed Pudding aman dikonsumsi setiap hari karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, konsumsilah dalam porsi yang sesuai dan jangan berlebihan.

2. Bisakah Chia Seed Pudding disimpan dalam lemari es untuk beberapa hari?

Ya, Chia Seed Pudding bisa disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk menutup rapat wadah penyimpanan agar teksturnya tetap lembut dan kenyal.

3. Bisakah susu diganti dengan air untuk membuat Chia Seed Pudding?

Ya, susu bisa diganti dengan air untuk membuat Chia Seed Pudding. Namun, susu memberikan rasa yang lebih kaya dan tekstur yang lebih lembut pada puding.

Baca Juga :  Cara Membuat Resep Ayam Kecap Pedas Bagi Pemula

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat Chia Seed Pudding?

Proses pembuatan Chia Seed Pudding sangat mudah dan cepat, hanya memerlukan waktu kurang lebih 5-10 menit untuk persiapan, dan 4 jam atau semalaman untuk proses pengembangan tekstur puding.

Dengan mengikuti resep sederhana di atas, Anda dapat membuat Chia Seed Pudding sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan serta manfaat kesehatan dari puding yang satu ini!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan