Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Ayam Panggang Madu, cita rasa Manis dan gurih dari ayam panggang

Resep Ayam Panggang Madu, cita rasa Manis dan gurih dari ayam panggang

Ayam Panggang Madu

Resep Ayam Panggang Madu, cita rasa Manis dan gurih dari ayam panggang

Recipe By siti
Course: Ayam Panggang Madu Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. ayam

  2. madu

  3. saus tiram

  4. kecap manis

  5. bawang putih

  6. garam

  7. merica

  8. minyak zaitun

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat ayam panggang madu adalah membersihkan ayam dan memotongnya sesuai dengan porsi yang diinginkan

  2. Langkah 2

    Selanjutnya, campurkan semua bahan marinasi seperti madu, saus tiram, kecap manis, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, dan merica

  3. Langkah 3

    Lumuri ayam dengan campuran marinasi tersebut dan diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap dengan baik

  4. Langkah 4

    Setelah itu, panggang ayam dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya hingga matang dan berwarna keemasan

  5. Langkah 5

    Anda juga dapat memanggang ayam di atas panggangan arang untuk memberikan aroma yang lebih gurih pada hidangan ini.

NOTES

    Agar ayam panggang madu yang Anda buat memiliki rasa yang sempurna, pastikan untuk memilih ayam yang segar dan berkualitas baik. Selain itu, jangan terlalu lama dalam memanggang ayam agar daging ayam tetap juicy dan tidak kering. Anda juga dapat menambahkan potongan sayuran seperti kentang, wortel, atau bawang bombay di sekitar ayam saat memanggang untuk hidangan yang lebih sehat dan bergizi. Selalu cicipi masakan Anda saat proses memasak agar Anda dapat menyesuaikan bumbu sesuai dengan selera Anda.

Ayam panggang madu merupakan salah satu hidangan yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Rasa manis dari madu yang disatukan dengan cita rasa gurih dari ayam panggang, menjadikan hidangan ini sangat lezat dan menggugah selera. Selain itu, ayam panggang madu juga mudah untuk disiapkan di rumah, sehingga Anda dapat mencoba resep ini kapan pun Anda inginkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep ayam panggang madu yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Cara Membuat dan Resep Wedang Kacang Tanah

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat ayam panggang madu, Anda memerlukan bahan-bahan utama seperti ayam, madu, saus tiram, kecap manis, bawang putih, garam, merica, dan minyak zaitun. Pastikan Anda memilih ayam yang segar untuk hasil yang terbaik. Anda juga dapat menambahkan bahan lain sesuai dengan selera Anda, seperti daun ketumbar, jahe, atau cabai untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih bervariasi pada hidangan ini.

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah pertama dalam membuat ayam panggang madu adalah membersihkan ayam dan memotongnya sesuai dengan porsi yang diinginkan. Selanjutnya, campurkan semua bahan marinasi seperti madu, saus tiram, kecap manis, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, dan merica. Lumuri ayam dengan campuran marinasi tersebut dan diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap dengan baik. Setelah itu, panggang ayam dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya hingga matang dan berwarna keemasan. Anda juga dapat memanggang ayam di atas panggangan arang untuk memberikan aroma yang lebih gurih pada hidangan ini.

Tips Memasak Ayam Panggang Madu

Agar ayam panggang madu yang Anda buat memiliki rasa yang sempurna, pastikan untuk memilih ayam yang segar dan berkualitas baik. Selain itu, jangan terlalu lama dalam memanggang ayam agar daging ayam tetap juicy dan tidak kering. Anda juga dapat menambahkan potongan sayuran seperti kentang, wortel, atau bawang bombay di sekitar ayam saat memanggang untuk hidangan yang lebih sehat dan bergizi. Selalu cicipi masakan Anda saat proses memasak agar Anda dapat menyesuaikan bumbu sesuai dengan selera Anda.

Variasi Hidangan Ayam Panggang Madu

Selain ayam utuh, Anda juga dapat menggunakan potongan ayam lainnya seperti sayap atau paha ayam untuk membuat ayam panggang madu. Anda juga dapat mencoba variasi rasa dengan menambahkan bumbu lain seperti ketumbar, jahe, atau serai untuk memberikan aroma yang berbeda pada hidangan ini. Jika Anda menyukai rasa pedas, Anda juga dapat menambahkan cabai rawit atau cabe bubuk ke dalam campuran marinasi untuk memberikan sensasi pedas yang nikmat pada ayam panggang madu Anda.

Baca Juga :  Membuat Kue Cornflakes Istimewa untuk Lebaran tahun ini

Manfaat Ayam Panggang Madu

Ayam panggang madu mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Protein diperlukan untuk membangun jaringan otot, kulit, dan rambut yang sehat. Selain itu, madu yang digunakan sebagai bahan utama dalam hidangan ini mengandung antioksidan dan memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan menggabungkan ayam dan madu dalam satu hidangan, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan dari kedua bahan tersebut dalam satu sajian yang lezat dan bergizi.

Kesimpulan

Ayam panggang madu merupakan hidangan yang lezat dan mudah untuk disiapkan di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda dapat menikmati hidangan yang gurih dan manis ini kapan pun Anda inginkan. Dengan menambahkan variasi bumbu dan bahan, Anda juga dapat menciptakan rasa yang berbeda setiap kali Anda membuat ayam panggang madu. Selamat mencoba dan nikmati sajian lezat Anda!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Dapatkah saya menggunakan madu asli untuk resep ayam panggang madu? Ya, Anda dapat menggunakan madu asli untuk resep ayam panggang madu. Madu asli akan memberikan rasa manis alami yang lebih khas pada hidangan Anda.

Apakah saya harus menggunakan ayam utuh untuk resep ini? Tidak, Anda dapat menggunakan potongan ayam lainnya seperti sayap atau paha ayam sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga :  Memasak dan Mencicipi Pedas Gurih Dangkot Ayam

Berapa lama saya harus marinasi ayam sebelum memanggangnya? Sebaiknya Anda diamkan ayam dalam marinasi minimal 30 menit agar bumbu meresap dengan baik. Namun, Anda juga dapat diamkan lebih lama untuk rasa yang lebih kuat.

Apakah saya bisa menyimpan ayam panggang madu yang sudah dimasak? Ya, Anda dapat menyimpan ayam panggang madu dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum disajikan untuk menjaga tekstur daging ayam agar tetap juicy.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info