Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Panna Cotta Buah Segar, dessert Italia yang populer di seluruh dunia

Resep Panna Cotta Buah Segar, dessert Italia yang populer di seluruh dunia

Panna Cotta Buah Segar1

Resep Panna Cotta Buah Segar, dessert Italia yang populer di seluruh dunia

Recipe By siti
Course: Panna Cotta Buah Segar Cusine:eropa Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. gelatin

  2. susu

  3. gula

  4. vanila

  5. tentu saja buah segar pilihanmu

  6. stroberi

  7. blueberry

  8. kiwi

  9. apel

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan gelatin dengan susu dan gula, lalu didihkan hingga gelatin larut sempurna

  2. Langkah 2

    Setelah itu, tambahkan vanila dan aduk merata

  3. Langkah 3

    Tuang adonan ke dalam cetakan panna cotta dan biarkan mengeras di dalam lemari es selama beberapa jam

  4. Langkah 4

    Setelah panna cotta mengeras, kamu dapat menambahkan potongan buah segar di atasnya sebelum disajikan

  5. Langkah 5

    Panna cotta buah segar siap untuk dinikmati sebagai penutup yang menyegarkan.

NOTES

    Agar panna cotta buah segar yang kamu buat memiliki tekstur yang sempurna, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak gelatin. Selain itu, pastikan juga untuk mencampurkan gelatin dengan susu dalam suhu yang tepat, jangan terlalu panas atau terlalu dingin. Jika ingin panna cotta memiliki lapisan buah segar yang cantik, tuangkan panna cotta setengah matang ke dalam cetakan, tambahkan potongan buah, lalu tuangkan sisa adonan panna cotta di atasnya. Biarkan mengeras di dalam lemari es seperti biasa.

Panna cotta adalah salah satu dessert Italia yang populer di seluruh dunia. Dessert yang lembut dan creamy ini biasanya disajikan dengan saus buah atau coulis. Salah satu variasi panna cotta yang segar dan nikmat adalah panna cotta buah segar. Gabungan antara kelembutan panna cotta dengan segarnya potongan buah akan membuat dessert ini semakin istimewa. Berikut adalah resep panna cotta buah segar yang dapat kamu coba di rumah.

Baca Juga :  Resep Rendang Daging Kurban, kaya akan rempah-rempah dan bumbu yang kuat

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat panna cotta buah segar, kamu memerlukan bahan-bahan seperti gelatin, susu, gula, vanila, dan tentu saja buah segar pilihanmu. Gelatin digunakan untuk memberikan kekentalan pada panna cotta, sementara susu dan gula akan memberikan rasa manis yang lezat. Pemakaian vanila akan memberikan aroma yang harum pada panna cotta. Buah segar seperti stroberi, blueberry, kiwi, atau apel dapat kamu gunakan sebagai topping untuk menambah kesegaran dan kelezatan pada dessert ini.

Langkah-Langkah Pembuatan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan gelatin dengan susu dan gula, lalu didihkan hingga gelatin larut sempurna. Setelah itu, tambahkan vanila dan aduk merata. Tuang adonan ke dalam cetakan panna cotta dan biarkan mengeras di dalam lemari es selama beberapa jam. Setelah panna cotta mengeras, kamu dapat menambahkan potongan buah segar di atasnya sebelum disajikan. Panna cotta buah segar siap untuk dinikmati sebagai penutup yang menyegarkan.

Tips dalam Pembuatan

Agar panna cotta buah segar yang kamu buat memiliki tekstur yang sempurna, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak gelatin. Selain itu, pastikan juga untuk mencampurkan gelatin dengan susu dalam suhu yang tepat, jangan terlalu panas atau terlalu dingin. Jika ingin panna cotta memiliki lapisan buah segar yang cantik, tuangkan panna cotta setengah matang ke dalam cetakan, tambahkan potongan buah, lalu tuangkan sisa adonan panna cotta di atasnya. Biarkan mengeras di dalam lemari es seperti biasa.

Baca Juga :  Resep Bakso Udang Pedas, Menu Makanan Berkuah Hangat di Musim Penghujan

Variasi Buah yang Dapat Digunakan

Panna cotta buah segar dapat disajikan dengan berbagai macam buah sesuai dengan selera dan musim yang ada. Selain buah stroberi, blueberry, kiwi, dan apel, kamu juga dapat menggunakan buah-buahan tropis seperti mangga, nanas, atau jeruk untuk memberikan sentuhan segar yang berbeda. Kombinasi antara warna dan rasa buah-buahan akan membuat panna cotta buah segar semakin menggugah selera.

Penyajian dan Penyimpanan

Untuk penyajian panna cotta buah segar, kamu dapat menumis dengan saus buah atau coulis sesuai dengan selera. Sajikan panna cotta dalam keadaan dingin untuk mendapatkan sensasi segar yang lebih nikmat. Jika ada sisa panna cotta, simpan di dalam lemari es dan konsumsi dalam waktu 2-3 hari untuk menjaga kesegaran dan kelezatannya.

Kesimpulan

Panna cotta buah segar adalah dessert yang lezat dan menyegarkan yang dapat kamu buat dengan mudah di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang tidak sulit, kamu dapat menciptakan dessert istimewa ini untuk dinikmati bersama keluarga dan teman. Kombinasi antara kelembutan panna cotta dan segarnya potongan buah akan membuat dessert ini menjadi favorit di setiap kesempatan.

FAQ

Berapa lama panna cotta buah segar dapat disimpan? Panna cotta buah segar dapat disimpan di dalam lemari es selama 2-3 hari untuk menjaga kesegaran dan kelezatannya.

Apakah gelatin wajib digunakan dalam pembuatan panna cotta? Gelatin digunakan untuk memberikan kekentalan pada panna cotta, namun jika kamu ingin opsi vegetarian, kamu dapat menggunakan pengganti gelatin seperti agar-agar.

Baca Juga :  Resep Sop Buntut Goreng Berikut Harus Anda Coba Masak dan Nikmati Kelezatannya

Apakah saya bisa menggunakan buah kalengan untuk panna cotta buah segar? Kamu bisa menggunakan buah kalengan sebagai topping untuk panna cotta buah segar, namun buah segar akan memberikan kesegaran dan rasa yang lebih baik.

Dapatkah saya menggunakan susu nabati sebagai pengganti susu biasa? Tentu saja, kamu dapat menggunakan susu nabati sebagai pengganti susu biasa untuk panna cotta buah segar. Pastikan untuk memilih susu nabati yang memiliki rasa yang sesuai dengan selera kamu.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info