Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Seblak Rafael, terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih

Resep Seblak Rafael, terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih

resep seblak rafael

Resep Seblak Rafael, terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih

Recipe By siti
Course: Seblak Rafael Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

400 kcal

INGREDIENTS

  1. 26 butir kerupuk mawar (atau boleh diganti kerupuk seblak biasa)

  2. Secukupnya minyak goreng panas (harus bener-bener panas ya)

  3. Secukupnya kaldu jamur

  4. Secukupnya penyedap rasa

  5. Secukupnya garam dan gula

  6. 4 siung bawang putih (aku digoreng dulu bawangnya biar ga langu)

  7. 20 buah cabai rawit hijau

  8. 5 buah cabai rawit merah (setan)

  9. 2 ruas jari kencur

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Rebus kerupuk hingga empuk, angkat dan sisihkan

  2. Langkah 2

    Haluskan semua bumbu halus (boleh diulek atau dicooper)

  3. Langkah 3

    Tambahkan kaldu jamur, garam, gula, dan penyedap, tes rasa

  4. Langkah 4

    Siram dengan minyak panas

  5. Langkah 5

    Aduk bumbu dengan kerupuk, siap disajikan

Seblak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih. Salah satu varian seblak yang banyak digemari adalah Seblak Rafael. Seblak Rafael memiliki cita rasa yang unik dan khas, membuatnya menjadi pilihan favorit banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep Seblak Rafael yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Simak baik-baik ya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat Seblak Rafael, kamu memerlukan beberapa bahan utama seperti kerupuk, bakso, mie instan, sayuran, dan bumbu-bumbu lainnya. Pastikan kamu menyiapkan bahan-bahan tersebut sebelum memulai proses memasak. Kamu juga bisa menyesuaikan jenis bahan sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing.

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat Seblak Rafael adalah menumis bumbu-bumbu hingga harum. Setelah itu, tambahkan air dan biarkan mendidih sebentar. Kemudian, masukkan kerupuk, bakso, mie instan, dan sayuran ke dalam bumbu yang sudah matang tadi. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata dan matang sempurna. Terakhir, angkat Seblak Rafael dan sajikan selagi hangat.

Tips Tambahan

Agar Seblak Rafael yang kamu buat memiliki cita rasa yang lezat, kamu bisa menambahkan bahan tambahan seperti telur, sosis, atau daging ayam sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk mencicipi dan menyesuaikan level pedas dan garam sesuai dengan preferensi masing-masing. Selain itu, pastikan kamu menggunakan api kecil saat memasak Seblak Rafael agar bahan-bahan dapat matang dengan sempurna tanpa terlalu cepat gosong.

Baca Juga :  Resep Soto Ayam Lamongan Dan Soto Ayam Betawi

Variasi Menu Seblak Rafael

Seblak Rafael memiliki beragam variasi menu yang bisa kamu coba, seperti Seblak Kuah, Seblak Basah, atau Seblak Kering. Setiap variasi memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan selera dan mood makanmu. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai bahan tambahan dan bumbu untuk menciptakan Seblak Rafael versi kamu sendiri.

Manfaat dan Kelezatan Seblak Rafael

Selain memiliki rasa yang lezat dan pedas, Seblak Rafael juga memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan dan memberikan energi ekstra bagi tubuh. Kandungan bumbu dan rempah yang terkandung dalam Seblak Rafael juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. Jadi, tidak ada salahnya untuk sesekali menikmati Seblak Rafael sebagai camilan atau hidangan utama yang menggugah selera.

Kesimpulan

Seblak Rafael adalah salah satu hidangan yang patut dicoba bagi pecinta makanan pedas dan gurih. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah pembuatan yang sederhana, kamu dapat mencoba membuat Seblak Rafael sendiri di rumah. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan Seblak Rafael bersama keluarga atau teman-teman terdekat!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info