Jumat, 16 Oktober 2020

Resep Mudah Beberuk Terong Khas Lombok yang Mantab

Tips Memilih Terong Dan Cara Mengolah Beberuk Terong Khas Lombok


Belum ke Lombok bila belum menikmati sajian Beberuk Terong. Menariknya, menu satu ini lebih sering ada di meja makan daripada Ayam Taliwang. Bahan utamanya adalah terong. Dipadukan dengan berbagai macam bumbu. Untuk membuatnya tidak terlalu sulit, berikut ini bahan yang harus disiapkan dan cara membuatnya.


Bahan Utama

  1. Terong 4 buah iris tipis
  2. Minyak goreng
  3. Sambal
  4. Perasan air jeruk
  5. 1 Butir Bawang merah iris tipis
  6. Kacang panjang 2 lenjer potong kecil-kecil

Bahan Sambal

  1. 1 Siung bawang putih
  2. Tomat
  3. Gula pasir
  4. Garam secukupnya
  5. 5 Buah cabe rawit merah
  6. Terasi bakar
  7. 8 Buah cabe merah keriting
  8. Kencur
  9. 5 Butir bawang merah

Cara Memasak

  1. Buat sambalnya terlebih dulu, dengan cara diulek atau blender, sampai halus untuk tingkat kepedasan sesuai dengan selera.
  2. Panaskan minyak, masukkan sambal yang sudah halus aduk sebentar
  3. Tambahkan air jeruk sedikit saja untuk menambah cita rasa saja.
  4. Kemudian, masukkan terong dan kacang panjang
  5. Aduk hingga rata, kemudian angkat.
  6. Sajikan menggunakan nasi putih hangat.

Untuk memilih terong berkualitas memang tidak boleh sembarangan. Jangan hanya dilihat dari bentuk luarnya saja. Karena, saat dikupas akan berbeda. Agar cita rasanya lebih nikmat, pilihlah terong yang masih muda. Kalau moms masih susah dan bingung bagaimana cara memilihnya, begini caranya.

Berat

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah beratnya. Cobalah dengan mengambilnya dan coba timbang di tangan. Rasakan beratnya, bila terasa berat bisa saja dipilih. Lihat pula bagian kulit terluarnya. Ada perbedaan mencolok saat baru panen dengan sudah lama, biasanya akan terasa kencang dan warnanya sangat cerah.

Tidak layu dan masih tampak segar. Cobalah untuk membengkokkannya, bila terasa berat maka dagingnya pun cukup padat. Jenis seperti ini bisa moms pilih. Hal ini juga bisa menandakan bahwa produk yang dipilih sudah matang dan dan tidak terlalu tua. Karena, kalau dimasak tidak terlalu nikmat.

Ukuran

Jangan tertipu dari ukuran, lebih baik pilih kecil sampai sedang, jangan terlalu besar. Cenderungnya terlalu banyak biji, dan tua hingga kalau diolah akan pahit. Setidaknya itulah tips uang bisa kami sampaikan untuk Moms. Tips ini bisa digunakan untuk berbagai menu masakan lainnya.
Disqus Comments