Jumat, 13 November 2020

Pedasnya Bikin Nambah! Resep Sambal Terong Bakar Pedas


Hidangan menu sambal terong bakar pedas yang satu ini sangat lezat, mudah, dan cepat prosesnya. Hanya butuh waktu selama 40 menit saja, Anda sudah bisa membuatnya untuk 4 porsi makan. Jadi bila saat ini Anda sedang mencari resep sambal yang lezat dan benar-benar berasa cita rasa pedasnya, maka disinilah tempatnya!

Anda bisa menemukan sambal terong bakar pedas ini di rumah makan atau di beberapa restoran Minang. Biasanya menu ini disajikan dengan potongan terong goreng, kemudian disiram menggunakan sambal balado merah. Sehingga cita rasa pedasnya terasa.

Resep Sambal Terong Bakar Pedas

Nah kali ini akan kami berikan resep sambal terong bakar pedas untuk pecinta hidangan spicy. Anda bisa memasak terongnya dengan cara dibakar di atas grill pan atau wajan panggang anti lengket seperti teflon sampai matang. Supaya cepat matang, sebaiknya iris terongnya lebih tipis. Dengan begitu, bagian luarnya tidak gosong.

Bahan-Bahan

  1. 1 sendok makan kaldu rasa ayam.
  2. 300 gram terong, belah menjadi 2 dan iris memanjang.
  3. 4 sendok makan minyak goreng.
  4. 5 lembar daun jeruk, iris tipis-tipis.
  5. 3 belimbing wuluh, parut, dan ambil airnya.

Bahan Pembuat Sambal

  1. 6 butir bawang merah.
  2. 10 cabai rawit merah.
  3. 2 buah tomat.
  4. 4 butir kemiri.

Cara Membuat Sambal Terong Bakar Pedas

  1. Panaskan minyak goreng dan masak terong sampai matang, lalu angkat. Untuk terongnya bisa dipanggang atau digoreng di atas teflon supaya tidak mengandung minyak banyak.
  2. Untuk membuat sambalnya, panaskan lagi minyak dan tumis bahan pembuat sambal sampai beraroma harum. Kemudian masukkan kaldu ayam bubuk, daun jeruk dan aduk-aduk.
  3. Setelah itu angkat, dan tuang air belimbing wuluh sambil diaduk-aduk, dan sisihkan.
  4. Untuk menyajikannya, taruh terong bakar diatas piring saji. Kemudian tuangkan sambalnya di atasnya. Maka sambal terong bakar pedas siap untuk disajikan.
Sajian menu sambal terong bakar pedas ini juga lezat disajikan dengan cara dilumat, kemudian diaduk bersama dengan sambalnya. Cita rasanya akan benar-benar pedas dan nikmat, cocok untuk pecinta selera spicy.

Disqus Comments