Lompat ke konten
Home » Membuat Es Podeng dengan Cara Praktis, Ini Resepnya

Membuat Es Podeng dengan Cara Praktis, Ini Resepnya

Es Podeng Praktis

Es podeng atau disebut dengan es puter merupakan salah satu minuman yang tak kalah populernya dibandingkan dengan es lainnya. 
Es podeng dikenal sebagai minuman khas Jakarta yang disukai oleh banyak orang. Ini disebabkan karena es podeng dapat memberikan rasa yang manis, segar dan nikmat.
Tidak heran jika hampir dari semua orang beranggapan bahwa ini adalah jenis minuman favorit bagi mereka. Namun, jika Anda penasaran dengan resep pembuatan es ini, berikut akan kami ulas tentang membuat es podeng dengan cara praktis, diantaranya meliputi :

Bahan – bahan Es Podeng

  1. Buah nanas sesuai kebutuhan
  2. Gula Pasir Secukupnya
  3. 1 lembar daun pandan
  4. 2 atau 3 Potong Kayu Manis
  5. Buah pepaya secukupnya
  6. Agar – agar rasa coklat
  7. Agar – agar Rasa Strawberry
  8. Es batu
Baca Juga :  Pindang Ayam Meranjat Khas Palembang, Rasanya Mantul

Bagaimana Membuat Es Podeng dengan Cara Praktis?

  1. Cara pertama yang perlu dilakukan untuk membuat es podeng yaitu rebus gula pasir dengan 1 batang kayu manis dan tambahkan daun pandan. Lalu tunggu rebusan tersebut hingga mendidih, kemudian sisihkan dan dinginkan
  2. Selanjutnya yaitu bersihkan buah nanas dan cincang, lalu rebus dan tunggu hingga mendidih. Jangan lupa tambahkan 1 kayu manis dan gula pasir dan jangan lupa tambahkan pewarna secukupnya. Kemudian angkat rebusan tersebut dan dinginkan.

  3. Cara ketiga yang perlu dilakukan yaitu buatlah agar – agar secara terpisah. Setelah itu, tuang agar – agar dengan air secukupnya ke dalam panci atau wajan yang sudah disiapkan. Lalu, rebus dan tunggu agar – agar sampai mendidih. Setelah selesai, angkat dan dinginkan.
  4. Mengupas buah pepaya adalah cara ke empat yang bisa Anda lakukan untuk membuat es podeng. Kemudian cuci dengan bersih dan potong sesuai selera, lalu tuangkan air rebusan kayu manis, kemudian sisihkan dan dinginkan kembali.
  5. Terakhir yaitu, letakkan beberapa bahan seperti buah pepaya, agar – agar, dan nanas pada mangkuk atau wadah. Jangan lupa tambahkan susu kental manis dan es batu di atasnya.
  6. Es podeng yang dibuat siap disajikan.
Baca Juga :  Enaknya Menikmati Es Oyen Khas Bandung, Ternyata begini Resepnya


Sponsor topwisata.info