Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Cake Coklat Kukus, Enak Meskipun Tanpa Mixer atau Oven, Ini Cara dan Resepnya

Cake Coklat Kukus, Enak Meskipun Tanpa Mixer atau Oven, Ini Cara dan Resepnya

CAKE COKLAT KUKUS TANPA MIXER DAN OVEN

Assalamualaikum sahabat Top Wisata,
Cake coklat kukus ini merupakan kudapan favorit keluarga saya di rumah. Teksturnya yang lembut dan lumer di mulut, cake ini tidak membutuhkan mixer lho untuk pembuatannya. 

Bahkan bahan – bahan yang digunakan terkategori cukup ekonomis karena hemat telur namun kelembutannya setara dengan cake yang menggunakan banyak kuning telur. 
Penasaran Kan gimana proses pembuatannya dan tentunya rasanya juga ? Anda pasti jatuh cinta setelah membuat dan memakannya !

Bahan – bahan :

  1. 90 gram salted butter
  2. 150 gram gula halus
  3. 150 ml susu full cream
  4. 2 butir telur
  5. 50 gram tepung terigu protein rendah
  6. 30 gram coklat bubuk, boleh menggunakan coklat lelehan
  7. 1/4 sdt baking powder
  8. 1/4 sdt soda kue
  9. 1/2 sdt essens vanila
Baca Juga :  Membuat Kue Pastel Kering Istimewa untuk Lebaran Spesial

Saus coklat :

  1. 80 ml susu kental manis putih
  2. 1 sdm minyak sayur atau margarin yang dilelehkan
  3. 80 ml susu cair full cream
  4. 50 gram coklat bubuk atau dapat diganti dengan coklat yang dilelehkan
  5. 1 sdm tepung maizena
  6. 3 sdm air matang

Cara membuatnya :

  1. Panaskan susu cair, salt butter dan gula hingga keseluruhan tercampur rata dan meleleh menggunakan api kecil. Jangan sampai mendidih segera matikan api kompor.
  2. Kocok lepas telur dan essens vanilla, kemudian tuang ke dalam cairan susu yang sudah dilelehkan bersamaan dengan gula dan butter (dalam kondisi hangat). Aduk rata menggunakan whisk.
  3. Campurkan terlebih dahulu tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder dan soda kue hingga rata, lalu ayak menggunakan saringan. Masukkan campuran no 2 ke dalam campuran terigu, aduk merata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang berdiameter 16 cm yang sudah aialasi sebelumnya menggunakan kertas roti dan pinggirannya di olesi dengan margarine.
  5. Panaskan kukusan sebelumnya kurang lebih 10 – 15 menit hingga benar – benar panas. Kukus adonan sekitar 30 menit hingga matang.
  6. Pembuatan saus : membuat larutan maizena dengan cara mencampurkan 1 sdm tepung maizena dengan 3 sdm air lalu diaduk hingga rata, sisihkan. Panaskan keseluruhan bahan saus kecuali larutan maizena menggunakan api kecil.
  7. Campurkan larutan maizena sambil diaduk cepat menggunakan whisk. Atur kekentalan saus sesuai selera. Angkat lalu dinginkan.
  8. Pindahkan kue dari loyang ke piring saji, siramkan saus di atas cake lalu potong sesuai selera dan sajikan. Boleh juga kue dipotong terlebih dahulu baru diberi saus cokelat (sajikan sesuai selera keluarga anda).
Baca Juga :  Resep Nastar Abon: Lezatnya Gurih dan Manisnya Rasa

Note :

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu sebelum adonan cake masuk ke kukusan. Hal ini bertujuan supaya hasil cake mengembang dengan sempurna. Jangan buka tutup kukusan saat proses pematangan karena bisa menyebabkan cake kempes (tidak mengembang sempurna) akibat perubahan suhu yang mendadak.
  2. Tepung terigu protein rendah bisa diganti dengan tepung protein sedang untuk hasil akhir cake yang lebih padat.
Cake Coklat Kukus, Enak Meskipun Tanpa Mixer atau Oven, Ini Cara dan Resepnya


Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan