Lompat ke konten
Home » Resep » Memasak Gulai Daun Singkong Spesial yang Lezat Sendiri di Rumah

Memasak Gulai Daun Singkong Spesial yang Lezat Sendiri di Rumah

Memasak+Gulai+Daun+Singkong+Spesial+yang+Lezat+Sendiri+di+Rumah[1]

Gulai Daun Singkong Spesial

Memasak resep gulai daun singkong untuk disantap makan siang, sepertinya cocok. Sayur daun singkong yang diberi bumbu gulai pasti terasa sedap dan gurih. 


Apalagi dipilih daun singkong yang masih segar tentu membuat masakan semakin lezat. Daun singkong juga mengandung gizi yang tidak bisa diremehkan. 


Sangat baik dikonsumsi mulai dari orang tua hingga anak-anak. Mungkin sudah tidak banyak rumah atau warung makan yang menjualnya. Oleh karena itu, lebih baik memasak gulai daun singkong sendiri di rumah.
Gulai daun singkong cocok dijadikan sayur dengan lauk apa saja. Untuk sayur gulai daun singkong berikut, dimasak spesial karena ada campuran daging ayam, telur, dan ikan teri. 


Jadi, Anda tak perlu menambah lauk lagi saat menyantapnya. Maka dari itu, tidak ada salahnya coba memasak gulai daun singkong di rumah. Bahan utamanya hanya daun singkong yang harganya cukup murah. Bahkan, Anda bisa memetik gratis di kebun jika menanam singkong.  


Meskipun daun singkong identik dengan sayuran harga murah, tetapi cita rasanya setelah dimasak dijamin tidak murahan. Untuk lebih jelas memasak resep gulai daun singkong spesial yang benar dan direkomendasikan, silahkan membaca uraian berikut. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Membuat Ayam Kecap Sangat Praktis Untuk Anda Coba Di Rumah

Bahan-bahan

  1. 1 ikat daun singkong segar
  2. 3 butir telur ayam
  3. 100 gram ikan teri
  4. ½ kg daging ayam
  5. Santan kental secukupnya
  6. Santan encer secukupnya
  7. ½ sendok makan garam
  8. ½ sendok makan gula pasir
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya

Bumbu-bumbu

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 cabe merah keriting
  4. 2 cm kunyit
  5. 1 cm jahe
  6. 2 butir kemiri
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 1 batang serai digeprek
  9. 1 lembar daun salam

Cara memasak gulai daun singkong

  1. Setelah semua bahan dan bumbu di atas siap, silahkan mempraktikkan langkah memasak resep gulai daun singkong sebagai berikut.
  2. Bersihkan dulu daun singkong dan iris berukuran besar. Lalu, rebus daun singkong hingga setengah matang. Ambil dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, bersihkan daging ayam dan potong beberapa bagian. Setelah itu, rebus hingga matang dan empuk. Ambil dan tiriskan.
  4. Ambil ikan teri dan bersihkan dengan air hangat. Ambil dan tiriskan.
  5. Rebus telur ayam hingga matang. Ambil dan tiriskan.
  6. Langkah berikutnya, yaitu haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan, kecuali daun jeruk, batang serai, dan daun salam.
  7. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Lalu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium wangi.
  8. Masukkan daging ayam. Aduk merata. Tambahkan daun salam, batang serai, dan daun jeruk. Aduk merata di kompor api kecil saja.
  9. Setelah itu, daun singkong semuanya dan aduk perlahan. Masukkan juga santan encer ke dalamnya dan terus aduk perlahan.
  10. Masukkan telur rebus dan ikan teri. Tambahkan garam dan gula pasir ke dalamnya.
  11. Silahkan dicicipi dulu sedikit kuahnya untuk mengoreksi rasanya. Jika rasanya masih belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk perlahan hingga mendidih.
  12. Selanjutnya, masukkan santan kental ke dalamnya. Aduk terus perlahan agar santan tidak pecah. Cicipi sekali lagi rasanya.
  13. Matikan kompor. Sayur gulai daun singkong sudah matang dan siap di plating.
  14. Ambil piring saji dan  sayur gulai daun singkong secukupnya. Lengkap dengan daun singkong, daging ayam, telur rebus, dan ikan teri. Taburi bawang goreng di atasnya. Jangan lupa disantap dengan sepiring nasi putih hangat.
Baca Juga :  Resep Kakap Goreng Saus Mangga, Sajian Berkelas Restoran yang Dimasak di Rumah
Memasak Gulai Daun Singkong Spesial yang Lezat Sendiri di Rumah

Itulah informasi resep gulai daun singkong special selengkapnya. Silakan coba dimasak sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan