Skip to main content

Resep Membuat Rempeyek Udang yang Renyah dan Gurih

Membuat Rempeyek Udang Saat makan kurang mantap apabila tidak dilengkapi dengan pelengkapnya, contohnya kerupuk. Selain kerupuk, ada juga yang memiliki rempeyek untuk pendamping makanan.  Tidak terus… Begini Ulasannya

Membuat Rempeyek Udang


Saat makan kurang mantap apabila tidak dilengkapi dengan pelengkapnya, contohnya kerupuk. Selain kerupuk, ada juga yang memiliki rempeyek untuk pendamping makanan. 

Tidak terus menerus dengan kacang, rempeyek udang juga paling enak untuk pendamping nasi dan makan. Namun banyak orang yang lebih memilih membeli rempeyek udang daripada membuat sendiri. Proses yang susah diperlukan keahlian yang menjadi kendala utama. 

Padahal, membuat rempeyek udang itu tidaklah sulit. Berikut dibawah ini merupakan resep yang gampang dan bisa dipraktekan.

Resep Rempeyek Udang

Bahan pertama yang harus anda siapkan adalah:

  1. 151 gr udang basah
  2. 126 gr tepung beras
  3. 26 gr tepung tapioka
  4. 310 ml santan
  5. 2 telur ayam
  6. 8 daun jeruk
  7. 1 sendok teh garam
  8. minyak goreng secukupnya

Bahan yang dipakai untuk bumbu halus adalah:

  1. 5 bawang putih
  2. 4 kemiri, anda sangrai
  3. 2 sendok teh ketumbar bubuk
  4. 2 kencur

Cara mengolah rempeyek udang adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama anda siapkan tempat yang cukup besar, kemudian masukkan tepung beras, tepung tapioka, telur, garam, juga santan ke dalamnya. Campur semua bahan sampai merata sampai tidak ada yang menggumpal. Biarkan sebentar.
  2. Kedua, bawang putih yang sudah dikupas, kemiri, ketumbar bubuk, dan kencur masukkan ke  food processor. Lalu anda Haluskan seluruh bahan bumbu hingga merata dan halus. Tuang  dahulu ke wadah.
  3. Tambah dengan bumbu halus ke adonan tepung. Kemudian campur dengan memakai spatula hingga merata dan tidak ada yang menggumpal. Setelah itu tambah irisan daun jeruk kemudian sisa santan didalamnya.
  4. Lalu jika sudah aduk kembali adonan hingga adonan jadi rempeyek yang sempurna. Apabila sudah anda sisihkan sebentar dan taruh wajan di kompor. Tambah cukup banyak minyak ke dalamnya lalu panaskan hingga mendidih.
  5. Jika minyak di wajan telah mendidih, satu sendok sayur adonan rempeyek dituang di bagian pinggir wajan pelan pelan. Lalu tambah udang secukupnya di rempeyek yang tadi mengeras. Lalu Siram rempeyek menggunakan minyak panas sesekali.
  6. Dengan memakai teknik menyiram menunggu sampai rempeyek terlepas dan mengambang ke wajan. Kemudian rempeyek udang digoreng sampai terasa renyah juga berubah warna menjadi coklat. Terus ambil adonan hingga habis, angkat lalu tiriskan rempeyek udang.


Sumber: idntimes.com