Skip to main content

Resep Membuat Siomay Ayam yang Enak dan Kenyal

1. Membuat Siomay Ayam Sederhana Membuat siomay mempunyai banyak macam variasi. Apabila kita mencari tahu dari daerah mana siomay tersebut berasal, darimana berasal dari negeri Tiongkok, biasanya mer… Begini Ulasannya

1. Membuat Siomay Ayam Sederhana


Membuat siomay mempunyai banyak macam variasi. Apabila kita mencari tahu dari daerah mana siomay tersebut berasal, darimana berasal dari negeri Tiongkok, biasanya mereka selalu memberikan cara membuat resep siomay dengan memakai isian daging babi. Namun karena di konsumsi di Indonesia, bahannya ditukar dengan udang bisa juga dengan daging ayam.

Makanan yang sering dijadikan bagian untuk dimsum tersebut memang menjadikan seseorang ingin memakannya lagi, apalagi jika sedang dihidangkan saat masih hangat. Sebelum kita terasa lapar karena membayangkan enaknya siomay hangat, dibawah ini adalah cara membuat siomay ayam

Resep Siomay Ayam

Bahan yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut:

  1. 1 kg daging ayam ambil bagian paha, kemudian anda cincang
  2. 1 kg udang anda kupas kemudian dicincang
  3. 6 bawang putih anda di cincang halus
  4. Kemudian Kulit pangsit basah (dibentuk bulat)
  5. 2 wortel
  6. 2 telur ayam
  7. 5 sdm maizena
  8. 4 sdm minyak wijen
  9. 2 sdm saus tiram
  10. 2 blok Maggi penyedap rasa
  11. 2 sdm gula pasir
  12. 1/2 sdt garam
  13. Air secukupnya
  14. Minyak sayur olesan

Langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut dibawah ini:

  1. Anda Cincang paha ayam dan kulitnya dimasukan ke wadah, lalu di beri.saus tiram, garam, gula pasir, minyak wijen, juga Meggie blok
  2. Kemudian selanjutnya anda Siapkan wortel yang tadi telah diparut, sisakan beberapa untuk dijadikan sebagai toping di bagian atasnya
  3. setelah itu parutan wortel dimasukkan ke dalam adonan tadi, setelah itu ditambah satu buah telur ayam, bawang putih cincang, kemudian maizena sampai semua tercampur merata
  4. Setelah itu anda Siapkan panci yang sudah dilumuri minyak sayur supaya tidak lengket, lalu siomay dimasukkan kemudian susun siomay dengan rapi. Sebelum anda tutup anda oleskan minyak sayur di siomay nya supaya tidak menempel dan kulit siomay tidak kering
  5. Lalu baru anda Kukus siomay sampai tanak, pakai tusuk gigi untuk melihat kematangan, jika sudah tidak lengket berarti sudah matang. Siomay sudah siap dihidangkan dengan sausnya


Keyword : resep siomay ayam udang

2. Resep Siomay Ayam Udang yang Satu Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan


Bagaimana cara memasak resep siomay ayam udang yang enak? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, silahkan baca artikel ini selengkapnya karena menginformasikannya kepada Anda. 

Mulai dari bahan yang dipakai, cara memasak, hingga platingnya. Dengan begitu, Anda bisa memasaknya sendiri di rumah sekaligus menyantapnya bersama seluruh anggota keluarga dan orang terdekat.

Siomay menjadi salah satu kuliner populer dan terlaris di Indonesia. Rasanya sangat familiar dengan lidah masyarakat Indonesia yang didominasi rasa gurih, pedas, dan manis. 

Biasanya, isian siomay hanya tepung terigu saja seperti yang banyak dijual di luar sana. Untuk siomay yang satu ini, isiannya dicampur dengan ayam dan udang. Dengan begitu, rasa siomaynya dijamin lebih maknyus meskipun buatan sendiri.
Lalu, bagaimana cara memasak resep siomay ayam udang yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam segar
  2. 100 gram udang segar
  3. 2 sendok makan minyak wijen
  4. 1,5 sendok makan saus tiram
  5. 100 gram bengkuang yang diparut dengan parutan keju
  6. 2 sendok makan gula pasir
  7. ½ sendok teh merica bubuk
  8. ½ sendok makan garam
  9. 4 siung bawang putih yang dihaluskan
  10. 150 gram tepung sagu
  11. Kulit pangsit atau siomay instan

Bahan saus siomay ayam udang

Belum lengkap rasanya jika makan siomay tanpa ada cocolan atau sausnya. Berikut bahan-bahannya.
  1. Cabe rawit secukupnya atau sesuai selera
  2. 2 siung bawang putih
  3. Air matang secukupnya

Cara memasak siomay ayam udang

Semua bahan di atas bisa Anda beli di supermarket atau pasar tradisional terdekat. Setelah semua bahan siap, praktikkan langkah memasak resep siomay ayam udang berikut.
Pertama, bersihkan daging ayam dan cincang halus. Sisihkan.
Begitu juga dengan udang. Bersihkan dan cincang halus udang. Sisihkan.
Ambil wadah dan masukkan semua bahan lainnya satu per satu ke dalamnya. Campur dengan tangan hingga merata. Anda bisa menggunakan sarung tangan plastik terlebih dulu sebelum mencampur adonan siomay agar lebih higienis.
Setelah itu, masukkan cincangan daging ayam dan udang ke dalam wadah. Campur terus hingga merata.
Tutup dan biarkan beberapa saat adonan siomay ayam udang tersebut.
Ambil kulit pangsit atau siomay. Masukkan adonan siomay secukupnya di atas kulit. Lalu, lipat kulit pangsit mengerucut atau sesuai selera Anda.
Habiskan semua adonan siomay dengan membungkus semuanya ke dalam kulit pangsit.
Setelah itu, kukus semua siomay ayam udang sekitar 30 menit di api kecil.
Setelah dikukus, siomay ayam udang sudah matang dan siap di plating.
Anda juga harus membuat saus untuk cocolan siomay ayam udang tersebut. Caranya sangat mudah. Rendam cabe rawit dan bawang putih beberapa saat hingga empuk. Angkat dan tiriskan.
Lalu, haluskan cabe rawit dan bawang putih. Tambah sedikit air matang dan aduk merata. Sudah jadi saus cocolannya.
Siapkan piring saji. Ambil beberapa siomay ayam udang yang sudah dikukus. Lengkapi dengan saus cocolannya. Silakan untuk dicicipi terlebih dulu.
Anda juga bisa menggoreng sebentar siomay ayam udang untuk menginginkan siomay yang kulitnya renyah sekaligus isiannya lebih matang.

Itulah cara memasak resep siomay ayam udang yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.