Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Sambal Tumpang Koyor Khas Salatiga yang Maknyus

Sambal Tumpang Koyor Khas Salatiga yang Maknyus

Sambal Tumpang Koyor (2)

Resep sambal tumpang koyor

Sambal tumpang koyor menjadi masakan khas Kota Salatiga, Jawa Tengah yang biasa disantap saat sarapan pagi. Masyarakat disana sudah umum menyantap menu kuliner tersebut untuk sarapan.

Seperti halnya, tiap daerah yang biasanya mempunyai menu sarapan khas masing-masing.

Masakan sambal tumpang menggunakan tempe semangit yang memiliki citarasa tersendiri. Tempe semangit adalah tempe yang hampir busuk karena masa fermentasinya sudah lebih dari 48 jam atau sekitar dua hari.

Warna tempenya kecoklatan, teksturnya agak lembek, dan baunya cukup menyangat serta beraroma khas. Anda dapat membeli tempe semangit di pasar tradisional.

Jika tak ada, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menyimpan tempe baru ke dalam sebuah wadah yang kedap udara selama dua hari.

Adapun koyor adalah urat sapi yang direbus dalam jangka waktu cukup lama, sehingga lebih empuk. Selanjutnya, koyor akan dimasak dan dicampurkan dalam sayur sambal tumpang menjadi sajikan kuliner yang menggugah selera. Dijamin rasanya lezat. Citarasa masakan khas Jawa yang sangat kental.

Anda sekalian juga bisa memasak sambal tumpang koyor di rumah. Namun sebelumnya, silahkan membaca bahan, bumbu, serta cara memasaknya yang direkomendasikan berikut.

Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Crispy Enak Dan Gurih

Bahan-bahan

  1. 400 gram koyor sapi
  2. 1 papan tempe semangit yang sudah dikukus dan diuleg kasar
  3. 100 ml santan kelapa
  4. 800 ml air matang
  5. 3 lembar daun salam
  6. 6 lembar daun jeruk
  7. 2 cm lengkuas digeprek
  8. 1 buah jeruk purut diambil kulitnya saja
  9. 2 sendok teh garam
  10. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  11. 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 cm kencur
  4. 3 butir kemiri
  5. 5 buah cabai merah
  6. 4 buah cabai merah besar
  7. 5 buah cabai rawit merah

Catatan : semua bumbu iatas perlu dikukus dulu sebentar sebelum dihaluskan agar aromanya semakin keluar.

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak sambal tumpang koyor dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu koyor sapi di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus koyor sekitar 60 menit atau hingga matang dan empuk. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Potong koyor ukuran sedang.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, masukkan bumbu halus dan tumis hingga harus. Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Tumis terus hingga layu.
  3. Tambahkan koyor sapi ke dalamnya dan masak hingga berubah warna. Setelah itu, masukkan air matang dan masak terus hingga mendidih.
  4. Masukkan tempe semangit ke dalam wajan. Tambahkan garam dan gula Jawa. Lalu, kecilkan api kompor dan aduk perlahan.
  5. Masukkan santan kelapa dan terus aduk. Jangan lupa memasukkan kulit jeruk purut untuk menambah aromatik pada masakannya.
  6. Masak hingga mendidih. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakan. Jika kurang asin, Anda bisa menambahkan garam secukupnya dan aduk merata lagi. Matikan kompor dan masakan sudah siap.
  7. Siapkan mangkuk saji berukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan sambal tumpang beserta koyor sapinya ke mangkuk. Beri bawang goreng secukupnya jika ada. Akhirnya, Anda bisa mencicipi rasa masakannya. Siapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Sate Matang Khas Aceh, Sajian Mantap yang Bumbu Rempahnya Kuat Membuat Air Liur Menetes

Itulah resep sambal tumpang koyor selengkapnya yang bisa Anda coba masak sendiri di rumah. Terutama Anda yang penasaran dengan rasa masakannya silahkan segera mempraktikkannya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan