Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Kwetiau Goreng Spesial yang Mudah Dimasak? Baca Resepnya

Kwetiau Goreng Spesial yang Mudah Dimasak? Baca Resepnya

Kwetiau Goreng Spesial (1)

Resep kwetiau goreng

Resep kwetiau goreng yang enak dan sedap pasti banyak orang menyukainya. Mereka ingin menyantapnya hingga habis karena rasanya benar-benar menggugah selera.

Secara umum, masakan kwetiau bisa dibedakan menjadi basah dan kering. Kwetiau basah tentu saja dimasak dengan direbus dan berkuah. Sementara itu, kwetiau kering dimasak dengan digoreng. Keduanya sama-sama enak asalkan dimasak dengan bahan, bumbu serta cara memasaknya benar.

Anda mungkin hanya bisa membeli kwetiau goreng di warung tenda pinggiran jalan. Rasanya memang enak dengan harga yang terjangkau di kantong.

Namun sekarang, Anda bisa memasaknya sendiri di rumah tanpa perlu membeli atau memesannya di luar. Dengan begitu, Anda bisa memasak dengan porsi lebih untuk disantap bersama seluruh anggota keluarga dan orang tercinta.

Lalu, bagaimana resep kwetiau goreng selengkapnya? Silahkan membaca uraian di bawah ini hingga tuntas.

Bahan-bahan

  1. 150 gram kwetiau kering
  2. 5 buah bakso dibelah dua
  3. 10 udang segar ukuran sedang
  4. ½ ikat sawi hijau dipotong-potong
  5. 1 helai daun bawang dipotong kecil
  6. 2 butir telur ayam dikocok
  7. 2 sendok makan kecap manis
  8. 1 sendok makan saus tiram
  9. ½ sendok teh lada bubuk
  10. ½ sendok teh garam
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Air matang secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Dendeng Balado, salah satu hidangan khas Indonesia

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera

Cara memasak kwetiau goreng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera memasak resep kwetiau goreng dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Rendam kwetiau kering dengan air panas hingga mengembang dan lunak. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, bersihkan udang di bawah air mengalir. Buang bagian kepala, cangkang, dan kotorannya. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, masukkan kocokan telur ke dalamnya. Masak dengan mengorak-arik telur. Setelah itu, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak hingga tercampur dengan telur dan baunya harum.
  4. Lalu, tambahkan kwetiau yang sudah disiapkan. Aduk merata. Masukkan udang dan bakso ke dalam wajan. Aduk terus merata.
  5. Bumbui dengan kecap manis, saus tiram, garam, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk hingga tercampur merata. Masukkan juga sawi hijau yang sudah dipotong-potong. Tambahkan sedikit air dan kecilkan api kompor. Aduk merata hingga matang.
  6. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasa. Jika rasanya masih kurang mantap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan juga daun bawang ke dalamnya, lalu aduk lagi sebentar. Matikan kompor dan kwetiau goreng sudah matang, siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan kwetiau goreng yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng jika ada. Anda bisa menyantap kwetiau goreng tersebut dengan nasi putih hangat secukupnya.
Baca Juga :  Resep Nasi Bakar Ayam Suwir, cocok untuk makan malam

Itulah resep kwetiau goreng yang bisa Anda masak sendiri di rumah. Cukup mudah, bukan? Jadi, Anda tak perlu membelinya lagi di luar saat ingin menyantapnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan