Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Tahu Resep Ayam Pop Khas Padang yang Lezat?

Mau Tahu Resep Ayam Pop Khas Padang yang Lezat?

Ayam Pop Khas Padang (1)

Resep ayam pop

Resep ayam pop juga bisa Anda coba masak di rumah. Biasanya, menu ayam pop hanya bisa dibeli atau dipesan dari rumah makan Padang karena kuliner ini memang berasal dari sana.

Ciri khas dari ayam pop, yaitu warna daging ayamnya yang putih dan empuk. Anda mungkin masih bertanya-tanya bagaimana daging ayam tersebut bisa putih seperti itu.

Tentu saja bukan memakai pewarna. Namun, proses perebusan daging ayamnya menggunakan air kelapa muda. Ditambah beberapa rempah khas Nusantara, sehingga rasanya benar-benar menggugah selera.

Masakan Padang identik dengan rasanya yang pedas. Maka dari itu, ayam pop khas Padang juga belum lengkap tanpa kehadiran sambal sebagai pelengkapnya.

Lebih cocok lagi disantap dengan nasi putih hangat untuk makan siang. Anda yang ingin mengetahui cara memasak resep ayam pop yang direkomendasikan silahkan membaca uraian berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 250 gram ayam kampung segar
  2. 3 gelas air kelapa muda untuk mengungkep ayam
  3. Minyak goreng secukupnya

Bumbu ungkep yang dihaluskan

  1. 3 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 buah kemiri
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 2 cm jahe
  6. 2 cm lengkuas
  7. 3 lembar daun jeruk purut
  8. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Resep Ayam Betutu Khas Bali yang Benar-Benar Autentik untuk Dicoba di Rumah

Bahan untuk sambal

  1. 5 siung bawang merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 1 buah tomat merah
  6. ½ sendok teh garam
  7. Minyak goreng goreng secukupnya untuk menumis

Cara memasak ayam pop

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam pop dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir, lalu potong menjadi 4 bagian. Siapkan panci, lalu masukkan potongan ayam ke dalamnya. Setelah itu, masukkan bumbu ungkep yang sudah dihaluskan ke dalam panci, kecuali batang serai.
  2. Selanjutnya, masukkan air kelapa muda, batang serai, dan garam. Aduk sebentar, lalu rebus sekitar 30 menit. Jangan lupa panci ditutup agar uap panasnya tidak keluar, sehingga daging ayam bisa lebih empuk. Setelah direbus, matikan kompor dan diamkan sekitar 30 menit dengan panci tetap ditutup.
  3. Pastikan daging ayam sudah empuk. Jika masih belum empuk, Anda bisa menambahkan air matang secukupnya dan merebusnya lagi. Tekstur daging ayam kampung memang lebih keras, sehingga memasaknya memang perlu lebih lama agar rasanya empuk.
  4. Setelah didiamkan sekitar 30 menit, angkat dan tiriskan ayam. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan satu per satu ayamnya. Goreng sebentar saja sekitar 1 – 2 menit untuk mempertahankan warna putihnya. Angkat dan tiriskan.
  5. Langkah berikutnya, yaitu membuat sambal. Caranya, rebus semua bahan untuk sambal sekitar 2 – 3 menit. Angkat dan tiriskan. Siapkan cobek, lalu uleg semua bahan sambal hingga halus. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis sambal dan beri garam. Aduk merata lalu matikan kompor.
  6. Siapkan piring saji untuk plating ayam pop. Letakkan ayam pop yang sudah matang diatas piring. Siapkan juga mangkuk kecil untuk wadah sambal. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantap masakan tersebut.
Baca Juga :  Resep Sop Daging, Rasanya yang gurih, hangat, dan lezat

Akhirnya, resep ayam pop sudah matang dan siap disantap. Sekarang, Anda pun bisa memasak ayam pop khas Padang yang rasanya lezat. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan