Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Ayam Pop Padang, kuliner khas dari Sumatera Barat

Resep Ayam Pop Padang, kuliner khas dari Sumatera Barat

resep ayam pop padang

Resep Ayam Pop Padang, kuliner khas dari Sumatera Barat

Recipe By siti
Course: resep ayam pop padang Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. ayam

  2. bawang merah

  3. bawang putih

  4. cabai merah besar

  5. cabai rawit

  6. jahe

  7. lengkuas

  8. kunyit

  9. ketumbar

  10. merica

  11. garam

  12. gula

  13. santan

  14. daun jeruk

  15. minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam memasak Ayam Pop Padang adalah menyiapkan bumbu yang akan digunakan

  2. Langkah 2

    Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan merica hingga harum

  3. Langkah 3

    Kemudian, tambahkan potongan ayam dan aduk hingga ayam berubah warna.

  4. Langkah 4

    Setelah itu, tambahkan santan, daun jeruk, garam, gula, dan air secukupnya

  5. Langkah 5

    Masak ayam dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental

  6. Langkah 6

    Pastikan untuk terus diaduk agar bumbu merata dan tidak gosong

NOTES

    Ayam Pop Padang mengandung protein tinggi dari daging ayam, serta kandungan rempah-rempah yang kaya akan antioksidan. Hidangan ini juga mengandung lemak sehat dari santan yang baik untuk kesehatan jantung. Namun, konsumsilah dengan jumlah yang moderat untuk menjaga keseimbangan nutrisi harian Anda.

Ayam Pop Padang merupakan salah satu kuliner khas dari Sumatera Barat yang terkenal dengan cita rasa pedas dan gurihnya. Hidangan ini terbuat dari potongan ayam yang dimasak dengan bumbu rempah khas Padang, sehingga menghasilkan rasa yang nikmat dan menggugah selera. Bagi pecinta kuliner pedas, Ayam Pop Padang menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati. Berikut ini adalah resep Ayam Pop Padang yang dapat Anda coba buat di rumah.

Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Sambal Ikan Bandeng untuk Lauk Makan Siang Hari Ini

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat Ayam Pop Padang, Anda memerlukan bahan-bahan seperti ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, merica, garam, gula, santan, daun jeruk, dan minyak goreng. Pastikan bahan-bahan yang digunakan segar dan berkualitas untuk menghasilkan masakan yang lezat.

Langkah-langkah Memasak

Langkah pertama dalam memasak Ayam Pop Padang adalah menyiapkan bumbu yang akan digunakan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan merica hingga harum. Kemudian, tambahkan potongan ayam dan aduk hingga ayam berubah warna.

Setelah itu, tambahkan santan, daun jeruk, garam, gula, dan air secukupnya. Masak ayam dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Pastikan untuk terus diaduk agar bumbu merata dan tidak gosong.

Cara Penyajian

Ayam Pop Padang siap disajikan ketika kuah sudah mengental dan meresap ke dalam daging ayam. Sajikan Ayam Pop Padang hangat-hangat bersama nasi putih hangat. Anda juga dapat menambahkan irisan cabai rawit sebagai pelengkap untuk menambah sensasi pedas pada hidangan ini.

Variasi Resep

Untuk variasi rasa, Anda dapat menambahkan santan kental untuk mendapatkan tekstur kuah yang lebih kental dan gurih. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan potongan kentang dan wortel untuk menambah kelezatan hidangan Ayam Pop Padang.

Baca Juga :  Memasak Resep Steak Daging Sapi Teflon yang Mudah dan Praktis

Manfaat dan Kandungan Gizi

Ayam Pop Padang mengandung protein tinggi dari daging ayam, serta kandungan rempah-rempah yang kaya akan antioksidan. Hidangan ini juga mengandung lemak sehat dari santan yang baik untuk kesehatan jantung. Namun, konsumsilah dengan jumlah yang moderat untuk menjaga keseimbangan nutrisi harian Anda.

Kesimpulan

Ayam Pop Padang adalah hidangan yang kaya akan rempah dan cita rasa khas Padang. Dengan mengikuti resep di atas, Anda dapat mencoba membuat sendiri hidangan ini di rumah dan menikmati sensasi pedas dan gurihnya. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak Ayam Pop Padang? Waktu memasak Ayam Pop Padang sekitar 1,5 jam hingga 2 jam tergantung dari jumlah ayam yang digunakan. Pastikan untuk memasak dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna.

Apakah bisa menggunakan daging ayam tanpa tulang untuk membuat Ayam Pop Padang? Tentu saja, Anda dapat menggunakan daging ayam tanpa tulang untuk membuat Ayam Pop Padang. Namun, daging ayam dengan tulang akan memberikan rasa yang lebih gurih pada hidangan.

Bolehkah menambahkan santan instan sebagai pengganti santan kental dalam resep ini? Anda bisa menggunakan santan instan sebagai pengganti santan kental, namun rasanya mungkin sedikit berbeda. Pastikan untuk menyesuaikan jumlah santan sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga :  Bernostalgia Dengan Resep Es Podeng yang Rasanya Benar-Benar Mantap

Bagaimana cara menyimpan sisa Ayam Pop Padang dengan benar? Sisa Ayam Pop Padang dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Hangatkan kembali sebelum disajikan untuk menjaga tekstur dan cita rasa hidangan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan