Lompat ke konten
Home » Inilah Resep Sapo Ikan yang Lezat Khas Chinnese Food

Inilah Resep Sapo Ikan yang Lezat Khas Chinnese Food

Resep sapo ikan

Keyword : Resep sapo ikan

Resep sapo ikan merupakan salah satu jenis kuliner Chinnese food atau masakan China yang cukup populer di seluruh pelosok dunia.

Biasanya, masakan sapo tahu yang mulai dikenal. Rasanya yang gurih memang cocok bagi lidah masyarakat Indonesia. Masakannya seperti sup yang dipenuhi sayuran dan tambahan tahu di dalamnya.

Pada perkembangannya, dimasukkan beragam protein hewani ke dalam masakan sapo, seperti udang, ikan, telur, dan lain sebagainya.

Nah, resep yang akan diinformasikan di sini adalah sapo ikan. Bukan menggunakan potongan tahu, tetapi potongan daging ikan dori atau ikan patin.

Anda bisa mengganti jenis ikannya disesuaikan dengan selera saja. Nah, masakan sapo ikan tersebut akan diolah dengan bahan dan bumbu yang sudah disesuaikan dengan kekhasan Indonesia.

Anda yang sudah sangat penasaran ingin memasak resep sapo ikan, silakan membaca terlebih dulu informasi selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ikan dori atau ikan patin segar
  2. 1 buah wortel diiris serong dan tipis
  3. 3 lembar sawi putih dipotong
  4. 1 genggam jamur merang secukupnya
  5. 2 siung bawang putih dicincang halus
  6. ½ siung bawang bombai dipotong kotak
  7. 2 cm jahe digeprek
  8. 1 batang daun bawang diiris kecil
  9. 1 buah jeruk nipis
  10. Air matang secukupnya
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Sederhana, Udang Pedas Manis dengan Rasa Mewah

Bumbu-bumbu

  1. 1 sendok makan saus tiram
  2. 1 sendok makan kecap ikan
  3. 2 sendok makan kecap asin
  4. 1 sendok makan kecap manis
  5. ½ sendok teh gula pasir
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh merica bubuk
  8. 1 sendok teh minyak wijen
  9. 1 sendok makan larutan tepung maizena

Cara memasak sapo ikan

Setelah semua bahan resep sapo ikan di atas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu ikan dori atau ikan patin di bawah air mengalir. Lalu, potong kepala dan ekornya. Ambil bagian dagingnya saja di samping kanan dan kiri. Jangan lupa mencabuti semua durinya.
  2. Potong kotak daging ikan dori dan beri perasan jeruk nipis secukupnya. Biarkan sekitar 15 menit agar bau amisnya hilang. Setelah itu, cuci bersih lagi dan sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Lalu, tumis bawang putih dan jahe hingga tercium wangi. Masukkan irisan bawang bombai dan jamur. Aduk merata.
  4. Masukkan juga wortel dan sawi. Tambahkan semua bumbu, kecuali minyak wijen. Kecilkan api kompor dan terus aduk merata.
  5. Setelah itu, tuang air ke dalam wajan hingga menutupi tumisan. Terus aduk perlahan hingga mendidih. Masukkan potongan ikan dori ke dalamnya.
  6. Tambahkan larutan tepung maizena untuk mengentalkan kuah. Aduk terus.
  7. Silakan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa sapo ikan. Jika rasanya masih kurang pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya dan aduk lagi.
  8. Masukkan minyak wijen dan daun bawang. Aduk sebentar dan matikan kompor. Masakan sapo ikan sudah matang dan siap diplating.
  9. Siapkan piring atau mangkuk saji. Tuangkan masakan sapo ikan yang sudah matang ke dalamnya. Taburi bawang goreng, jika ada.
Baca Juga :  Bosan Menu Ayam Biasa aja, Coba deh Memasak Ayam Bumbu Rujak dengan Santan

Itulah resep sapo ikan selengkapnya yang bisa diinformasikan di sini. Silakan Anda coba memasaknya di rumah. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info