Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Ayam Geprek Jogja Lezat dan Pedas

Memasak Resep Ayam Geprek Jogja Lezat dan Pedas

Ayam Geprek Jogja (1)

Resep ayam geprek Jogja

Resep ayam geprek Jogja dimasak dengan bumbu tepung. Maksudnya, ayam digoreng tepung hingga krispy. Lalu, digeprek dengan sambal ekstra pedas yang menyengat.

Disajikan dengan nasi hangat dan pelengkap lalapan segar. Menu ayam geprek yang satu ini memberikan sensasi kriuk pada bumbu tepung yang digoreng garing.

Adapun level atau tingkat kepedasan sambalnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Sekarang, sangat mudah menemukan penjual menu ayam geprek ala Jogja semacam itu di berbagai pelosok daerah.

Selain harganya cukup terjangkau, rasanya juga disukai banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai rasa ayam gepreknya.

Anda pun bisa memasak dan membuat sendiri menu ayam geprek tersebut. Namun sebelum membuatnya, silahkan membaca resep ayam geprek Jogja selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging ayam bagian dada
  2. 1 sendok teh garam
  3. ½ sendok teh merica bubuk
  4. 1 siung bawang putih
  5. Minyak goreng secukupnya

Bahan tepung pelapis

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 1 sendok makan tepung maizena
  3. ½ sendok teh baking powder
  4. 1 sendok teh kaldu ayam bubuk

Bahan tepung pencelup

  1. 2 sendok makan bahan tepung pelapis yang sudah jadi
  2. 1 gelas besar air es
Baca Juga :  Resep Sambal Goreng Ati Sapi, Masakan Berbahan Jeroan yang Dijamin Mantap

Bahan untuk sambal

  1. 15 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 1 buah tomat merah
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 1 sendok teh gula Jawa
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat ayam geprek Jogja

Setelah semua bahan diatas sudah siap, Anda dapat segera mempraktikkan memasak resep ayam geprek Jogja dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir. Lalu, potong menjadi 2 – 3 bagian sesuai selera Anda. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih, merica, dan garam. Setelah itu, balur daging ayam dengan bumbu halus tersebut. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit hingga bumbu meresap.
  3. Langkah berikutnya adalah membuat adonan bumbu tepung. Siapkan sebuah wadah terlebih dulu. Lalu, masukkan ke dalamnya tepung terigu, maizena, kaldu bubuk, dan baking powder. Aduk merata.
  4. Siapkan wadah satu lagi. Lalu, ambil 2 sendok makan adonan tepung kering yang sudah dibuat tadi dan masukkan ke dalam wadah. Tambahkan air es dan campur merata. Adonan tersebut untuk bahan pencelup ayam.
  5. Siapkan ayam yang sudah dimarinasi tadi. Masukkan satu per satu ke dalam bahan pencelup. Setelah itu, guling-gulingkan ayam ke adonan tepung kering. Lakukan hal tersebut hingga seluruh permukaan daging ayam terlapisi tepung. Sisihkan.
  6. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng ayam tepung. Pastikan minyak goreng sudah panas. Setelah itu, masukkan satu per satu ayam tepung ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
  7. Jangan lupa membolak-balik ayam agar matangnya sempurna. Sebaiknya menggunakan api kompor sedang saja agar tidak gosong. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Ayam goreng bumbu tepung sudah matang.
  8. Langkah selanjutnya adalah membuat sambal. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga layu.
  9. Siapkan cobek lalu tuangkan tumisan diatasnya. Bumbui dengan kaldu bubuk dan gula Jawa. Setelah itu uleg kasar dan aduk merata. Letakkan ayam goreng tepung diatas sambal dan geprek hingga hancur. Aduk merata agar ayam dan sambal bercampur.
  10. Siapkan piring saji untuk plating. Beri nasi putih hangat secukupnya diatas piring. Lalu, taruh ayam geprek diatas nasi. Beri pelengkap irisan timun untuk lalapan. Ayam geprek siap disantap.
Baca Juga :  Sambal Tumpang Koyor Khas Salatiga yang Maknyus

Itulah resep ayam geprek Jogja yang mudah cara membuatnya. Silahkan Anda coba sendiri di rumah untuk menu makan siang atau malam. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan