Selasa, 10 November 2020

Tips dan Resep Rendang Daging Sapi Empuk

Rendang Daging Sapi


Resep makanan khas Indonesia memang tidak pernah gagal dalam memberikan selera makan untuk seseorang. Mulai dari rasa bahan dan bumbunya yang khas, hingga aromanya yang enak. Di seluruh Indonesia mempunyai banyak warisan resep makanan yang merupakan menu favorit keluarga, selain itu masih ada beberapa makanan yang paling populer.

Setiap daerah di Indonesia memiliki macam resep makanan khas indonesia yang kaya akan rasa. Walaupun terkadang mempunyai nama yang hampir sama, namun masing-masing daerah akan mempunyai kelebihan cita rasa yang berbeda dengan daerah lain. 

Selain sop kambing, menu khas favorite Indonesia lainnya yang tidak kalah enaknya adalah rendang daging sapi masakan yang berasal dari Padang. Rendang juga sempat dijuluki sebagai sesuatu hidangan paling lezat di dunia. 

  1. 1.5 kg daging
  2. 2 liter santan dari 2 buah kelapa tua
  3. 2 batang daun serai, memarkan
  4. 4 lembar daun jeruk purut
  5. 2 cm asam kandis atau gelugur
  6. 2 lembar daun kunyit, simpulkan

Bahan bumbu halus:

  1. 5 butir kemiri
  2. 6 siung bawang putih
  3. 100 gram cabai merah besar
  4. 12 siung bawang merah
  5. 100 gram cabai merah keriting
  6. 2 cm jahe, bakar
  7. 2 cm lengkuas
  8. 3 cm kunyit, bakar
  9. ½ sendok makan ketumbar
  10. 2 sendok teh garam
  11. ½ sendok teh pala
  12. 1 sendok teh jintan, sangrai
  13. Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, potong daging bentuk dadu atau sesuai selera. Jangan terlalu kecil agar daging tidak hancur. Jangan lupa dibersihkan sebelum dimasak. 
  2. Lalu jika sudah, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan, tumis hingga harum. Sesekali aduk selama kurang lebih hingga 5-10 menit. Tumis bumbu sudah terlihat matang dan berminyak, masukkan daging, masak menggunakan api kecil.
  3. Tuang santan yang kalian siapkan tadi ke dalm wajan besar, tambahkan serai, bawang merah yang sudah diiris, asam, dan juga daun kunyit. Aduk hingga santan mendidih tujuan mengaduk agar santan tidak pecah.
  4. Pastikan santan sudah kental dan kering juga bumbu meresap ke daging. Aduk secara perlahan agar daging tidak gosong. Setelah sudah matang dan empuk, matikan api. Rendang siap dihidangkan  dengan nasi putih.
Disqus Comments