Selasa, 10 November 2020

Resep Sop Kambing Kuah Bening Gurih dan Enak

Resep Sop Kambing


Resep makanan khas Indonesia memang tidak pernah gagal dalam memberikan selera makan untuk seseorang. Mulai dari rasa bahan dan bumbunya yang khas, hingga aromanya yang enak. Di seluruh Indonesia mempunyai banyak warisan resep makanan yang merupakan menu favorit keluarga, selain itu masih ada beberapa makanan yang paling populer.

Setiap daerah di Indonesia memiliki macam resep makanan khas indonesia yang kaya akan rasa. Walaupun terkadang mempunyai nama yang hampir sama, namun masing-masing daerah akan mempunyai kelebihan cita rasa yang berbeda dengan daerah lain. Berikut macam2 resep masakan favorite di Indonesia yang rasanya enak dan mudah dibuat:

Sop Kambing Kuah Bening

Olahan daging Kambing adalah salah satu masakan favorit di Indonesia. Asalkan cara mengolahnya tepat, olahan daging kambing misalnya sop dimana akan disenangi banyak keluarga. Namun jika anda tidak suka dengan olahan kuah santan,  Kambing juga dapat dimasak dengan kuah bening. Selain lebih lezat, rasa kuahnya akan jauh lebih gurih dan segar.
Resep Sop Kambing Kuah Bening
 

Bahan Sop Kambing:

  1. Daging kambing 500 gram 
  2. Jahe secukupnya, memarkan
  3. Air matang 1,5 liter
  4. Air 2 liter
  5. Garam secukupnya
  6. Minyak untuk menumis secukupnya

Bahan yang dihaluskan:

  1. Bawang merah 10 buah
  2. Bawang putih 5 siung
  3. Seledri secukupnya
  4. Merica butir ½ sendok teh
  5. Cengkeh 5 butir
  6. Kayumanis 5 cm
  7. Biji pala 1 butir
 

Bahan pelengkap:

  1. Daun bawang secukupnya (dipotong-potong)
  2. Tomat merah secukupnya (dipotong-potong)
  3. Emping goreng
  4. Bawang goreng

Cara membuatnya:

  1. Potong daging kambing sesuai selera. Lalu cuci bersih rebus dengan air dan masukan jahe yang sudah digeprek. 
  2. Tambah garam secukupnya. Rebus sampai daging empuk, kemudian sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. masukan cengkeh, biji pala, kayu manis. Kemudian aduk, jangan sampai bumbu menjadi hangus. Lalu bumbu matang, diangkat dan disisihkan. Masukkan bumbu halus ke dalam rebusan kaldu daging.
  4. Aduk secara merata lanjut masak hingga daging matang. Pastikan air kaldu sedikit menyusut. ketika matang, masukkan irisan daun bawang, tomat. Aduk hingga tomat dan daun bawang matang. 
  5. Sop Kambing Siap dihidangkan dengan nasi putih. Sandingkan dengan nasi hangat atau kerupuk akan lebih nikmat ya mama.
Disqus Comments