Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Soto Kare Solo yang Rasanya Mantul

Soto Kare Solo yang Rasanya Mantul

Soto Kare Solo (1)

Resep soto kare Solo

Resep soto kare Solo sangat menarik untuk dimasak dan disantap. Kuliner bersantan yang satu ini memang mempunyai ciri khas tersendiri dari warna kuahnya yang kuning bersantan.

Mirip dengan soto santan, tetapi isian dan rasanya berbeda. Soto kare khas Kota Solo ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Apalagi saat musim penghujan datang karena kuahnya yang panas dan segar mampu menghangatkan tubuh.

Protein hewani yang digunakan adalah daging ayam, baik dalam wujud potongan ataupun suwiran, tergantung selera Anda masing-masing.

Seperti soto, Anda bisa melengkapinya dengan sambal rawit, kecap manis, kerupuk, dan bawang merah goreng. Lalu, bagaimana memasak resep soto kare Solo yang direkomendasikan?

Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca hingga tuntas.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging ayam segar bagian dada atau paha
  2. 250 gram ceker ayam segar
  3. Santan dari ½ butir kelapa
  4. 3 liter air matang
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. Kaldu bubuk secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 15 siung bawang merah
  2. 8 siung bawang putih
  3. 5 buah kemiri disangrai
  4. 2 cm kunyit diakar
Baca Juga :  Bomboloni Kentang, Kreasi Sajian Kentang Enak

Bumbu yang dicemplungkan

  1. 5 lembar daun jeruk
  2. 2 cm lengkuas digeprek
  3. 3 buah batang serai digeprek

Bahan pelengkap

  1. 1 buah wortel dipotong dadu dan direbus
  2. 1 genggam touge direbus
  3. 1 helai batang seledri dipotong kecil
  4. 5 buah vabai rawit merah diseduh air panas dan diuleg kasar
  5. Bihun secukupnya diseduh air panas
  6. Krupuk emping mlinjo secukupnya (jika ada)
  7. Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak soto kare Solo

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep soto kare Solo dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging dan ceker ayam di bawah air mengalir. Potong daging ukuran sedang menjadi beberapa bagian. Siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus sekitar 30 menit, angkat dan tiriskan. Panaskan lagi 3 liter air yang sudah disiapkan dan rebus sekali lagi daging dan ceker ayam sekitar 20 menit. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan daun jeruk, daun salam dan batang serai. Tumis hingga layu.
  3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci berisi rebusan daging dan ceker ayam. Nyalakan api kompor kecil dan masak hingga mendidih dan ayam empuk. Aduk perlahan.
  4. Tambahkan santan dan terus aduk perlahan jangan sampai santan pecah. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi perlahan.
  5. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih kurang pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk lagi sebentar. Matikan kompor dan masakan sudah matang, siap dihidangkan.
  6. Siapkan mangkuk saji untuk plating. Tata di dalam mangkuk bihun, touge, dan wortel secukupnya. Lalu siram dengan kuah soto kare beserta daging ayam dan cekernya. Taruh emping diatasnya dan taburi bawang merah goreng dan seledri secukupnya. Jangan lupa melengkapinya dengan nasi putih hangat, sambal cabai rawit. Sangat cocok disantap saat masih panas.
Baca Juga :  Resep Cara Masak Geoduck atau Kerang Gajah

Itulah resep soto kare Solo selengkapnya yang bisa Anda coba memasaknya di rumah. Jangan lupa ajak seluruh keluarga tercinta dan orang terdekat untuk mencicipinya setelah matang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan