Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Soto Bebek yang Menggugah Selera, Ini Resepnya

Soto Bebek yang Menggugah Selera, Ini Resepnya

Soto Bebek (1)

Resep soto bebek

Resep soto bebek memang tidak umum karena menggunakan suwiran daging bebek. Biasanya, soto identik dengan daging ayam atau sapi.

Meskipun memakai daging bebek, tetapi bau amis atau anyirnya sudah hilang. Asalkan memasak daging bebeknya benar dan bumbu soto yang digunakan juga pilihan.

Menu soto yang berkuah memang sangat cocok disantap setiap waktu. Mulai dari sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam. Apalagi di cuaca hujan yang udaranya dingin.

Dilengkapi dengan nasi putih hangat, sambal, kecap manis, dan kerupuk. Dijamin semakin mantul saat menyantapnya.

Anda yang ingin mencicipi soto bebek tetapi tidak ada yang menjualnya di sekitar tempat tinggal, tak perlu khawatir. Silahkan memasak resep soto bebek sendiri di rumah dengan bahan, bumbu, dan caranya sebagai berikut.

Bahan-bahan

  1. 300 gram atau setengah ekor bebek segar ukuran sedang
  2. 2 sendok makan cuka
  3. 1 sendok teh garam
  4. 10 lembar daun jeruk
  5. 2 lembar daun salam
  6. 3 batang serai digeprek diambil bagian putihnya saja
  7. 2 liter air matang
  8. Minyak goreng secukupnya (untuk menumis bumbu dan menggoreng daging bebek)

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 cm jahe
  4. 4 cm kunyit dibakar dulu
  5. 1 sendok teh merica bubuk
  6. 1 sendok teh garam
Baca Juga :  Nikmatnya Tahu isi goreng pedas, ini dia resepnya

Bahan pelengkap

  1. 100 gram soun kering diseduh air panas lalu tiriskan
  2. Touge secukupnya diseduh air panas lalu tiriskan
  3. 1 batang seledri dicincang halus
  4. 1 buah jeruk nipis
  5. Sambal cabai rawit merah secukupnya
  6. Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak soto bebek

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep soto bebek dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging bebek terlebih dulu di bawah air mengalir, lalu potong menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda. Setelah itu, lumuri bebek dengan cuka dan garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 60 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 60 menit, bersihkan lagi potongan bebek di bawah air mengalir. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan serai. Tumis hingga layu, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Siapkan panci ukuran sedang untuk merebus. Masukkan air matang yang sudah disiapkan ke dalamnya, lalu nyalakan api kompor sedang. Rebus dan ungkep potongan daging bebek dengan tumisan bumbu. Aduk merata dan rebus hingga mendidih serta menyusut airnya.
  4. Pastikan daging bebek sudah matang. Jika masih alot atau keras, tambah air secukupnya dan rebus lagi. Setelah itu, matikan kompor dan angkat daging bebek yang sudah diungkep. Sisihkan. Air sisa rebusan jangan dibuang karena digunakan untuk kuah soto.
  5. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ungkepan daging bebek. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan potongan bebek satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Diamkan sejenak bebek goreng agar tidak terlalu panas. Setelah itu, potong atau suwir-suwir dagingnya sesuai selera Anda. Sisihkan.
  7. Selanjutnya, soto bebek siap disajikan. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Beri soun secukupnya di dalam mangkuk. Tambahkan touge dan suwiran daging bebek. Tambahkan juga potongan seledri. Siram dengan kuah soto secukupnya. Taburi bawang merah goreng agar lebih sedap.
  8. Jangan lupa melengkapinya dengan perasan jeruk nipis, sambal rawit, dan sepiring nasi putih hangat. Akhirnya, soto bebek siap disantap.
Baca Juga :  Resep Ikan Tuna Bakar Bumbu Kecap Manis Pedas yang Rasanya Memanjakan Lidah

Itulah resep soto bebek yang benar-benar menggugah selera. Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan coba memasaknya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info