Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sate Taichan yang Satu Ini Harus Anda Coba Sendiri

Resep Sate Taichan yang Satu Ini Harus Anda Coba Sendiri

Sate Taichan (1)

Resep sate taichan

Resep sate taichan ala rumahan bisa Anda praktikkan. Salah satu jenis kuliner sate yang sedang populer sekarang.

Masih berbahan daging ayam, tetapi tidak dibumbui kecap seperti sate ayam pada umumnya. Jadi, warna dagingnya masih putih, lalu dibakar hingga matang.

Keunikan lainnya, yaitu sambalnya tidak menggunakan sambal kecap atau kacang, tetapi sambal cabai.

Rasanya juga cukup unik, yaitu memadukan rasa asin, asam, dan pedas. Anda yang belum pernah mencicipi sate Taichan bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan cara yang direkomendasikan.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan membaca resep sate taichan berikut dan semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging ayam tanpa tulang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 siung bawang putih dihaluskan
  4. 1 sendok teh lada bubuk
  5. ¼ sendok teh garam
  6. Tusuk sate secukupnya

Bahan untuk sambalnya

  1. 10 bah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 5 buah cabai merah keriting
  3. 5 sing bawang merah
  4. ½ sendok teh kaldu bubuk
  5. ½ sendok teh gula Jawa disisir
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh lada bubuk
Baca Juga :  Resep Pelasan Nikmat Khas Banyuwangi

Bahan pelengkap

  1. ½ buah timun dipotong dadu
  2. 1 buah tomat merah dipotong dadu
  3. 1 buah jeruk nipis dipotong-potong

Cara membuat sate taichan

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep sate taichan dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir, lalu potong-potong ukuran dadu sedang. Masukkan potongan ayam ke dalam wadah baskom.
  2. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis, bawang putih, lada bubuk, dan garam. Aduk merata sambil diremas-remas daging ayamnya. Diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap.
  3. Setelah 30 menit, ambil satu per satu potongan daging ayam, lalu tusukkkan ke tusuk sate yang sudah disiapkan. Satu tusuk ada 4 – 5 potong daging ayam. Lakukan langkah tersebut hingga semua daging ayam habis ditusuk. Sisihkan.
  4. Siapkan tempat pembakaran dari bara api atau wajan teflon datar. Olesi dengan minyak goreng sedikit, jika Anda menggunakan wajan teflon. Lalu, bakar sate hingga berwarna putih kecoklatan. Jangan lupa sate dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  5. Selanjutnya, Anda harus membuat sambal satenya. Caranya, rebus sebentar semua cabai dan bawang merah hingga sedikit melunak. Angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan cobek, lalu uleg kasar cabai dan bawang merah. Setelah itu, siapkan wajan penggorengan dan beri minyak goreng sedikit untuk menumis. Setelah panas, tumis ulegan sambal dan tambahkan dengan gula Jawa, garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Aduk merata. Setelah itu, angkat dan sisihkan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata sate taichan yang sudah matang diatas piring. Lalu, siram sate dengan sambalnya yang sudah matang. Lengkapi dengan irisan timun, tomat, dan jeruk nipis.
Baca Juga :  Resep sate keong sawah yang menggoyang lidah

Cukup mudah bukan mempraktikkan resep sate taichan? Oleh karena itu, silahkan Anda coba di rumah. Rasanya lezat dan bisa dijadikan cemilan atau lauk untuk mengisi perut Anda yang lapar. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan