Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Silahkan Dicoba Resep Opor Ayam Kampung Bakar Rasanya Tetap Mantul

Silahkan Dicoba Resep Opor Ayam Kampung Bakar Rasanya Tetap Mantul

Opor Ayam Kampung (1)

Resep opor ayam kampung bakar

Resep opor ayam kampung bakar sangat menarik untuk diketahui informasinya, lalu dipraktikkan cara memasaknya.

Biasanya, opor ayam dimasak dengan bumbu bersantan dan bahan-bahan seperti pada umumnya. Berbeda dengan opor ayam yang satu ini karena menggunakan bahan utama ayam kampung.

Pastinya lebih lezat dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, cara memasaknya juga berbeda karena ayamnya dibakar dulu sebelum dimasak lagi dengan bumbu opor.

Lalu, bagaimana rasanya? Sudah pasti benar-benar mantul di lidah. Sangat cocok dijadikan menu hidangan spesial di hari Idul Fitri.

Anda yang sangat penasaran, silahkan memasaknya sendiri di rumah dengan membaca terlebih dulu resep opor ayam kampung bakar berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung segar
  2. 6 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  3. 2 batang serai digeprek dan diambil bagian putihnya saja
  4. 2 sendok teh garam
  5. 3 sendok teh gula Jawa disisir
  6. 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  7. 3 sendok makan kecap manis
  8. 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  9. Kaldu bubuk secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 12 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 cm kunyit dibakar
  4. 2 cm jahe
  5. 5 butir kemiri disangrai
  6. ½ sendok teh ketumbar
  7. ¼ sendok teh jintan
Baca Juga :  Resep Bubur Beras Hitam kaya Manfaat Kesehatan

Cara memasak opor ayam kampung bakar

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep opor ayam kampung bakar dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir, lalu potong-potong menjadi 10 bagian. Setelah itu, rebus potongan ayam sekitar 35 menit hingga mengeluarkan busa. Angkat ayam dan tiriskan. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disediakan. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan daun jeruk dan batang serai. Tumis hingga semua bahan layu.
  3. Masukkan potongan ayam dan aduk merata. Masak hingga berubah warna. Setelah itu, tambahkan santan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan secara terus menerus agar santan tidak pecah.
  4. Bumbui dengan garam dan gula Jawa. Aduk terus merata. Masak hingga matang dan ayam empuk. Dikarenakan menggunakan ayam kampung, maka memasaknya lebih lama agar dagingnya empuk.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah matang, matikan kompor dan angkat potongan ayam dari wajan. Sisihkan.
  6. Selanjutnya, proses pembakaran potongan ayamnya. Anda perlu membuat bumbu olesnya terlebih dulu. Caranya, siapkan sebuah piring, lalu tuangkan sekitar ½ gelas kuah opor yang sudah jadi. Tambahkan kecap manis dan aduk merata.
  7. Setelah itu, siapkan tempat pemkakaran. Anda juga dapat menggunakan wajan datar berlapis teflon untuk memanggangnya. Ambil potongan ayam, lalu olesi dengan bahan olesan. Letakkan diatas wajan dan panggang hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik dan diolesi lagi bagian permukaan ayam agar semakin sedap. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan ayam yang sudang dipanggang diatasnya, lalu siram dengan kuah opor. Anda juga bisa memisah opornya. Lengkapi dengan nasi putih hangat atau potongan lontong saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Yuk buat Nasi Mandhi Daging Ayam ala Indonesia

Demikianlah resep opor ayam kampung bakar selengkapnya yang dapat Anda coba masak di rumah. Dengan menu opor tersebut, lebaran Anda akan lebih spesial. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan