Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Lidah Kucing Istimewa untuk Hidangan Lebaran

Membuat Kue Lidah Kucing Istimewa untuk Hidangan Lebaran

Membuat Kue Lidah Kucing Istimewa (1)

Membuat Kue Lidah Kucing Istimewa

Bahan-bahan Lidah Kucing Keju:

  1. 250 mentega/margarin
  2. 140 gr gula halus
  3. 75 cc putih telur (atau kira-kira 2 butir telur)
  4. 210 gr tepung terigu
  5. 15 gr susu bubuk
  6. 60 gr maizena
  7. 150 gr keju parut

Resep membuat kue lidah kucing spesial

  1. Untuk membuat kue lidah kucing spesial, dibutuhkan beberapa bahan[1]. Diantaranya mentega, margarin, gula halus, putih telur, tepung terigu rendah protein, dan susu. Bahan-bahan ini mudah ditemukan dan dapat dibeli di toko kelontong mana pun. Perpaduan bahan-bahan tersebut akan menghasilkan kue lidah kucing yang renyah dan lezat, cocok untuk disajikan di segala acara.
  2. Untuk mulai membuat kue lidah kucing, kocok mentega dan margarin hingga mengembang dan berwarna putih[2]. Lalu masukkan putih telur dan kocok kembali hingga rata. Selanjutnya matikan mixer dan masukkan tepung terigu protein rendah, tepung maizena, dan susu bubuk[1]. Campur semua bahan dengan baik untuk membuat adonan halus. Panaskan oven hingga 140°C dan olesi loyang dengan mentega putih dan tepung[2]. Sebarkan adonan ke atas loyang dan bentuk memanjang. Panggang selama 15-30 menit, sering-seringlah memeriksanya pada 25-30 menit[3].
  3. Setelah kue lidah kucing matang, dapat dihias dan disajikan[4]. Taburkan keju cheddar parut di atas kue[1]. Untuk membuat kue lidah kucing keju premium, campur dan kocok semua bahan hingga mengembang dan berwarna putih. Kemudian tambahkan tepung terigu rendah protein, tepung maizena, ekstrak vanila, dan pewarna makanan[5]. Sebarkan adonan ke atas loyang dan panggang selama 10-15 menit[5]. Setelah kue matang, taburkan keju parut di atasnya dan sajikan[4]. Beberapa tips membuat kue lidah kucing yang tipis dan renyah antara lain mengocok mentega hingga putih dan kaku, menggunakan api kecil untuk memanggang kue, dan memberi sedikit ruang di antara adonan saat dioleskan ke loyang[6].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Kumpulkan Bahan Berkualitas Tinggi** – Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk memastikan rasa dan tekstur terbaik untuk kue lidah kucing Anda. Misalnya, menggunakan ekstrak vanila murni sebagai pengganti perasa buatan dapat meningkatkan cita rasa kue secara signifikan.

Baca Juga :  Aneka Resep Kue Puding Leci Dan Kue Puding Melon

**Ikuti Resep Tepatnya** – Perhatikan baik-baik petunjuk resep dan takarannya. Memanggang adalah sebuah ilmu, dan bahkan penyimpangan kecil dari resepnya pun dapat memengaruhi hasilnya. Misalnya, mengukur tepung dan gula secara akurat dapat mencegah kue menjadi terlalu padat atau terlalu manis.

**Kocok Putih Telur dengan Benar** – Jika resep mengharuskan putih telur dikocok, pastikan kocokannya hingga kaku. Ini akan membantu kue mendapatkan tekstur yang ringan dan lapang. Putih telur yang dikocok secara berlebihan atau kurang dapat menyebabkan tekstur kue menjadi padat atau tidak rata.

**Perakitan dan Memanggang dengan Hati-hati** – Saat membentuk adonan menjadi bentuk lidah kucing, pastikan ukurannya merata dan diletakkan di atas loyang. Bentuk yang konsisten akan menghasilkan kue yang seragam dan matang secara merata. Selain itu, perhatikan juga waktu memanggang untuk mencegah overbaking, yang dapat menyebabkan kue menjadi kering dan keras.

**Hiasi dengan Presisi** – Perhatikan detail saat mendekorasi kue lidah kucing. Misalnya, penggunaan piping bag dengan ujung bulat kecil untuk gerimis coklat dapat menghasilkan desain yang rapi dan presisi sehingga mempercantik penyajian kue secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep Lapis Legit Khas Sumatera Utara yang dengan Cita Rasa yang Tiada Tandingannya

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lidah kucing spesial? A: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lidah kucing spesial antara lain tepung terigu, gula halus, putih telur, mentega, dan esens vanili.

Q: Bagaimana petunjuk langkah demi langkah untuk memanggang kue lidah kucing spesial? A: Langkah-langkah untuk memanggang kue lidah kucing spesial dimulai dengan mencampurkan semua bahan menjadi adonan, kemudian membentuk adonan menjadi kecil-kecil dan memanggangnya dalam oven hingga matang.

Q: Apakah ada tips khusus untuk mendekorasi kue lidah kucing? A: Beberapa tips untuk mencetak kue lidah kucing antara lain menggunakan cokelat leleh atau gula icing untuk membuat motif atau hiasan di atas kue. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan potongan buah atau kacang sebagai hiasan tambahan.

Q: Bagaimana cara menyajikan kue lidah kucing spesial dengan menarik? A: Kue lidah kucing spesial dapat disajikan dengan menumpuknya dalam sebuah toples kue yang cantik. Anda juga bisa menambahkan pita atau label khusus untuk memberikan sentuhan khusus pada penampilan kue.

Q: Bisakah saya menambahkan varian rasa pada kue lidah kucing spesial? A: Tentu saja, Anda dapat menambahkan varian rasa pada kue lidah kucing spesial, seperti cokelat, kopi, atau pandan. Anda hanya perlu menyesuaikan bahan tambahan dan esensi yang digunakan dalam resep untuk menciptakan variasi rasa yang menarik.

Referensi : 

1.   5 Resep Kue Lidah Kucing Renyah Dan Anti Gagal.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.frisianflag.com 

Baca Juga :  Resep Membuat Chicken Caesar Salad Segar Gurih Ala Restoran

2.   Cara Membuat Kue Lidah Kucing Original, Renyah dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

3.   Resep Kue Kering Lidah Kucing Keju oleh Uli’s Kitchen.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/8417908-kue-kering-lidah-kucing-keju 

4.   Resep Lidah Kucing Keju yang Renyah dan Garing.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

5.   6 Resep Kue Lidah Kucing untuk Lebaran yang Enak, ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.liputan6.com 

6.   5 Tips Membuat Kue Lidah Kucing yang Tipis dan Renyah.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan