Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Kue Lidah Kucing 1/2 Kg renyah dan manis

Resep Kue Lidah Kucing 1/2 Kg renyah dan manis

Resep Kue Lidah Kucing 12 Kg (2)

Resep Kue Lidah Kucing 1/2 Kg

Recipe By siti
Course: pemula Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

350 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung terigu

  2. gula halus

  3. mentega

  4. putih telur

  5. pasta vanila

  6. garam

DIRECTION

  1. Langkah Pembuatan

    <br>Pertama-tama, campurkan mentega dan gula halus lalu kocok hingga mengembang. Tambahkan putih telur sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata. Setelah itu, masukkan tepung terigu, pasta vanila, dan garam ke dalam adonan. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna dan membentuk adonan kental. Siapkan cetakan kue lidah kucing dan olesi dengan mentega. Tuang adonan ke dalam cetakan dan ratakan tipis-tipis.

  2. Proses Pembakaran

    <br>Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan kue lidah kucing. Panggang adonan dalam oven dengan suhu tertentu hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat kue lidah kucing dari oven dan dinginkan sejenak sebelum disajikan. Kue lidah kucing siap dinikmati sebagai cemilan di berbagai kesempatan.

  3. Tips Tambahan

    <br>Untuk mendapatkan kue lidah kucing yang lebih renyah, pastikan adonan yang Anda tuang ke dalam cetakan tipis dan merata. Anda juga bisa menambahkan irisan almond atau meses sebagai hiasan untuk menambah cita rasa kue lidah kucing. Selain itu, pastikan oven dalam keadaan bersih sebelum memanggang kue untuk menghindari terjadinya perubahan rasa akibat bau atau sisa-sisa masakan sebelumnya.

NOTES

Kue lidah kucing merupakan salah satu kue kering yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang renyah dan manis membuat kue ini menjadi favorit di berbagai acara, mulai dari lebaran hingga acara spesial lainnya. 

Baca Juga :  Resep Sederhana Dadar Gulung isi Kelapa

Salah satu resep kue lidah kucing yang populer adalah resep kue lidah kucing 1/2 kg. Dengan bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, siapa pun bisa mencoba membuat kue lidah kucing sendiri di rumah. Berikut adalah resep kue lidah kucing 1/2 kg yang bisa Anda coba.

Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lidah kucing 1/2 kg antara lain tepung terigu, gula halus, mentega, putih telur, pasta vanila, dan garam. Pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan berkualitas baik untuk mendapatkan hasil kue lidah kucing yang lezat dan renyah. Anda juga bisa menambahkan pewarna makanan sesuai selera untuk membuat kue lidah kucing lebih menarik secara visual.

Langkah Pembuatan

Pertama-tama, campurkan mentega dan gula halus lalu kocok hingga mengembang. Tambahkan putih telur sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata. Setelah itu, masukkan tepung terigu, pasta vanila, dan garam ke dalam adonan. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna dan membentuk adonan kental. Siapkan cetakan kue lidah kucing dan olesi dengan mentega. Tuang adonan ke dalam cetakan dan ratakan tipis-tipis.

Proses Pembakaran

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan kue lidah kucing. Panggang adonan dalam oven dengan suhu tertentu hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat kue lidah kucing dari oven dan dinginkan sejenak sebelum disajikan. Kue lidah kucing siap dinikmati sebagai cemilan di berbagai kesempatan.

Baca Juga :  Membuat Resep Rendang Ayam Pilihan Tepat

Tips Tambahan

Untuk mendapatkan kue lidah kucing yang lebih renyah, pastikan adonan yang Anda tuang ke dalam cetakan tipis dan merata. Anda juga bisa menambahkan irisan almond atau meses sebagai hiasan untuk menambah cita rasa kue lidah kucing. Selain itu, pastikan oven dalam keadaan bersih sebelum memanggang kue untuk menghindari terjadinya perubahan rasa akibat bau atau sisa-sisa masakan sebelumnya.

Kesimpulan

Membuat kue lidah kucing 1/2 kg tidaklah sulit. Dengan bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, siapa pun bisa mencoba membuat kue ini di rumah. Rasanya yang renyah dan manis membuat kue lidah kucing cocok disajikan sebagai cemilan di berbagai acara. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep kue lidah kucing 1/2 kg di atas dan buatlah cemilan lezat untuk keluarga dan teman-teman Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan margarin sebagai pengganti mentega dalam resep kue lidah kucing? Ya, Anda bisa menggunakan margarin sebagai pengganti mentega dalam resep kue lidah kucing. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan margarin dapat memengaruhi tekstur dan rasa kue, jadi pastikan untuk memilih margarin berkualitas baik.

Berapa lama kue lidah kucing bisa disimpan dan bagaimana cara menyimpannya dengan baik? Kue lidah kucing bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau toples kue di suhu ruang selama 1-2 minggu. Pastikan kue dalam keadaan bersih dan kering sebelum disimpan untuk menghindari kelembaban yang dapat membuat kue menjadi lembab.

Apakah saya bisa menggunakan pewarna makanan cair untuk membuat kue lidah kucing berwarna? Ya, Anda bisa menggunakan pewarna makanan cair untuk memberikan warna pada kue lidah kucing. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera dan aduk hingga merata sebelum menuangkan adonan ke dalam cetakan.

Baca Juga :  Raisin Almond Crumble Slice, Cemilan Sehat Untuk Toddler

Bagaimana cara membuat kue lidah kucing tanpa oven? Jika Anda tidak memiliki oven, Anda masih bisa membuat kue lidah kucing dengan cara menggunakan teflon atau wajan datar anti lengket. Panaskan teflon atau wajan datar, tuangkan adonan kue lidah kucing, dan panggang dengan api kecil hingga matang. Jangan lupa untuk membalik adonan agar matang merata.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info