Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Seblak Mie Goreng Ala Rumahan yang Rasanya Maknyus

Resep Seblak Mie Goreng Ala Rumahan yang Rasanya Maknyus

Seblak Mie Goreng (1)

Resep seblak mie goreng

Resep seblak mie goreng sangat identik dengan Kota Bandung, Jawa Barat karena memang berasal dari sana.

Namun sekarang, cukup mudah menemukan penjualnya di pinggiran jalan hingga rumah makan di seantero Pulau Jawa. Seblak mempunyai ciri khas rasa gurih dan pedas yang bisa disesuaikan selera masing-masing.

Menu kuliner berkuah ini memang sangat cocok disantap saat masih hangat. Apalagi cuaca hujan yang udaranya menjadi dingin. Jadi, menyantapnya bisa menghangatkan tubuh.

Anda mungkin salah satu pecinta seblak sejati yang ingin selalu menyantapnya. Daripada membelinya di luar, lebih baik memasaknya sendiri di rumah.

Lagipula, semua bahannya mudah didapatkan dan mungkin sudah tersedia di dapur Anda. Lalu, bagaimana resep seblak mie goreng selengkapnya? Silahkan menyimak informasi berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 bungkus mie instan rasa apa saja
  2. 1 butir telur ayam dikocok lepas
  3. 3 buah ceker ayam yang sudah dibersihkan dan direbus
  4. 3 buah sosis ayam dipotong-potong
  5. 3 buah crab stick
  6. 1 genggam kerupuk kecil
  7. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  8. 1 sendok teh kaldu bubuk
  9. 3 sendok makan kecap manis
  10. Air secukupnya
  11. Bawang merah goreng secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Bikin Nagih, Resep Ceker Mercon Kuah Kesukaan Keluarga

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 7 buah cabai rawit merah atau sesuai selera

Cara memasak seblak mie goreng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep seblak mie goreng dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan merebus mie instannya dulu hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, masukkan semua bumbu halus dan tumis hingga harum.
  3. Masukkan kocokan telur ke dalam wajan dan orak-arik merata dengan bumbu. Kecilkan api kompor, lalu masukkan potongan sosis. Aduk merata.
  4. Setelah itu, masukkan mie rebus dan potongan daun bawang. Aduk merata lagi. Tambahkan air secukupnya, lalu masukkan kerupuk kecil, crab stick, dan ceker ayam ke dalam wajan. Aduk merata.
  5. Bumbui dengan kaldu bubuk dan kecap manis. Aduk lagi. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi.
  6. Perlu diingat, memasak seblak tidak perlu lama-lama agar mie dan kerupuknya tidak begitu lembek. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan seblak mie goreng yang sudah matang ke dalam mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya biar lebih sedap. Anda juga bisa menambahkan saus cabai atau tomat, jika menginginkannya.
Baca Juga :  Resep Pempek Isi Daging yang Unik dan Original

Resep seblak mie goreng selesai dimasak dan silahkan dicicipi mumpung masih hangat. Dijamin rasanya gurih, pedas, dan menghangatkan tubuh. Selamat mencobanya.

Lihat Video :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan