Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tumis Ayam Jagung Manis untuk Menu Pilihan Keluarga

Resep Tumis Ayam Jagung Manis untuk Menu Pilihan Keluarga

Tumis Ayam Jagung Manis

Resep tumis ayam jagung manis

Resep tumis ayam jagung manis merupakan salah satu menu kuliner kreasi yang bisa Anda praktikkan dengan memasaknya di rumah.

Kemungkinan besar menu yang satu ini tidak ada menjualnya di luar sana. Padahal rasanya sangat lezat dengan perpaduan manis dan gurih, sehingga banyak disukai orang. Maka dari itu, Anda direkomendasikan untuk coba memasaknya di rumah.

Terutama Anda yang masih memiliki buah hati kecil pasti suka masakan ini. Jagung manisnya yang empuk memang disukai anak-anak.

Sementara itu, cara memasaknya cukup mudah dan praktis dengan bahan-bahan yang juga mudah didapatkan. Untuk lebih jelas dan lengkap perihal resep tumis ayam jagung manis, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam segar
  2. 1 buah jagung manis ukuran besar dipipil bijinya
  3. ½ buah bawang bombay dipotong dadu
  4. 1 buah cabai merah besar dipotong kecil
  5. 1 sendok makan kecap manis
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. 1 sendok teh kaldu bubuk
  8. 1 gelas air putih
  9. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Inilah Botok, Kuliner Segala Umat, Begini Resepnya

Cara memasak tumis ayam jagung manis

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tumis ayam jagung manis dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam di bawah air mengalir. Buang seluruh kotoran dan bulu kecil di permukaan kulitnya. Setelah itu, potong ayam menjadi 10 bagian.
  2. Setelah itu, rebus potongan ayam hingga mendidih dan mengeluarkan busa. Angkat dan tiriskan. Diamkan beberapa saat agar mendingin.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan potongan ayam satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan lagi wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis saja. Setelah panas, tumis bawang bombay dan cabai merah hingga harum.
  5. Masukkan, ayam goreng, dan jagung manis pipi. Aduk merata. Setelah itu, bumbui dengan kaldu bubuk, merica bubuk, dan kecap manis. Tuangkan segelas air putih yang sudah disiapkan, lalu kecilkan api kompor. Aduk merata dan masak hingga airnya menyusut.
  6. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan semua masakan tumis ayam jagung manis yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda bisa melengkapinya dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Mille Crepes Yang Enak Untuk Acara Spesial

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara memasak resep tumis ayam jagung manis selengkapnya. Selanjutnya, silahkan dipraktikkan di rumah dan jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Lihat Video :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan