Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cumi Asin Bumbu Balacan yang Rasanya Dijamin Mantul

Resep Cumi Asin Bumbu Balacan yang Rasanya Dijamin Mantul

Cumi Asin Bumbu Balacan (1)

Resep cumi asin bumbu balacan

Resep cumi asin bumbu balacan juga tidak kalah lezat dan sedap masakannya saat disantap. Apalagi dijadikan lauk bersama nasi putih hangat untuk makan siang atau malam.

Dijamin Anda bisa terus menambah nasinya lagi. Cumi asin yang sudah diolah dan dimasak terasa tidak begitu asin lagi dengan bumbu balacan yang sedap.

Anda mungkin sulit menemukan menu masakan yang satu ini di warung atau rumah makan di luar sana. Jadi, lebih baik memasaknya sendiri di rumah dengan semua bahan dan bumbu yang mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Adapun cara dan langkah-langkah memasaknya silahkan membaca resep cumi asin bumbu balacan selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 200 gram cumi asin
  2. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 5 buah cabai merah keriting
  4. 6 butir bawang putih
  5. 3 siung bawang putih
  6. 2 butir kemiri disangrai
  7. 1 lembar daun salam
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 1 sendok teh terasi
  10. 1 cm kencur
  11. 2 cm jahe digeprek
  12. 2 cm lengkuas digeprek
  13. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  14. 1 sendok teh garam
  15. 1 genggam daun kemangi
  16. 1 gelas air putih
  17. Kaldu bubuk secukupnya
  18. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Bagaimana Cara Membuat Lumpia Goreng Khas Semarang yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Cara memasak cumi asin bumbu balacan

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep cumi asin bumbu balacan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan Anda rebus dulu semua cumi asin selama kurang lebih 15 menit pada api kompor kecil. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  2. Siapkan semua cabai, bawang merah, dan bawang putih. Lalu, kukus sekitar 10 menit saja hingga terlihat layu. Setelah itu, siapkan cobek dan tarus semua bumbu kukusan diatasnya. Tambahkan kencur, kemiri, dan terasi, lalu uleg kasar saja. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu yang diuleg hingga harum.
  4. Lalu, tambahkan jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Aduk dan tumis merata hingga semua bahan layu.
  5. Setelah itu, masukkan semua cumi asin yang telah direbus tadi. Aduk merata dengan semua bumbu. Tuangkan air putih dan kecilkan api kompor. Bumbui dengan garam dan gula Jawa, lalu aduk merata. Masak hingga mendidih.
  6. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakan. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Lalu, tuangkan masakan cumi asin bumbu balacan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Hangat Bernutrisi Sehat untuk Keluarga, Resep Sup Makaroni Nanas

Setelah membaca resep cumi asin bumbu balacan selengkapnya, silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Dijamin rasanya mantul dan tidak mengecewakan, apalagi Anda yang menyukai cumi asin. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan