Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bebek Goreng Sambal Pencit, Kuliner Khas Surabaya yang Dijamin Menggugah Selera

Resep Bebek Goreng Sambal Pencit, Kuliner Khas Surabaya yang Dijamin Menggugah Selera

bebek goreng sambal pencit (1)

Resep bebek goreng sambal pencit

Resep bebek goreng sambal pencit merupakan kuliner khas Surabaya, Jawa Timur yang memang sudah populer disana.

Daging bebek yang sudah diungkep lama, lalu digoreng garing dan matang. Lebih mantap lagi disajikan dengan sambal pecit, yaitu sambal mangga muda yang dijamin pedas dan segar.

Mungkin bebek goreng sudah umum ditemui di berbagai tempat. Berbeda dengan sambal pecit yang menjadi daya tarik tersendiri dan jarang dijual di warung atau rumah makan.

Lauk bebek goreng seperti itu sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat saat makan siang atau malam.

Apalagi disantap bersama banyak orang atau seluruh anggota keluarga. Anda yang ingin memasaknya silahkan membaca dulu resep bebek goreng sambal pencit selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor bebek muda segar ukuran sedang
  2. 2 sendok makan cuka masak
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 liter air
  5. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 cm jahe
  4. 2 cm kunyit dibakar
  5. 1 sendok teh asam Jawa
  6. 2 sendok teh garam

Bahan untuk sambal pecit

  1. 5 butir bawang merah
  2. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 1 buah mangga muda dipotong korek api
  4. 1 sendok teh garam
  5. ¼ sendok teh gula pasir
Baca Juga :  Soto Bebek yang Menggugah Selera, Ini Resepnya

Bahan untuk serundeng

  1. 250 gram kelepa setengah tua diparut memanjang, lalu disangrai hingga kering
  2. 6 siung bawang putih dihaluskan, lalu ditumis sebentar

Cara memasak bebek goreng sambal pencit

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep bebek goreng sambal pencit dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan bebek yang sudah disiapkan di bawah air mengalir, lalu potong menjadi empat bagian atau sesuai kebutuhan/selera Anda. Setelah itu, lumuri bebek dengan cuka dan garam merata. Diamkan sekitar 60 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Setelah 60 menit, bilas daging bebek hingga bersih. Setelah itu, lumuri bebek dengan bumbu halus yang sudah disiapkan merata. Diamkan sekitar 30 menit, lalu masukkan ke dalampanci atau wajan. Tuangkan air ke dalamnya dan nyalakan api kompor sedang.
  3. Masak dan ungkep daging bebek sekitar 60 menit. Diketahui bahwa serat daging bebek lebih tebal dan keras dibanding ayam, sehingga memasaknya harus lebih lama agar empuk. Anda yang memiliki panci presto di rumah silahkan untuk menggunakannya agar lebih cepat melunakkan dagingnya.
  4. Pastikan daging bebek sudah lunak. Jika belum dan airnya sudah surut, Anda bisa menambahkan air lagi secukupnya lalu direbus lagi hingga benar-benar lunak. Setelah matang dan lunak, matikan kompor dan angkat daging bebek tersebut. Sisihkan dulu.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng bebek. Pastikan minyak sudah panas, barulah Anda masukkan potongan bebek ke dalam wajan.
  6. Goreng bebek hingga berwarna kecoklatan merata di permukaannya, sehingga memang harus dibolak-balik. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Langkah berikutnya membuat sambal pecit. Caranya, siapkan cobek, lalu uleg kasar bawang merah, cabai rawit serta ditambahi garam dan gula pasir. Setelah itu, masukkan potongan mangga muda dan aduk merata dengan sambalnya. Beri minyak goreng panas secukupnya sisa menggoreng bebek tadi, lalu aduk kembali.
  8. Adapun cara membuat serundengnya sebagai berikut. Siapkan mangkuk, lalu tuangkan kelapa sangrai dan tumisan bawang putih. Aduk merata, lalu beri minyak goreng panas secukupnya sisa menggoreng bebek tadi. Sisihkan.
  9. Sekarang, waktunya plating. Siapkan piring saji dan letakkan bebek goreng yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan serundeng dan sambal pecitnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat secukupnya saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Lembut dan Gurih, Ini dia Souffle Kentang Wortel Brokoli

Dari resep bebek goreng sambal pencit diatas, Anda sekalian sudah mengenal cara memasak dan membuatnya. Oleh karenanya, silahkan Anda praktikkan sendiri langkah-langkahnya untuk membuat menu lauk yang menggugah selera hari ini. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info