Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gurame Goreng Asam Manis, Menu Lauk Makan Siang yang Benar-Benar Menggugah Selera

Resep Gurame Goreng Asam Manis, Menu Lauk Makan Siang yang Benar-Benar Menggugah Selera

gurame goreng asam manis

Resep gurame goreng asam manis

Resep gurame goreng asam manis dimasak dan dihidangkan mungkin hanya Anda temui di warung atau rumah makan.

Mulai dari tempat makan khas Jawa hingga Sunda menyediakan dan menjual masakan tersebut. Tentu saja dengan ciri khas serta citarasa masing-masing.

Daging ikan gurame yang gurih memang sangat cocok dimasak dengan bumbu apa saja. Salah satunya bumbu asam manis yang sudah sangat populer tersebut.

Ikan gurame mungkin harganya lebih mahal dari jenis ikan air tawar lainnya. Oleh karenanya, Anda tidak perlu membelinya yang berukuran besar dan banyak.

Cukup membeli dan menyiapkan 1 – 2 ekor ikan gurame ukuran sedang. Untuk bisa memasaknya sendiri di rumah, silahkan membaca dulu resep gurame goreng asam manis selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 – 2 ikan gurame segar ukuran sedang
  2. 1 sendok teh garam
  3. 1 sendok makan perasan air jeruk nipis
  4. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan

Bumbu asam manis

  1. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  2. 2 siung bawang putih dicincang halus
  3. 1 butir bawang bombay diiris tipis melintang
  4. 2 buah tomat merah dipotong kecil
  5. 1 buah wortel dipotong bentuk korek api
  6. Kacang polong secukupnya
  7. 1 sendok makan gula pasir
  8. 1 sendok teh garam
  9. 150 ml air matang
  10. 2 sendok makan perasan air jeruk nipis
  11. ½ sendok makan tepung maizena dilarutkan dengan 2 sendok makan air
Baca Juga :  Memasak dan Menyajikan Resep Ikan Bandeng Bumbu Bali yang Menggugah Selera

Cara memasak gurame goreng asam manis

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep gurame goreng asam manis dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan gurame yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisik di tubuhnya serta kotoran di bagian insang dan perutnya. Setelah itu, belah ikan veritikal, tetapi masih menyambung tubuhnya dan tidak terputus.
  2. Lumuri seluruh permukaan ikan gurame dengan garam dan air perasan jeruk yang sudah disiapkan. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah baskom dan diamkan selama 20 menit saja.
  3. Sambil menunggu ikan gurame dimarinasi, Anda bisa membuat saus asam manisnya. Caranya, silahkan panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga harum.
  4. Tambahkan bawang bombai dan cincangan tomat. Aduk merata. Setelah itu, masukkan wortel dan kacang polong. Aduk merata lagi.
  5. Bumbui dengan gula pasir dan garam. Aduk merata. Lalu, tuangkan air dan kecilkan api kompor. Setelah mendidih, tuangkan larutan tepung maizena dan aduk perlahan hingga mengental.
  6. Jangan lupa menambahkan air perasan jeruk nipis untuk memberikan rasa asam pada sausnya. Silahkan Anda cicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah matang, matikan kompornya.
  7. Selanjutnya, Anda harus menggoreng ikan gurame yang sudah dimarinasi. Siapkan dan panaskan wajan lain serta beri minyak goreng agak banyak. Pastikan minyak sudah panas, barulah Anda masukkan ikan gurame ke dalamnya. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan dulu minyaknya.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan ikan gurame goreng yang sudah matang diatasnya. Setelah itu, siram dengan saus asam manis secukupnya diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Belut Goreng Sambal Kemiri, Menu Lauk Sederhana, Lezat, dan Tinggi Nutrisi

Setelah membaca cara memasak resep gurame goreng asam manis selengkapnya diatas, silahkan Anda praktikkan segera. Menu lauk yang satu ini sangat cocok disantap untuk makan siang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan