Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Acar Wortel Pedas, Sajian buat Pendamping Sarapan

Resep Acar Wortel Pedas, Sajian buat Pendamping Sarapan

Resep Acar Wortel Pedas (1)

Resep Acar Wortel Pedas

Resep acar wortel yang diresapi jalapeno ini merupakan tambahan yang bagus untuk quesadillas, tostadas, dan taco. Wortel pedas ini juga enak jika dicampur dengan sayuran musim semi, keju feta, dan sedikit minyak zaitun untuk sup.

Bahan:

  1. 3 cangkir cuka putih
  2. 1 cangkir air
  3. ¾  cangkir gula pasir
  4. 2 sendok makan garam pengawet atau garam laut halus (tidak beryodium)
  5. 3 pon wortel musim semi kecil diiris secara diagonal setebal 1/8 inci
  6. 1 bawang merah sedang diiris 1/8 inci tebal
  7. 2 jalapeo segar diiris menjadi cincin setebal 1/8 inci
  8. 2 sendok teh oregano kering, lebih disukai Meksiko
  9. 2 sendok teh biji jintan
  10. 2 siung besar bawang putih dibelah dua

Cara Membuat :

  1. Siapkan empat stoples pengalengan 1 pint (2 cangkir) dan tutupnya
  2. Bilas bersih dengan air sabun panas. Tempatkan guci di atas rak, sisi kanan atas, di dalam panci. Isi toples dengan air yang cukup untuk menutupi setidaknya satu inci. Didihkan di atas panci yang tertutup. Tutup dan didihkan selama sepuluh menit sebelum mengurangi panasnya. Saat membuat resepnya, tutup panci dan masukkan stoples ke dalam air panas.
  3. Tutupi tutup baru dalam panci kecil dengan air, didihkan perlahan, dan biarkan hingga dingin. Pertahankan api kecil tanpa mendidih selama sepuluh menit. Simpan tutupnya di dalam air saat panas dimatikan hingga siap digunakan.
  4. Didihkan cuka, air, gula, dan garam dalam panci nonreaktif berukuran 6 hingga 8 liter (lihat Tip). Larutkan gula dengan cara diaduk. Tambahkan jalapeno, bawang, dan wortel. Diamkan selama sepuluh menit setelah diangkat dari api.
  5. Keluarkan stoples yang sudah disterilkan dari air dan letakkan di atas handuk bersih (stoples bisa pecah jika diletakkan di permukaan yang dingin). Di setiap toples, tambahkan setengah siung bawang putih dan ½  sendok teh masing-masing oregano dan biji jintan.
  6. Tambahkan sayuran dan cairan pengawet ke dalam stoples hingga setengah penuh. Gunakan kain bersih untuk membersihkan pelek. Tutupnya harus dikeluarkan dari air panas dengan tongkat penutup atau penjepit. Stoples harus memiliki cincin dan tutup yang kering. Kencangkan hanya sampai terasa kencang di jari (tidak akan bergerak dengan tekanan ringan), tetapi jangan terlalu kencang.
  7. Kembalikan guci ke dalam panci dengan air hangat dengan mengangkatnya menggunakan pengangkat guci dan letakkan di rak agar tidak saling bersentuhan atau sisi-sisi panci. Tambahkan air mendidih seperlunya jika air tidak sepenuhnya memenuhi stoples. Didihkan di atas panci yang tertutup; Setelah mendidih selama sepuluh menit, tutup panci, matikan api, dan biarkan toples di dalam air selama lima menit. Pindahkan stoples ke handuk dengan sedikit ruang di antaranya menggunakan pengangkat stoples. Biarkan selama 24 jam. Acar dapat disimpan di lemari es hingga dua bulan jika tidak ingin mengolahnya dalam bak air mendidih.
  8. Buka tutup cincin setelah 24 jam dan uji segelnya dengan menekan perlahan bagian tengah setiap penutup. Mereka harus memiliki lekukan cekung sedikit, tahan tekanan, dan tidak pop kembali. Anda dapat mengolah stoples sekali lagi dalam air mendidih atau menyimpan stoples yang tidak tertutup rapat di lemari es jika segelnya tidak sempurna.
Baca Juga :  Menikmati Kelezatan Sop Saudara Khas Makasar Buatan Sendiri

Tips :  Jika diolah dalam bak air, simpan pada suhu kamar selama satu tahun atau lebih.

Saat memasak dengan makanan asam seperti jeruk, cranberry, dan tomat, pastikan untuk menggunakan panci, loyang, atau mangkuk yang tidak reaktif, seperti baja tahan karat, kaca berlapis enamel, untuk mencegah makanan bereaksi dengan panci.

Panci yang bereaksi, seperti aluminium dan besi tuang, dapat mengeluarkan rasa dan warna.

Author : Choiriyah Nur Fadilla

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan