Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Baby Cumi Sambal Ijo, Lauk Cadangan yang Lebih Tahan Lama

Resep Baby Cumi Sambal Ijo, Lauk Cadangan yang Lebih Tahan Lama

Resep Baby Cumi Sambal Ijo (1)

Resep baby cumi sambal ijo

Resep baby cumi sambal ijo cocok bagi Anda yang ingin membuat lauk yang lebih tahan lama. Kuliner tersebut bisa bertahan mulai dari beberapa hari hingga seminggu.

Tergantung dari bahan dan cara memasaknya, serta cara penyimpanannya. Dengan cadangan lauk yang cocok,

Anda tidak perlu lagi membeli lauk keluar rumah, apalagi saat sedang hujan deras. Anda bisa mengambil dan mengkonsumsi baby cumi sambal ijo tersebut.

Baby cumi yang digunakan untuk kuliner ini dipilih yang asin dan berukuran kecil. Anda bisas membelinya di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Sementara itu, level atau tingkat kepedasan sambal ijonya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Jadi, silahkan untuk membaca resep baby cumi sambal ijo selengkapnya berikut sebelum memasaknya.

Bahan-bahan

  1. 100 gram cumi asin direndam air panas, lalu tiriskan
  2. 7 butir bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 5 buah cabai hijau besar
  5. 7 buah cabai hijau keriting
  6. 1 buah tomat hijau
  7. 1 sendok teh terasi
  8. 20 ml minyak goreng
  9. 1 buah jeruk limau
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. ½ sendok teh kaldu bubuk
Baca Juga :  Camilan Sehat Egg Muffin Lezat

Cara memasak baby cumi sambal ijo

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep baby cumi sambal ijo dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan panci kecil, lalu rebus bawang merah, bawang putih, semua cabai hijau, dan tomat hijau. Setelah setengah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, siapkan cobek lalu tuangkan semua bahan yang direbus diatasnya. Tambahkan terasi, lalu uleg hingga halus dan tercampur semua.
  3. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah minyak panas, masukkan semua cumi asin dan goreng hingga berubah warna. Setelah itu, tuangkan sambal ijonya dan masak dengan cumi asinnya.
  4. Bumbui dengan gula pasir dan kaldu bubuk, lalu aduk merata lagi. Silahkan untuk mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  5. Setelah matang, matikan kompor dan tuangkan masakan diatas piring. Beri perasan jeruk limau dan aduk sebentar. Setelah itu, diamkan baby cumi sambal ijo yang sudah matang pada suhu ruangan hingga mendingin.
  6. Setelah itu, siapkan toples ukuran sedang, lalu masukkan baby cumi sambal ijo ke dalamnya. Jangan lupa menutup toplesnya rapat, lalu simpan di tempat yang bersuhu ruangan. Jika Anda ingin mengambil masakannya, tinggal membuka toplesnya dan mengeluarkan baby cumi sambal ijo secukupnya. Sangat cocok dijadikan lauk utama atau tambahan saat menyantap nasi putih hangat.
Baca Juga :  Membuat Ceker Pedas Manis buat Camilan atau Makan, Bikin Makin Nafsu

Sekarang, Anda sudah mengenal cara memasak resep baby cumi sambal ijo. Silahkan dipraktikkan sendiri di rumah agar memiliki lauk cadangan yang bisa bertahan lebih lama. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan