Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kue Cucur Khas Surabaya, Kudapan Legit yang Bercita Rasa Manis, Cocok Untuk Teman Minum Teh

Resep Kue Cucur Khas Surabaya, Kudapan Legit yang Bercita Rasa Manis, Cocok Untuk Teman Minum Teh

Kue Cucur Khas Surabaya

Resep Kue Cucur Khas Surabaya

Meskipun banyak kudapan manis bermunculan, seperti dessert box, cheese cake, mille crepes dan semacamnya, jajanan pasar tetap mendapat tempat di hati sebagian orang. Bagi yang tinggal di daerah pasti masih sering mengonsumsi jajanan tradisional.

Pasalnya, mereka masih menjadikan pasar sebagai tempat untuk mencari kebutuhan pangan. Tidak seperti kota-kota besar yang orangnya lebih sering berbelanja di supermarket atau swalayan karena memang tempat tersebut lah yang mudah untuk dijangkau.

Salah satu jajanan tradisional yang masih bertahan hingga sekarang adalah kue cucur. Pernah mencoba? Cucur adalah kue berbentuk bundar yang pinggirannya keriting. Kue yang berasal dari Kota Pahlawan ini identik dengan warna coklat dan merah muda.

Resep kue cucur khas Surabaya yang bagus ialah yang bisa membuat kudapan tersebut mengembang dan berserat sempurna. Jika ingin membuatnya di rumah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut!

Baca Juga :  Soto Tauto Pekalongan, Ciri Khas Bumbu Tauco yang Menggugah Selera

Bahan:

  1. 1 ¼ ons tepung beras,
  2. 30 gram tepung terigu protein sedang,
  3. 1 ¼ ons gula merah,
  4. 2 lembar daun pandan,
  5. ¼ sendok teh garam,
  6. 230 ml air.

Cara Membuat:

  1. Pertama, rebus air bersama daun pandan dan gula merah. Apabila sudah mendidih dan gula melarut, saring lalu diamkan hingga suam-suam kuku.
  2. Kedua, campur tepung beras, tepung terigu dan garam ke dalam wadah. Tuang larutan gula merah tadi sedikit demi sedikit sambil diuleni.
  3. Kemudian, kalau sudah tercampur dan mengental, pukul-pukul selama setengah jam sambil dituangi larutan gula sampai habis.
  4. Selanjutnya, diamkan adonan tersebut selama 40 menit.
  5. Setelah itu, panaskan sedikit minyak dalam wajah cekung kecil atau cetakan kue cucur.
  6. Berikutnya, tuang adonan dan siram-siram dengan minyak panas di sekelilingnya hingga cucur mulai mengembang serta bersarang.
  7. Tusuk bagian tengahnya sambil diputar-putar supaya bagian yang masih mentah ikut matang. Balik sebentar dan angkat.
  8. Lakukan langkah-langkah tadi sampai adonan kue cucur habis.
Baca Juga :  Membuat Tahu Gejrot buat temani Weekend Bersama Keluarga

Saat ini harga kue cucur di pasaran sekitar Rp2.000-3.000. Tapi, kalau mau meribetkan diri sendiri, kamu dapat membuatnya di rumah dengan resep kue cucur khas Surabaya di atas. Jatuhnya lebih murah, loh!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan