Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Donat Mochi Nutella, kudapan enak buat waktu ngumpul

Resep Donat Mochi Nutella, kudapan enak buat waktu ngumpul

Resep Donat Mochi Nutella

Resep Donat Mochi Nutella

Nutella bukanlah bahan makanan khas Korea, dan kamu mungkin sudah mencoba atau membaca banyak resep yang menggunakan Nutella. Tapi pernahkah kamu menggunakannya dengan tepung yang terbuat dari beras manis?

Apa yang membuat donat mochi Nutella ini istimewa? Resep ini merupakan perpaduan dari donat Chapssal, donat tradisional Korea. Pasta kacang merah yang telah dimaniskan digunakan sebagai isian donat tradisional.

Di bagian luarnya, donat ini sangat renyah dan garing sehingga akan mendengar suara kriuk-kriuk, dan di bagian dalamnya donat ini lengket dan kenyal seperti kue beras mochi. Nutella dalam bentuknya yang encer dan lengket.

Dapat dibuat dengan diet bebas susu dan gluten. Dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Kamu mungkin sudah memiliki semuanya di dapur!

BAHAN-BAHAN UNTUK DONAT MOCHI NUTELLA (MEMBUAT 32 LUBANG DONAT MINI)

Adonan

  1. 500g/1,1 pon tepung beras manis (tepung beras ketan)
  2. 80g/2,8 ons tepung terigu yang bisa mengembang sendiri
  3. 20g / 0,7 ons mentega, lelehkan
  4. 1/4 sdt garam laut halus
  5. 500ml/17 ons susu panas – (dipanaskan dalam microwave selama 1 menit 30 detik)

Isian

  1. sekitar 220g/7,7 ons Nutella

Lainnya

  • Minyak sayur untuk menggoreng
  • 50g/1,8 ons gula jarak
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis

CARA MEMBUAT LUBANG DONAT DARI NUTELLA MOCHI

  1. Dalam mangkuk besar, saring tepung terigu dan tepung beras manis. Tambahkan garam dan mentega cair. Tuangkan susu panas secara bertahap. Saat Anda menuangkannya, campurkan semua bahan secara menyeluruh. Uleni hingga membentuk adonan yang besar.
  2. Buatlah bola-bola bulat mini dengan membagi adonan menjadi potongan-potongan kecil dan letakkan di talenan. Kamu bisa memilih ukurannya, namun perlu diingat bahwa memasak donat yang lebih besar membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, pastikan ukurannya cukup besar untuk menampung isiannya. Tutupi bola-bola mini dengan bungkus saat agar tidak mengering.
  3. Ratakan bola donat yang sudah digulung dengan menekannya menggunakan ibu jari di telapak tangan. Tutup adonan dengan memasukkan sesendok nutella ke dalamnya. Kamu bisa mengisi setiap bola dengan setengah sendok teh isian. Kamu bisa menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit, tetapi harus memastikan adonan dapat ditutup tanpa berantakan. Sisihkan. Dengan bahan yang tersisa, lakukan ini lagi.
  4. Dalam wajan yang dalam, tambahkan sedikit minyak untuk menggoreng dan panaskan di atas api sedang selama enam hingga delapan menit sampai mendidih. Tergantung pada ukuran wajan, masukkan lubang donat dengan hati-hati, 5 lubang sekaligus, dan goreng hingga adonan luar berwarna cokelat keemasan dan adonan dalam matang. (Lubang mini membutuhkan waktu 5 hingga 6 menit, sementara lubang sedang membutuhkan waktu 7 hingga 8 menit.) Gulingkan bola-bola donat secara terus menerus saat menggoreng agar tidak lengket di dasar loyang dan memperbaiki bentuknya. Donat yang sudah matang harus didinginkan selama 10 hingga 15 menit di atas kertas penyerap minyak. Dengan bahan yang tersisa, lakukan ini lagi. Waspadai cipratan minyak.
  5. Tambahkan bubuk kayu manis dan gula ke dalam kantong plastik food grade berukuran sedang atau besar. Kocok bagian atas kantong dengan satu tangan agar kayu manis dan gula tercampur rata. Tergantung pada ukuran kantong, tambahkan lubang donat satu per satu, lima atau enam lubang sekaligus, dan kocok kantong untuk melapisi donat dengan gula rasa kayu manis. Dengan lubang donat yang tersisa, lakukan hal ini lagi. Setelah selesai bisa Sajikan. (Dalam satu jam pertama setelah dibuat, rasanya paling enak).
Baca Juga :  Gulai Balak Enak, Resep Membuatnya Sederhana

CATATAN :

  1. Tepung yang mengembang sendiri dapat diganti dengan tepung jenis lain, seperti tepung beras, untuk menyesuaikan resep ini dengan diet bebas gluten. Karena beberapa tepung lebih baik dalam menyerap kelembapan daripada yang lain, kamu mungkin perlu menggunakan lebih banyak susu.
  2. Jika tidak, adonan kamu akan menjadi sangat kering dan sulit untuk dibentuk. Air atau susu lain, seperti susu almond , juga dapat digunakan sebagai pengganti susu.Disarankan agar semua lubang donat dikonsumsi dalam beberapa jam pertama setelah dibuat. (Rasanya paling enak setelah 30 menit.) Jika tidak, lapisan luar lubang donat akan menjadi lunak dan tidak lagi renyah, sedangkan lapisan dalamnya menjadi keras. Selain itu, lubang donat akan menjadi lengket karena gula mulai meleleh dan melumuri lubang donat.
  3. Jika tidak ada pilihan lain, kamu bisa menyimpan sisa makanan semalaman pada suhu ruangan dalam wadah kedap udara. Memanaskan lubang donat dengan microwave hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit. Sederhananya, jangan berharap teksturnya akan sama seperti hari pertama. Rasanya masih enak, tapi tidak seenak hari pertama.
Baca Juga :  Resep Kue Basah Pukis Kentang Simpel Dan Mudah

Lihat video Resep Donat Mochi Nutella

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan