Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Es Kopyor Sarang Burung, Minuman Segar Dingin Cocok untuk Berbuka Puasa

Resep Es Kopyor Sarang Burung, Minuman Segar Dingin Cocok untuk Berbuka Puasa

Resep Es Kopyor Sarang Burung1

Resep es kopyor sarang burung

Resep es kopyor sarang burung mungkin belum pernah Anda buat sendiri atau dinikmati langsung. Oleh karenanya, sudah seharusnya Anda membaca artikel ini agar dapat membuatnya di rumah segera.

Kesegaran es kopyor memang sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Terutama di bulan Ramadhan pada musim kemarau yang panas menyengat. Tenggorokan yang kering setelah seharian tidak minum langsung terasa segar dan dingin.

Apalagi ada sensasi sarang burung yang menjadikan rasanya semakin mantap. Tidak perlu membelinya di luar karena mungkin harganya cukup mahal atau porsi esnya kurang banyak.

Anda sekalian yang ingin membuatnya di rumah harus membaca resep es kopyor sarang burung berikut yang dijamin anti gagal.

Bahan-bahan

  1. 1 buah kelapa muda diserut dagingnya
  2. 1 bungkus agar-agar bubuk putih
  3. 1 liter santan dari 1 buah kelapa
  4. 1 lembar daun pandan disimpul
  5. ¼ sendok teh garam
  6. 50 gram gula pasir
  7. Susu kental manis vanila secukupnya
  8. Sirup cocopandan secukupnya
  9. Pecahan es batu secukupnya
Baca Juga :  Membuat Roti isi keju untuk Bekal Anak Sekolah

Cara membuat es kopyor sarang burung

Setelah semua bahan diatas sediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep es kopyor sarang burung dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan panci ukuran kecil, lalu masukkan ke dalamnya 500 ml santan dan agar-agar bubuk. Panaskan diatas api kompor kecil dan aduk merata.
  2. Setelah itu, tambahkan daun pandan, gula pasir, dan garam. Aduk perlahan lagi dan rebus hingga mendidih.
  3. Setelah matang, matikan kompor dan siapkan cetakan untuk agar-agarnya. Tuangkan adonan ke dalam cetakan dan biarkan sejenak hingga uap panasnya menghilang. Lalu, Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas agar cepat mengeras.
  4. Setelah agar-agar mengeras, serut atau potong memanjang sesuai selera Anda. Sisihkan dulu.
  5. Selanjutnya, masukkan 500 ml sisa santan ke dalam panci lagi dan rebus diatas api kompor saja. Aduk perlahan terus menerus agar tidak pecah dan hingga mendidih. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan kuah santan mendingin.
  6. Siapkan 2 – 3 gelas saji untuk plating esnya. Tuangkan sirup cocopandan secukupnya. Tambahkan serutan agar-agar dan tidak lupa daging kelapanya. Setelah itu, tuangkan santan matang secukupnya. Beri es batu dan susu kental manis secukupnya.
Baca Juga :  Menikmati Es Teler Spesial Home Made

Setelah membaca resep es kopyor sarang burung diatas selengkapnya, Anda bisa mencobanya sendiri sekarang juga. Sajian minuman dingin dan menyegarkan yang sangat cocok untuk berbuka puasa.

Lihat video Resep Es Kopyor Sarang Burung

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info