Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kolak Pisang Nangka, Sajian Khas Ramadhan yang Disukai Banyak Orang

Resep Kolak Pisang Nangka, Sajian Khas Ramadhan yang Disukai Banyak Orang

Resep Kolak Pisang Nangka

Resep kolak pisang nangka

Resep kolak pisang nangka meruakan salah satu yang paling populer saat bulan Ramadhan tiba. Hal itu dikarenakan kuliner kolak berkuah santan ini memang sangat menggiurkan dan menggugah selera untuk disantap saat berbuka puasa.

Bukan hanya segar kuahnya saja, tetapi juga manis legit gula Jawanya begitu terasa. Apalagi di dalamnya ada bahan potongan pisang dan nangka. Dijamin banyak orang menyukainya mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bahkan, Anda juga bisa menjadikan kuliner tersebut menjadi bisnis kuliner yang menguntungkan. Mumpung masih di bulan Ramadhan dan banyak orang berburu takjil yang segar dan manis untuk berbuka puasa.

Oleh karenanya, Anda harus membaca dulu resep kolak pisang nangka berikut agar bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan untuk kolak

  1. 5 buah pisang raja matang dipotong-potong
  2. 5 mata nangka dipotong dadu
  3. 30 gram tepung terigu
  4. 20 gram tepung sagu
  5. 50 gram gula Jawa
  6. 1 butir telur ayam
  7. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Resep kue bawang 1/4 kg, Cocok buat Jualan

Bahan untuk kuah santan

  1. 1 liter santan dari 1½ butir kelapa
  2. 1 lembar daun pandan disobek-sobek
  3. 200 gram gula pasir
  4. 1 sendok teh vanili

Cara membuat kolak pisang nangka

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep kolak pisang nangka dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua potongan pisang raja. Setelah itu haluskan pisang menggunakan punggung sendok.
  2. Tambahkan gula Jawa, tepung terigu, tepung sagu, telur ayam, dan garam. Aduk merata menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur. Sisihkan dulu.
  3. Langkah berikutnya membuah kuah santan untuk kolak. Caranya, siapkan panci ukuran sedang, lalu tuangkan santan yang sudah disiapkan. Setelah itu, rebus santan diatas api kompor sedang saja.
  4. Tambahkan gula pasir, vanili, dan daun pandan. Aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah.
  5. Setelah santan mendidih, kecilkan api kompor. Ambil satu sendok makan adonan pisang, lalu masukkan ke dalam kuah santan. Lakukan langkah tersebut hingga adonannya habis.
  6. Masak hingga adonan pisang mengapung, lalu tambahkan potongan nangka. Aduk sebentar dan silahkan Anda mencicipi sedikit kuah santannya untuk mengoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera, matikan kompor karena kolak pisang nangka sudah matang. Diamkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  7. Siapkan mangkuk ukuran untuk plating, lalu tuangkan kolak pisang nangka yang sudah matang ke dalamnya. Kolaknya bisa dinikmati saat masih hangat atau dingin. Jika menginginkan yang lebih dingin, Anda dapat menambahkan pecahan es batu secukupnya.
Baca Juga :  Memasak Lele Goreng Sambal Pecak, Mudah dan Maknyus

Berbuka puasa tanpa menyantap kolak memang terasa belum lengkap. Beruntung Anda sudah membaca dan mengetahui resep kolak pisang nangka, seperti diuraikan diatas. Dengan begitu, Anda bisa membuatnya di rumah tanpa harus membelinya di luar.

Lihat video Resep Kolak Pisang Nangka

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan