Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kolak Ubi: Manisnya Nikmatnya Ubi

Resep Kolak Ubi: Manisnya Nikmatnya Ubi

Resep Kolak Ubi (1)

Resep Kolak Ubi

Selamat datang di artikel resep kolak ubi, makanan khas Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya. Siapa yang tidak kenal dengan kolak? Makanan ini memang selalu menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan gurih. Namun, kali ini kita akan lebih spesifik membahas tentang kolak yang dibuat dengan bahan dasar ubi. Dari dulu hingga sekarang, kolak ubi masih menjadi pilihan makanan manis yang tidak pernah lekang oleh waktu. Selain rasanya yang enak, kolak ubi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang mengatakan bahwa kolak ubi cocok sebagai makanan penutup setelah santap siang atau malam. Apalagi saat cuaca sedang dingin, kolak ubi akan menjadi makanan yang tepat untuk menghangatkan tubuh. Yuk, simak resep lengkapnya di bawah ini!

1. Sejarah Kolak Ubi

Sebelum membahas tentang resepnya, ada baiknya kita mengetahui sedikit sejarah tentang kolak ubi. Kolak berasal dari bahasa Sanskerta yaitu “kalakan” yang artinya campuran. Sehingga, kolak sendiri memiliki arti campuran atau kombinasi. Kolak dibuat dari campuran santan, gula merah, dan bahan lainnya seperti buah-buahan atau umbi-umbian. Di Indonesia sendiri, kolak sudah ada sejak jaman Majapahit dan dipercaya sebagai makanan yang digunakan untuk ritual keagamaan. Bahkan, terdapat cerita bahwa kolak pernah dihidangkan pada acara pertemuan antara Sunan Kalijaga dengan pendeta Hindu di tanah Jawa. Sejak saat itu, kolak menjadi populer dan terus berkembang hingga saat ini.

2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kolak ubi yang lezat, dibutuhkan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 500 gram ubi kuning
  2. 200 gram gula merah
  3. 1 liter air
  4. 400 ml santan kental
  5. 3 lembar daun pandan
  6. 1/2 sendok teh garam
  7. 1/2 sendok makan tepung sagu
  8. Gula pasir secukupnya (sesuai selera)
  9. Kelapa parut untuk taburan
Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Kalasan Anti Gagal dan Dijamin Rasanya Sedap

3. Cara Membuat Kolak Ubi

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, langkah selanjutnya adalah membuat kolak ubi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, kupas dan potong ubi menjadi bentuk dadu kecil. Kemudian, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, rebus air bersama gula merah, daun pandan, dan garam hingga mendidih dan gula merah larut.
  3. Masukkan ubi yang sudah dipotong dan biarkan hingga ubi matang dan empuk.
  4. Siapkan santan kental dan campurkan dengan tepung sagu. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung sagu.
  5. Tuang campuran santan ke dalam rebusan ubi dan aduk hingga rata. Masak hingga santan mengental dan rasanya meresap ke dalam ubi.
  6. Tambahkan gula pasir secukupnya sesuai selera.
  7. Terakhir, angkat dan sajikan kolak ubi hangat dengan taburan kelapa parut di atasnya.

4. Manfaat Kolak Ubi untuk Kesehatan

Ternyata, kolak ubi tidak hanya enak dan menghangatkan tubuh, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan bahan utamanya yaitu ubi yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, serat, dan antioksidan, kolak ubi dapat memberikan banyak manfaat seperti:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C pada ubi.
  2. Menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan serat pada ubi yang dapat membantu proses pencernaan.
  3. Mengatasi sembelit dan diare karena kandungan pati pada ubi yang bersifat pencahar alami.
  4. Menjaga kesehatan kulit karena kandungan vitamin E pada ubi yang dapat melawan radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.
  5. Menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium pada ubi yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah.
  6. Menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan fosfor pada ubi yang membantu menjaga kepadatan tulang.
Baca Juga :  Resep Brownis Kurma, Dessert Manis Cocok untuk Berpuka Puasa

5. Variasi Kolak Ubi yang Menarik

Selain dengan bahan utama ubi kuning, ternyata kolak ubi juga bisa dibuat dengan bahan lain seperti ubi ungu atau ubi jalar. Berikut adalah beberapa variasi kolak ubi yang dapat dicoba:

  1. Kolak ubi ungu: Mengganti ubi kuning dengan ubi ungu akan memberikan warna unik pada kolak dan juga menambah kandungan antioksidan yang lebih tinggi.
  2. Kolak ubi jalar: Mengganti ubi kuning dengan ubi jalar akan memberikan tekstur yang lebih lembut dan manis alami pada kolak.
  3. Kolak ubi talas: Mengganti ubi kuning dengan talas juga memberikan variasi rasa yang berbeda dan memberikan kandungan serat yang lebih tinggi.

6. Kesimpulan

Kolak ubi memang tidak pernah membosankan untuk disantap karena rasanya yang manis dan gurih. Namun, dibalik kelezatannya, kolak ubi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah yang sederhana, siapa pun dapat mencoba membuatnya di rumah. Tidak hanya itu, variasi kolak ubi juga dapat dicoba untuk memberikan variasi rasa yang menarik. Selamat mencoba!

FAQ

Apakah kolak ubi dapat disimpan dalam waktu yang lama?

Kolak ubi dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, disarankan untuk segera dikonsumsi agar tidak kehilangan rasa dan teksturnya.

Apakah kolak ubi cocok untuk diet?

Kolak ubi yang dibuat menggunakan gula merah sebaiknya dihindari bagi yang sedang menjalani program diet. Namun, dapat dikurangi atau dihilangkan gula pada resep agar tetap dapat dinikmati.

Baca Juga :  Memasak Resep Tumis Kangkung Ikan Cue yang Mudah dan Sederhana di Rumah

Apakah kolak ubi aman untuk penderita diabetes?

Kandungan gula pada kolak ubi dapat mempengaruhi kadar gula darah dan sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Namun, dapat dikurangi atau dihilangkan gula pada resep agar tetap dapat dinikmati.

Apakah kolak ubi dapat disajikan dingin?

Kolak ubi dapat disajikan dingin dengan cara disimpan di lemari es selama beberapa jam sebelum disajikan. Namun, rasanya akan lebih nikmat jika disajikan hangat.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan