Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Panekuk Seafood dan Daun Bawang Korea (Haemul Pajeon)

Resep Panekuk Seafood dan Daun Bawang Korea (Haemul Pajeon)

Resep Panekuk Seafood

Resep Panekuk Seafood

Pajeon Korea, salah satu resep yang paling banyak diminta. Dengan hidangan Korea apa pun, pajeon yang gurih dan lezat adalah makanan yang disukai banyak orang.

Pajeon adalah sejenis pancake Korea dengan daun bawang sebagai bahan utamanya. Oleh karena itu, disebut sebagai panekuk daun bawang dalam terjemahannya. Haemul Pajeon adalah nama Korea untuk pancake dengan seafood dan daun bawang ini.

Selain daun bawang, biasanya dibuat dengan campuran makanan laut dan air, telur, dan campuran pancake Korea yang sudah jadi atau yang sudah jadi.

Kamu bisa memasak tanpa makanan laut dan menggunakan bahan lainnya jika seorang vegetarian atau alergi terhadap makanan laut. Meskipun beberapa orang juga menambahkan sedikit daging sapi cincang, makanan laut adalah sumber protein pilihan saya dalam resep ini.

Tips untuk membuat antara lain:

  1. Gunakan air soda berkualitas tinggi dapat membuat adonan lebih renyah. Namun, ini akan sedikit mengentalkan adonan, sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk menyebar di atas wajan daripada air. Namun demikian, mengingat kemungkinan mendapatkan pajeon Korea yang renyah semakin besar.
  2. Panci yang digunakan dan sumber panas (seperti kompor gas atau listrik, misalnya) dapat mempengaruhi suhu memasak. Pancake dapat dengan mudah gosong, jadi sesuaikan panasnya. Demikian pula, jika suhu memasak terlalu rendah, adonan akan menyerap terlalu banyak minyak, sehingga menghasilkan makanan yang lembek dan tidak pecah-pecah.
  3. Siapkan saus celup sebelum mulai membuat pancake jika ingin menyajikannya dengan pancake ini. Hal ini memungkinkan untuk segera menikmati pancake hangat dan renyah yang telah dimasak.
  4. Bahan-bahan tersebut dapat disimpan di lemari es selama satu hingga dua hari jika tidak digunakan pada hari pembuatan. Simpanlah seafood, sayuran, dan adonan pancake secara terpisah dalam wadah kedap udara.
  5. Pancake yang sudah matang dapat dipanaskan kembali dalam microwave, kompor, atau penggorengan.
Baca Juga :  Pepes Ikan Patin Sambal Tempoyak, Enaknya Masakan Ini!!!

BAHAN UNTUK PANEKUK SEAFOOD KOREA DAN DAUN BAWANG UNTUK 2 PANEKUK (Cukup untuk 4 porsi sebagai hidangan pembuka)

  1. 1 cangkir tepung terigu, ayak
    1. 1 sendok makan tepung maizena
    1. 1 & 1/8 sdt garam halus
    1. 1 & 1/8 sdt bubuk bawang putih
    1. 1 & 1/8 sdt bubuk bawang merah
    1. 1 cangkir air dingin atau air soda
    1. 12 pucuk daun bawang (bagian hijau), bersihkan dan potong memanjang agar sesuai dengan wajan
    1. 100g / 3,5 ons cumi-cumi, bersihkan dan potong-potong seukuran jari kelingking
    1. 100g / 3,5 ons udang, bersihkan dan potong kecil-kecil
    1. Sedikit taburan lada hitam bubuk, untuk membumbui makanan laut
    1. 1 butir telur, kocok lepas
    1. (opsional) 1 buah cabai merah, diiris tipis secara diagonal
    1. 6 sdm minyak goreng, (sekitar 3 sdm per pancake), saya menggunakan minyak bekatul

1 cangkir = 250 ml, 1 sendok makan = 15 ml

CARA MEMBUAT PANEKUK SEAFOOD ALA KOREA

  1. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, garam laut, bawang putih bubuk, bawang bombay bubuk, dan air dingin ke dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk hingga merata. Tuang adonan pancake ke dalam kendi pengukur agar lebih mudah dituang.
  2. Naikkan api di penggorengan ke pengaturan tinggi sampai bagian bawahnya benar-benar panas. Tambahkan sedikit minyak goreng (sekitar 3 sdm.) dan pastikan minyak menutupi seluruh wajan. Waspadai adanya percikan minyak).
  3. Tunggu kurang lebih satu menit hingga suhu minyak siap untuk memasak. Masukkan sedikit adonan pancake ke dalam wajan untuk memeriksanya. Pancake sudah matang jika terdengar suara mendesis. Kecilkan api menjadi sedang-tinggi. Oleskan adonan panekuk yang telah Anda buat pada langkah 1 secara tipis dan merata di sekeliling wajan. Gunakan kurang dari setengah cangkir.
  4. Tuang sedikit adonan pancake ke dalam ruang di antara enam daun bawang dan letakkan sejajar satu sama lain di atas adonan pancake. Api sedang sudah cukup.
  5. Di atas daun bawang, taburkan sedikit cumi-cumi, udang, dan cabai merah (opsional).
  6. Taburkan setengah bagian telur kocok di atas panekuk dengan sendok. Agar pancake tidak lengket di wajan saat dimasak, sesekali putar dengan gerakan melingkar.
  7. Saat melihat bagian atas pancake hanya matang sebagian, balikkan. Pancake dapat dengan mudah dibalik seperti ini. Hanya membutuhkan waktu sekitar empat menit. Jika perlu, tambahkan minyak goreng tambahan pada bagian tepi lingkaran pancake untuk melepaskannya. Dengan menggunakan spatula, tekan pancake beberapa kali agar renyah dan mendesis. Masak selama tiga hingga empat menit lagi. Pindahkan ke piring atau talenan dan matikan api.
  8. Untuk menggunakan semua bahan, ulangi langkah 2 hingga 7 untuk adonan yang tersisa.
  9. Pancake harus dipotong-potong seukuran sekali gigit. Sajikan dengan saus untuk pancake Korea.
Baca Juga :  Nila Goreng Sambal Bawang dengan Nasi Putih Hangat, Lezatnya

Lihat VIdeo Resep Panekuk Seafood

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan